Belum lama ini, grup whatsapp keluarga dipenuhi ucapan selamat atas kelulusan sepupu yang baru saja menyelesaikan pendidikan di universitas dengan jurusan tata boga. Ternyata, selain lulus sebagai sarjana, sepupuku juga berhasil mendapatkan pekerjaan di sebuah restoran steak yang cukup terkemuka di Bandung.

Mendengar hal itu, tentunya aku ikut senang dan ikut memberikan selamat. Ternyata memang benar, kalau jurusan tata boga memberikan lebih banyak peluang di masa depan. Pasalnya, memang dunia kuliner tak akan pernah sepi peminat sampai kapanpun. Selain itu, makin kesini dunia kuliner juga terbilang sebagai dunia yang tidak membosankan untuk dipelajari. Karena akan banyak yang dipelajari, mulai dari belajar menakar kadar gizi dalam makanan, belajar cara plating atau penyajian makanan, belajar teknik memasak hingga bagaimana menjaga kebersihan dalam proses memasak maupun sesudah memasak.

Dan menurutku, dunia tata boga atau kuliner juga menjadi dunia dengan kesempatan berkarir yang lebih panjang. Karena aku sendiri seringkali melihat para chef di hotel, baik melihatnya di sosial media maupun secara langsung, yang bisa tetap bekerja meskipun usianya sudah diatas 40-an. Tak hanya itu, kemampuan di dunia tata boga juga tak akan lekang oleh waktu, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis sendiri.

Berhubung saat ini aku juga seorang ibu dengan 1 anak, aku jadi terpikirkan untuk mengarahkan anak ke dunia tata boga juga sedari dini. Mengarahkannya pelan-pelan aja, memastikan ia suka atau tidak dulu. Pertama, yang aku lakukan adalah mengenalkannya dengan game-game bertemakan kuliner yang asyik untuk dimainkan. Kebetulan aku juga udah coba memainkan beberapa game nya, dan dari semua game yang dimainkan. Berikut beberapa review dari game cooking yang aku mainkan di web culinaryschools.

  • Can I Eat It

Cara memainkan game ini terbilang sederhana tapi tetap mengasyikkan, nantinya kita yang memainkan gamenya hanya perlu klik button yes atau no sesuai dengan petanyaan yang diajukan. Sesuai judulnya, can I eat it? Nantinya akan ada karakter yang membawa suatu item, bisa sosis, kaca bahkan perkakas, yang perlu dilakukan hanya menjawab apakah ini bisa dimakan atau tidak. Game ini cocok sekali untuk anak-anak, sekaligus mengedukasi juga bahwa tidak semua hal bisa dimakan.

  • The Amazing World of Gumball Water Sons

Sekilas mirip angry bird yang dimainkan dengan cara mengarahkan kursor ke target yang dituju. Hanya bedanya, dalam hal ini yang dipakai untuk melempar target adalah bola-bola air. Menariknya, dalam game ini akan ada obstacle yang menghalangi target, maka dari itu kita perlu menyesuaikan lemparan, agar bisa memanfaatkan bola air yang memantul agar mengenai target.  

  • Food Word Game

Dalam game ini, kita hanya perlu menyesuaikan antara nama objek dan objeknya. Misalnya ada tulisan grape, maka harus dicocokkan dengan objek grape atau anggur. Menurutku, permainan yang satu ini akan meningkatkan kosakata si kecil dengan cara yang sangat menyenangkan.

  • Fruit Words Game

Lain halnya dengan game sebelumnya, yaitu Food Word Game, dalam hal ini yang perlu dilakukan adalah memenuhi huruf yang kurang untuk menjadi padanan kata yang tepat untuk suatu objek. Jadi disini sudah ada objeknya apa, lalu yang perlu dilengkapi adalah nama objeknya tersebut.

  • Food Count

Nah, kalau game yang satu ini, nantinya kita akan melihat beberapa makanan yang tersebar di beberapa titik. Yang perlu dilakukan hanyalah menyesuaikannya, apakah makanan itu ada atau tidak. Selanjutnya hitung juga jumlah makanannya dengan memilih deretan angka yang ada. Misalnya disini saya lihat croissant tidak ada di dalam gambar maka saya pilih angka nol. Overall game ini bisa membantu meningkatkan kemampuan menganalisa sekaligus berhitung juga. Game yang sangat menarik!

  • Juice Crusher

Game yang satu ini tentunya lebih menantang, karena mensyaratkan kecepatan. Jadi nanti di sebelah kiri akan ada recipe atau resep yang diminta. Lalu di sebelah kanan ada semacam wadah yang akan menangkap buah-buahan yang jatuh dari atas langit. Pastikan jumlah buah dan buah yang diminta sesuai syarat ya. Jika sesuai syarat, maka kamu bisa naik ke level selanjutnya. Yang bikin menantang, kamu diharuskan membuat juicenya dalam hitungan waktu yang ditentukan, yang mana satuan waktunya hanya dalam beberapa detik saja, lho.

  • Baby Supermarket

Permainan ini ibarat simulasi mengajak anak grocery shopping. Dalam permainan ini, kita hanya perlu memasukan makanan yang sesuai dengan requestnya. Misalnya requestnya pizza, maka kita masukkan pizza tersebut ke dalam troli.

  • Hidden Food

Berbeda dengan game-game sebelumnya, di dalam game ini, kita diharuskan untuk menemukan makanan-makanan yang tersembunyi, sesuai dengan request yang diterima. Karena banyak makanan-makanan lainnya, tentunya membuat game ini menjadi lebih asyik karena memiliki tantangannya tersendiri.

Baca: Daftar Game Online Gratis, Buat Me Time Sehabis Pulang Kerja

Nah, itu tadi 8 Game Cooking Terbaik Untuk Menyalurkan Bakat di Dunia Kuliner yang ada di Culinaryschools. Kalau kamu mau mainin game-game cooking lainnya, bahkan sekaligus ngajakin anak buat ikutain main gamenya juga, tinggal meluncur ke laman webnya ya.

Review Game Cooking di Culinaryschools

  • Banyak pilihan gamenya
  • Tidak perlu mengunduh gamenya
  • Interface laman websitenya juga nyaman, tidak dipenuhi pop-up iklan
  • Gamenya gratis tanpa perlu sign up dsb
  • Tidak berat di laptop, karena memang gamenya online. Sehingga apapun devicenya, bisa memainkan dengan mudah

So, buat kamu yang ingin menemukan passionate untuk bisa berkarir maupun menemukan sekolah kuliner yang tepat. Silahkan cek laman websitenya Culinaryschools ya, karena mereka juga menyajikan beragam informasi terkini seputar sekolah kuliner yang bisa jadi acuan kamu untuk menentukan masa depanmu di dunia kuliner.