Ketika mencapai usia 40 tahun, kesadaran akan pentingnya memiliki tabungan semakin menonjol. Pada tahap hidup ini, tabungan menjadi pondasi yang krusial untuk membangun keamanan finansial di masa depan. 

https://www.freepik.com/free-photo/jar-with-savings-coins-table_5566654.htm#query=saving&position=19&from_view=search&track=sph&uuid=2366959c-80c7-4e55-8df4-650c8a6cb591

Dengan kebutuhan hidup yang semakin kompleks, memiliki tabungan memberikan perlindungan finansial serta memberikan kenyamanan dan kestabilan dalam menghadapi tantangan keuangan yang mungkin muncul. 

Tabungan tidak hanya menciptakan landasan keuangan yang kokoh, tetapi juga memberikan fleksibilitas dan kemampuan untuk mengantisipasi kebutuhan mendesak atau mengambil peluang investasi yang dapat memberikan pengembalian yang berarti. 

Di usia 40 tahun, tak dimungkiri jika pengelolaan finansial yang bijak, termasuk kebiasaan menabung secara teratur, dapat menjadi kunci untuk menikmati masa pensiun dengan tenang dan meraih kebebasan finansial yang diidamkan. Oleh karena itu, tabungan pada usia 40 tahun bukanlah sekadar pilihan, melainkan sebuah keharusan untuk membangun masa depan keuangan yang stabil.

Jenis Tabungan yang Wajib Dimiliki Sebelum Usia 40 Tahun 

Banyak pakar keuangan yang menyarankan agar setiap orang mempunyai tabungan sebelum memasuki usia 40 tahun. Setelah usia tersebut biasanya produktivitas akan mulai mengalami penurunan sehingga akan sulit bekerja dan menghasilkan uang.

Apabila tidak memiliki simpanan uang, maka akan menyulitkan hidup di masa tua nanti. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mempersiapkan investasi keuangan mulai dari sekarang untuk jaminan hari tua. Berikut adalah jenis tabungan yang harus kamu miliki sebelum usia 40 tahun;

  1. Tabungan Pendidikan

Jenis simpanan uang yang harus kamu miliki sejak dini adalah tabungan pendiikan. Meskipun saat ini kamu belum memiliki anak, mempunyai simpanan untuk keperluan pendidikan juga sangat penting. Kamu dapat menggunakannya sebagai dana darurat saat kuliah nanti apabila mengalami kendala keuangan. 

Jika kamu telah memiliki anak, uang tersebut dapat kamu gunakan untuk pendidikan anakmu di masa depan. Bentuk simpanan ini beragam. Ada yang suka saving uang ditabungan dalam bentuk rekening tabungan, deposito atau bahkan asuransi pendidikan.

https://www.freepik.com/free-photo/man-with-lot-bills_916598.htm#query=saving&position=29&from_view=search&track=sph&uuid=2366959c-80c7-4e55-8df4-650c8a6cb591

  • Tabungan Investasi

Semakin mudahnya buka tabungan online sekarang ini berimbas pula pada semakin banyaknya orang membuka tabungan. Selain tabungan untuk keperluan pendidikan, jenis lain yang harus kamu miliki adalah tabungan investasi.

Tabungan semacam ini juga bermanfaat sekali untuk keperluan di masa depan. Tabungan ini akan melibatkanmu dalam bentuk keuangan seperti reksa dana, saham, obligasi dan lainnya. Dibandingkan dengan jenis lainnya, potensinya lebih tinggi karena biasanya bunganya juga lebih tinggi. Akan tetapi, tingkat risikonya juga tinggi sehingga sebelum memutuskan untuk memulai tabungan ini, wawasan kamu soal investasi harus matang.

  • Tabungan Kesehatan

Jenis ini juga tak kalah penting karena kesehatan itu mahal. Meskipun kamu telah memiliki jaminan kesehatan, tak ada salahnya apabila kamu mulai investasi uang untuk tabungan kesehatan. Apalagi jika kamu punya riwayat sakit dan sering kambuh, maka uang dari simpanan ini akan mampu membantu.

Tabungan kesehatan juga sangat penting untuk jaminan kesehatan di masa tua. Dimana pada usia setelah 40 tahun banyak yang tidak kuat lagi bekerja. Akibatnya tidak ada lagi pendapatan. Uang hasil investasi ini nantinya dapat kamu gunakan saat hari tua nanti.

  • Tabungan Darurat

Bersifat penting pula, simpanan uang ini lebih diperuntukkan apabila terjadi kejadian darurat atau tak terduga dan membutuhkan banyak uang. Misalnya saja di PHK dan uang pesangon kecil atau terjadi biaya medis mendesak.

Tabungan darurat ini dapat kamu persiapkan sejak dini agar ketika terjadi hal yang tidak menyenangkan kamu tidak lagi mengalami kesulitan. Alokasikan sekian persen pendapatan untuk simpanan ini setiap bulannya.

  • Tabungan Hari Tua

Jenis simpanan keuangan lain yang harus kamu miliki dan siapkan mulai dari sekarang adalah tabungan hari tua. Mempunyai simpanan ini sejak usia muda, ketika memasuki masa tua hidup kamu akan tetap nyaman dan tidak banyak mengalami kesulitan keuangan.

Adapun jenisnya meliputi rekening pensiun individu, rekening pensiun perusahaan dan rekening dana pensiun lainnya.

  • Tabungan Pengeluaran Tahunan

Punya hobi jalan-jalan dan ingin traveling keliling dunia? maka kamu juga harus mempersiapkan sejak usia muda ketika masih giat bekerja dan bisa menghasilkan banyak pendapatan. Untuk memenuhi tujuan ini kamu harus sering menyisihkan sebagian gajimu setiap bulannya dan sedikit menghemat pengeluaran.

Jika hal ini bisa kamu lakukan dengan konsisten, maka tidak mustahil jika setiap tahunnya kamu dapat jalan-jalan ke luar negeri bersama teman atau keluarga.

  • Tabungan Reguler

Kalau ini adalah jenis simpanan untuk keperluan sehari-hari. Artinya kamu menyimpan uang setiap awal bulan dan mengambilnya kembali saat membutuhkan atau ketika di akhir bulan keuangan kamu mulai menipis.

Dengan memiliki tabungan ini, akan menghindarkan kamu dari berhutang sana-sini atau mengajukan pinjaman hanya untuk memenuhi kebutuhan. Kamu bisa memanfaatkan simpanan ini kapan pun kamu mau.

Nah, itulah beberapa jenis tabungan yang sebaiknya dimiliki sebelum mencapai usia 40 tahun. Disarankan untuk memulainya pada usia muda, mengingat tingginya tingkat produktivitas dan kekuatan fisik yang masih optimal pada rentang usia tersebut.

Apabila kamu ingin membuka rekening tabungan yang mudah dan anti ribet, cobalah buka rekening tabungan online di digibank by DBS. Di sini kamu akan mendapatkan banyak keuntungan. Bayangkan saja, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke cabangnya, cukup download aplikasinya di AppStore dan lakukan semua langkah pembukaannya secara online.

Kamu cukup verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP dan selfie. Pembukaannya tanpa minimum saldo, fleksibel bisa ditarik kapan pun tanpa biaya, bunga tabungan tinggi hingga 3%. Menariknya lagi, tersedia 20 dompet maxi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur keuangan lebih rapi. 

Yuk, buka tabungan sekarang juga di digibank  by DBS untuk kemudahan dan kenyamanan di hari tua kamu nanti. Informasi lebih detail tentang produknya bisa kamu cari tahu di sini.