Loading...

3 Tips Cara Belanja Aman Agar Terhindar Dari Penipuan Berkedok Online Shop

Di era modernisasi dan globalisasi saat ini, ternyata transaksi tidak hanya dilakukan antara penjual dan pembeli di dunia nyata saja. Namun juga, kita dapat melakukan transaksi di dunia maya saat melakukan transaksi online. Kegiatan berbelanja online ini adalah salah satu fitur kemudahan yang ditawarkan era globalisasi. Selain mudah dan cepat, juga tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk mendatangi tokonya. Karena tokonya dapat diakses dengan jangkauan yang cukup mudah bermodalkan koneksi internet dan seperangkat gadget. Selesai.
Apalagi di era modern kayak gini, penggunaan internet banking or mobile banking sudah menjadi trend kekinian yang memberikan kemudahan serta memungkinkan setiap orang dapat mentransfer maupun menerima transfer uang dengan sangat mudah. Udah gak jaman lagi, mau transfer harus lari dan ngantri berlama – lama di depan pagar bank. Emang bank punya pagar? *halah*
Tapi, perlu diwaspadai juga nih, gak semua toko online yang bermukim di dunia maya memiliki kredibilitas yang baik. Maksud hati ingin mendapatkan barang dicari, eh malah gigit jari karena barangnya ga akan pernah dikirim alias Cuma jadi mimpi. Wabah penipuan berkedok online shop perlu diwaspadai gaiss. Caranya? Mau tau banget atau mau tau aja? *mulai ngeselin* :v
3 Tips Cara Belanja Aman Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Online Shop
Dalam rangka saling bertukar informasi, ini nih ada 3 Tips Cara Belanja Aman Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Online Shop.
1. Cermati Detail Situs Online Shop Tersebut
Lihat dan buktikan sendiri apa online shop tersebut memiliki situs sendiri atau tidak. Jika online shop tersebut berbentuk web. Lihat, apakah situs online tersebut memiliki domain pribadi atau tidak. Karena sejujurnya, domain pribadi dapat mengindikasikan apakah web tersebut memiliki kredbilitas yang oke, professional dan terpercaya.
2. Harga yang Rasional
Belum lama ini, saya melihat ada teman saya yang di tag di facebook oleh sebuah online shop. Disitu, dikatakan bahwa online shop tersebut menjual seperangkat laptop dengan harga fantastis. Hanya Rp. 900.000,- saja pemirsa. Kalo difikir – fikir nih ya.. siapa sih manusia yang gak suka sama potongan harga maupun harga murah.
Namun, jangan tertipu sama harga. Harga tidak menipu lho ya. Setelah melihat hal tersebut di facebook. Aku langsung saja mengecek harga aslinya dan WOW banget harga aslinya aja 8 jutaan eh ini malah ada online shop yang jual Laptop itu dengan harga 900.000,- bener – bener online shop yang tidak manusiawi. Apalagi disitu ditulisnya kalo laptop itu memiliki kualitas gress atau baru. Bukan barang second. Kalo difikir – fikir mana ada gitu ya. Harga laptop semurah itu padahal harga aslinya jutaan rupiah. Bener – bener tidak rasional.


3. Rekomedasi
Jangan remehkan rekomendasi, pasalnya kita dapat mengetahui lebih detail mengenai kualitas produk yang ditawarkan online shop tersebut dari pengalaman seseorang yang pernah melakukan transaksi di online shop tersebut sebelumnya. Jika rekomendasi dan testimoni nya bagus. Berarti hal itu berbanding lurus dengan tingkat kredibilitas online shop tersebut.
Ketiga hal ini jangan dilupakan sebelum melakukan transaksi online. Semoga 3 Tips Cara Belanja Aman Agar Terhindar dari Penipuan Berkedok Online Shop ini dapat meningkatkan kewaspadaanmu dan kehati-hatian ya. Selamat berbelanja. 

You might also like

No Comments

    Leave a Reply