Health

3 Gejala Tipes Yang Perlu Kalian Ketahui

Apa sih tanda-tanda gejala tipes yang menyerang anak maupun orang dewasa itu? Biasanya gejala sakit tipes yang variatif ialah sembelit ataupun diare. Gejala yang timbul berupa diare umumnya sering menyerang anak-anak, sementara gejala yang berupa sembelit justru menyerang orang dewasa. Ciri yang lain seperti batuk kering dan pembesaran organ limpa kemungkinan besar juga mengacu terhadap penyakit tipes ini. 

Gejala Tipes
Source : Google

Apabila tak segera ditangani, maka 15-20 % penderitanya tidak bisa diselamatkan. Tetapi bila segera ditangani menggunakan antibiotik secara tepat, maka angka kematian bisa berkurang 1 %. Dalam kasus penderita tipes yang tak segera diobati, umumnya infeksi berlangsung selama 2-4 minggu lamanya. Untuk itu segera periksakan diri Anda ke dokter bila sedang menderita gejala awal tipes. Lantas bagaimanakah caranya mengindentifikasi seseorang itu terserang gejala tipes? Berikut ada tiga gejalanya : 


1. Perut penderita terasa mual, muntah dan sakit 
Sebagian besar orang yang menderita tipes sering mengalami sakit pada perut, terasa mual-mual bahkan terkadang langsung muntah. Hal tersebut disebabkan usus besar terkena infeksi karena adanya kuman Salmonellan Typhi.
2. Panas/deman yang tak menentu 
Semua penyakit pasti diawali dengan adanya rasa demam yang tinggi. Tetapi untuk penderita tipes, suhu demam pada tubuhnya biasanya mengalami siklus naik turun yang tidak tentu. Umumnya kenaikan suhu pada penderita tipes dipengaruhi karena adanya penggerakan tubuh yang terlalu aktif. 
3. Warna lidah berubah jadi putih 
Umumnya penderita tipes disetai berubahnya warna lidah dibagian tengah-tengah lidah yang berubah jadi keputih-putihan. Sementara dibagian tepi lidah, warnanya berubah jadi merah-kemerahan. Bahkan bibir penderita tipes juga berubah menjadi pecah-pecah karena efek panas dalam. 
Itulah tiga gejala tipes yang seharusnya sobat sadari mengingat penyakit tipes juga dapat menimbulkan kematian. Nah, agar sobat terhindar dari tipes, alangkah baiknya sobat meningkatkan kebersihan diri dengan menerapkan cuci tangan dan mandi memakai sabun Lifebuoy. 
Kalian direkomendasikan pakai sabun Lifebuoy dikarenakan sabun Lifebuoy memang diprogramkan untuk membasmi kuman-kuman jahat sebagai penimbul penyakit yang mengancam kesehatan sobat dan keluarga. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.