Loading...

Sejarah Singkat Gedung Merdeka di Jalan Asia-Afrika Bandung

Selain Mengungkap Nilai Sejarah yang Mengagumkan Di Rumah Bersejarah Inggit Garnasih. Ternyata banyak hal yang dapat dilakukan di Bandung dalam menggali potensi wisata bersejarah yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Gedung Merdeka.
Yap, Gedung Merdeka yang terletak di Jln. Asia Afrika no 65 ini merupakan cikal bakal dari upaya gerakan non-blok yang diusung Indonesia. Disaat dunia tengah diterjang hiruk pikuk konfrontasi antara blok barat dan blok timur. Gerakan Non-Blok ini justru hadir untuk mewadahi keinginan banyak negara yang enggan terlibat atau bahkan menjadi bagian dari blok barat dan blok timur.
Perlu diacungi jempol bahwa upaya gerakan non-blok ini berhasil mempersatukan khususnya negara asia dan afrika. Daaaan sejarah mencatat bahwa Gedung Merdeka menjadi saksi dari Konfrensi Asia – Afrika yang diadakan pada tahun 1955.
Sejarah Gedung Merdeka di Bandung.jpg
Bicara mengenai arsitektur dan desain bangunan dari gedung merdeka sendiri. Terlihat jelas bahwa C.P. Wolf Schoemaker dan Van Galen Last yang merupakan Guru Besar di  Technische Hoogeschool te Bandoeng yang saat ini telah berganti nama menjadi ITB ( Institut Teknologi Bandung ) menerapkan konsep decoration yang penuh dengan seni yang memukau.
Hal tersebut dibuktikan dari bahan lantai yang digunakannya antara lain jenis marmer karya negara Italia yang begitu mengkilap. Kemudian, di bagian ruangan lainnya seperti ruangan tempat bersantai dan relaksasi menggunakan bahan dari kayu cikenhout. Tak kalah menariknya, pada bagian lampu penerangan, kedua guru besar tersebut menggunakan bias kristal yang begitu gemerlap menyilaukan mata.
Naaah.. bagi yang penasaran dan ingin melihat lebih detail tentang keagungan arsitektur khas yang dimiliki Gedung Merdeka. Silahkan mengunjungi Gedung Merdeka pada hari Senin – Jum’at Pkl 08.00 – 15.00 WIB. Oh iya, pada jam istirahat makan siang. Gedung ini tutup jadi sebaiknya jangan datang pada jam 12.00 -13.00 WIB.
Mengakses Gedung Merdeka tentu bukanlah hal yang sulit. Karena posisi dari Gedung Merdeka sendiri cukup strategis dan terletak persisi di pusat kota Bandung. Bila anda saat ini berada di Bandung Indah Plaza ( BIP ) atau lebih tepatnya Jln. Merdeka > Jalan. Tamblong > Jalan Asia Afrika.
Naaah habis berkunjung dan menikmati keindahan yang ada di Gedung Merdeka. Kamu bisa langsung meluncur buat Hunting Seru di Alun – Alun Bandung karena posisi Gedung Merdeka sendiri sangat berdekatan dengan Alun – Alun Bandung.
Demikianlah ulasan singkat mengenai Gedung Merdeka yang ada di Bandung. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin mendapatkan pengalaman wisata bersejarah yang menyenangkan di Bandung.

You might also like

Comments (6)

  • turyono ari 2 years ago Reply

    Wow Bandung emang kota yang penuh kejutan dan peninggalan sejarah keren..

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya kak.. makanya sini dong main ke Bandung buat wisata sejarahnya hehehe

  • massol507 2 years ago Reply

    Ajak adik dan ponakan untuk belajar sejarah ke sini, cocok. 🙂 kayak hafal dengan fotonya 😀

  • Yusuf Saefudin 2 years ago Reply

    Amazing yaa teh, heee – salam hangat dari Depok 😀

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya kang Yusuf salam juga dari Bandung 😀

  • Widya Herma 2 years ago Reply

    Iya mas.. memang wisata sejarah disini itu menyenangkan 😀 Iya mas massol hafal dong kan itu fotonya di gedung merdeka :v

Leave a Reply