Loading...

Stimulasi Bayi Pada Usia 6-9 Bulan

Menjaga si bayi dari perkembangan yang tidak sesuai pada usianya merupakan sebuah kasih sayang orang tua terhadap anaknya. Bayi dengan usia yang masih dibawah satu tahun masih sangat rentan dan harus banyak dibantu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Pada usia 6-9 bulan perkembangan bayi akan semakin meningkat terus menerus hingga sibayi mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ia tempati.
Biasanya ibu dapat memberikan stimulasi bayi pada usia dini sehingga bayi bisa belajar banyak dan cepat yang bisa menyebabkan pertumbuhan dan perkembangannya semakin pesat sesuai harapan ayah dan bunda. Stimulasi yang bisa diberikan pada bayi berusia 6-9 bulan yaitu cara merangkak, cara berjalan, cara mengenal benda, dan cara besosialisasi.
Nah bagi ibu yang ingin mengajakan cara merangkak pada si bayi, ibu bisa membantu bayi dengan memberikan mainan atau makanan dihadapan bayi dengan jarak yang cukup sulit dijangkau bayi sehingga bayi yang telah bisa duduk tadi akan berusaha merangkak mencapai mainan atau makan yang ia inginkan.
Stimulasi Bayi Pada Usia 6-9 Bulan
Source : Google.com
Untuk cara berjalan tahap ini merupakan tahap yang sangat penting di usia 6-9 bulan, bunda bisa bantu si bayi dengan mengankat tubuh bayi hingga berdiri lalu papah bayi perlahan dengan memegang tangan atau ketiak bayi, biarkan sibayi membawa dirinya keberagai arah agar terbiasa.
Stimulasi lainnya yaitu cara mengenal barang atau benda disekitarnya, nah peran ibu dan ayah disini sangat penting sekali, ibu bisa menunjukan beberapa benda pada sibayi dengan menyebutkan nama barang atau benda tersebut, sebutkan berulang – ulang setiap harinya ya bu, dan mulailah dengan kata yang mudah ditirukan.
Untuk membantunya berbicara dan juga bersosialisasi ajak sibayi untuk bermain dengan orang lain selain ayah dan ibu biarkan bayi bermain dibawah pengawasan bunda dan usahakan terjalin interaksi antara si bayi dan lawan bermainnya.
Masa pertumbuhan 6-9 bulan merupakan masa yang sangat penting loh bu, jangan sampai perkembangan sibayi terhambat karena gangguan sekitar seperti kulit yang sensitif atau lain sebagainya.
Untuk pencegahan dan perawatan ibu bisa menggunakan zwitsal yang memiliki banyak jenis produk bayi. Stimulasi bayi sejak dini dengan memperhatikan kesehatan kulit dan tubuh bayi bisa mengoptimalkan pertumbuhannya. Selamat mencoba ya bu.

You might also like

Comments (6)

Leave a Reply