kredit tanpa agunan bunga rendah
Finance

Dapat Kredit Tanpa Agunan Meski Tak Kerja, Bisakah?

Dapat Kredit Tanpa Agunan Meski Tak Kerja, Bisakah? – Di sekitar Anda, tak sedikit pasti yang masih belum memiliki pekerjaan, atau bilapun sudah, pekerjaannya masih bukan pekerjaan tetap? Sebagian dari mereka pasti bertanya, bisakah mereka mendapatkan kredit tanpa agunan online meski belum memiliki pekerjaan yang tetap atau malah menganggur sama sekali di Tunaiku. Mau tahu jawabnya? Cek di sini!

Syarat Umum Mengajukan Pinjaman di Tunaiku

Sebelum Anda yang belum bekerja ingin mengajukan pinjaman di Tunaiku, ada baiknya Anda ketahui dulu syarat umum yang diberlakukan di sini. Beberapa syarat untuk mendapatkan pinjaman itu adalah Anda harus seorang WNI yang dibuktikan dengan kartu identitas seperti KTP atau SIM.

Lalu, Anda juga harus berusia minimal 21 tahun ketika mengajukan pinjaman dan memiliki penghasilan yang tetap dengan nominal 3 juta rupiah per bulan. Itu artinya, Anda harus memiliki pekerjaan terlebih dulu sebelum meminjam dana di Tunaiku. Tak masalah apa pekerjaan Anda. Mau karyawan, wiraswasta ataupu profesional bisa mengajukan pinjaman.

Jadi, sudah jelaskan? Untuk bisa meminjam dana di aplikasi Tunaiku, Anda harus memiliki pekerjaan terlebih dulu dan berstatus sebagai karyawan tetap, bukan karyawan kontrak apalagi pengangguran.

Kenapa Status sebagai Karyawan Tetap Bisa Mendapat Pinjaman di Sini?

Seperti yang sudah Anda ketahui, produk perbankan itu banyak sekali. Biasanya, setiap produk perbankan ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Nah, di Tunaiku, karena ini berbasis kredit tanpa agunan online alias Anda tak perlu menjaminkan apapun untuk mendapatkan pinjaman, jelas syaratnya lebih ketat dibanding produk lain.

Hal ini untuk menjamin bahwa nasabah bisa mengembalikan dana yang mereka pinjam meskipun tak ada barang yang mereka jaminkan di pihak Tunaiku. Tanpa adanya jaminan, produk bank seperti aplikasi Tunaiku ini harus mencari cara lain untuk mengetahui apakah seseorang itu layak menerima pinjaman atau tidak.

Dengan melihat status sebagai karyawan tetap, Tunaiku akan bisa mengalisis kesehatan kredit nasabah seseorang selain dengan melihat BI Checking-nya. Itu dikarenakan orang yang memiliki penghasilan tetap tiap bulan memiliki kecendrungan lebih sehat dalam kreditnya. Bahkan, jika mereka adalah pemegang kartu kredit, hal ini lebih diutamakan.

Tapi Anda Tetap Bisa Mengajukan Pinjaman?

Sebenarnya, Anda memang tetap bisa mengajukan kredit tanpa agunan online di Tunaiku meski tak memiliki pekerjaan. Hanya saja, ini sangat tidak disarankan dengan berbagai alasan. Anda bisa menggunakan nama keluarga atau kerabat Anda yang sudah bekerja untuk mendapatkan pinjaman di sini.

Tentunya, pinjaman tersebut harus atas persetujuan si pemilik nama itu lebih dulu. Namun, ada risiko yang harus si pemilik nama tanggung untuk memberikan kesempatan pinjaman pada Anda. Si pemilik nama bisa saja tercoreng namanya bila orang yang meminjam dana gagal bayar tepat waktu atau malah mengalami kredit macet.

Baca: Tunaiku sebagai Pinjaman Online Terpercaya di Bawah Naungan Bank

Jika hal ini terjadi, sial bagi si pemilik nama yang Anda gunakan. Mereka akan terus ditagih untuk melunasi pinjaman yang sebenarnya tidak dia lakukan. Hal ini tentu saja akan memperburuk hubungan Anda dengan orang tersebut. Selain terus ditagih, mereka juga akan memiliki catatan yang buruk sehingga sulit baginya untuk dapat pinjaman bila perlu.

Jadi, Anda masih mau meminjam kredit tanpa agunan online di aplikasi Tunaiku meski saat ini Anda belum bekerja. Bisa sih sebenarnya, tapi apakah Anda yakin bisa melunasinya dan tak mengalami kredit macet? Bukannya meragukan, namun dengan penghasilan yang tak memadai, bukan tak mungkin hal ini bisa terjadi. Bahkan pada yang punya gaji pun bisa.

1 Comment

  1. hmmm gitu ya
    iya sih, akan memberatka pihak agunan

    aku pernah baca di jouska, kalau ada karyawannya yang udah resign, agunannya atau nomor daruratnya malah kantor tersebut. Wuah heboh lah sekantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.