Tempat Wisata Murah Di Jogja Yang Bisa Dijadikan Referensi

gunung-api-purba-nglanggeran

Tempat Wisata Murah Di Jogja Yang Bisa Dijadikan Referensi – www.traveloka.com ada banyak informasi mengenai tempat wisata menarik dan murah di jogja yang bisa Kamu kunjungi. Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Berbagai destinasi wisata tersedia lengkap di kota ini. Dari mulai wisata pantai, gunung hingga wisata kekinian seperti Jogja Bay Water Park dan Sindu Kusuma Edu Park. Berikut ini akan kita ulas satu persatu mengenai tempat wisata murah di jogja dan menarik untuk dikunjungi selama yang bisa dijadikan referensi liburan Kamu.

  • Pantai Nglambor

Tempat wisata murah di jogja yang kita akan ulas pertama adalah Pantai Nglambor. Berwisata di pantai memang sudah biasa, namun pantai ini menawarkan sesuatu yang berbeda. Selain menikmati panorama pantai yang indah, Kamu bisa menikmati keindahan bawah laut dengan bersnorkeling. Ada banyak spesies ikan bisa ditemui di bawah laut yang tidak terlalu dalam. Jika beruntung bahkan para pengunjung yang bersnorkeling bisa bertemu dengan kura-kura laut.

Untuk bisa bersnorkeling di Pantai Ngelambor, Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000. Paket snorkeling biasanya dipatok antara Rp. 35.000 sampai Rp. 50.000. Dengan membayar biaya paket ini, Kamu sudah bisa bersnorkeling dengan peralatan lengkap serta ditemani oleh seorang guide.

 

biaya snorkeling di pantai nglambor
Sumber foto: My travel blog destinasiliburan.com

 

Ada bonus menarik dari paket snorkeling ini, yaitu Kamu sudah mendapatkan free pengambilan gambar, edit dan soft copy foto-foto bawah laut selama snorkeling. Cukup menarik bukan? Jika ingin datang ke pantai ini untuk bersnorkeling, usahakan datang dibawah pukul 12 siang. Jika di atas waktu tersebut biasanya ombak laut sudah mulai pasang dan para pengunjung sudah tidak diperbolehkan lagi untuk snorkeling.

 

  • Umbul Ponggok Klaten

Masih tentang wisata air yang menyediakan fasilitas snorkeling, Kamu bisa mengunjungi Umbul Ponggok yang ada di Klaten. Kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Umbul Ponggok dari pusat kota Jogja. Seperti namanya, umbul ponggok merupakan kolam buatan yang sengaja dibuat dan dijadikan sebagai tempat wisata.

Meskipun hanya berupa kolam buatan, air kolam yang dimiliki berwarna biru jernih seperti layaknya air laut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini demi mendapatkan foto underwater yang kekinian.

 

tempat wisata murah di jogja umbul ponggok
Sumber foto: Yukepo[dot]com

Umbul ponggok ini memang dijadikan sebagai tempat yang menyajikan panorama bawah air cukup menarik. Hampir sama seperti snorkeling di pantai, Kamu akan bertemu berbagai jenis ikan di bawah air umbul ponggok. Ada beberapa spot foto di bawah air yang cukup unik dan sayang untuk dilewatkan.  Biasanya tempat ini dijadikan sebagai tempat pengambilan foto bawah air dengan tema unik yang tidak biasa.

Baca:  Inilah Pentingnya Traveling Untuk Mengatasi Rasa Jenuh

Tiket masuk ke Umbul Ponggok dipatok sebesar Rp. 8000. Sedangkan jika ingin bersnorkeling, Kamu bisa menyewa kacamata renang dengan biaya Rp. 13.000. Ada penyewaan kamera under water yang biayanya berkisar antara Rp. 60.000 – Rp. 100.0000. Penyewaan kamera ini biasanya sudah dilengkapi dengan juru foto bawah air. Jadi Kamu tidak perlu khawatir dengan hasil fotonya, karena sudah dijamin Kamu akan mendapatkan kualitas foto under water yang memuaskan.

 

  • Gunung Api Purba Nglanggeran

Bagi Kamu yang ingin hiking ringan, Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasinya berada di Pathuk Gunung Kidul. Gunung Api ini merupakan gunung non- aktif yang memiliki jalur pendakian cukup mudah. Untuk sampai ke puncak, Kamu hanya perlu mendaki selama 45 menit – 1 jam.

 

Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja
Sumber foto: JogjaPedia

 

Tempat ini menjadi salah satu sunrise poin terbaik di Jogja. Jika datang pagi hari saat matahari akan terbit, Kamu bisa menyaksikan panorama kota Jogja yang Indah dari atas gunung. Agar tidak terlambat menyaksikan sunrise, Kamu harus mulai mendaki dari pukul 4 pagi. Di puncak juga terdapat area camping. Jika malas mendaki pagi hari, Kamu bisa berkemah dari sore hari.

Di puncak terdapat beberapa spesies kera gunung yang akan ditemui. Usahakan untuk menyimpan makanan yang Kamu bawa di dalam tas. Jika ingin memberi makan kera, Kamu bisa melakukannya ketika akan turun. Tiket masuk area Gunung Api Purba dipatok mulai Rp. 7.000. Harga tiket masuk ini akan berubah saat weekend. Demikian beberapa referensi tempat wisata murah di jogja dan menarik yang bisa ditemukan di www.traveloka.com.

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

3 thoughts on “Tempat Wisata Murah Di Jogja Yang Bisa Dijadikan Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close