Tips

5 Cara Ampuh Menjaga dan Merawat Kebersihan Lidah

Faktanya, Kesehatan lidah sama pentingnya dengan kesehatan gigi. Sudah dapat dipastikan bahwa menyikat gigi adalah ritual wajib yang tak pernah terlewatkan namun, bagaimana dengan ritual membersihkan lidah? Hal inilah yang seringkali terlewatkan bahkan terlupakan.
5 Cara Ampuh Menjaga dan Merawat Kebersihan Lidah
Dengan mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan lidah tentu akan mengundang berbagai keluhan kesehatan seperti sariawan, Oral Candidosis ( lapisan putih ) yakni kondisi dimana lapisan lidah menjadi putih bahkan yang paling berbahaya adalah kanker lidah.
Agar terhindar dari ancaman kesehatan tersebut, berikut ini 5 Cara Ampuh Menjaga dan Merawat Kebersihan Lidah :
1. Menyikat Bagian Lidah Dengan Sikat Gigi
Mungkin terdengar aneh bila menggunakan sikat gigi untuk membersihkan lidah. Namun, itu bukanlah hal yang mustahil. Kamu dapat mencoba untuk menyikat bagian depan lidah hingga bagian belakang lidah dengan menggunakan sikat gigi. Pastikan sikat gigi yang kamu gunakan untuk membersihkan lidah adalah sikat gigi yang memiliki bulu yang lembut dan halus agar tidak menyakiti permukaan lidah.
2. Gunakan Pembersih Khusus Lidah
Selain menggunakan sikat gigi, ternyata kamu juga dapat menggunakan Pembersih Lidah untuk membersihkan lidah. Pembersih Lidah saat ini dapat kamu temukan di berbagai supermarket. Pembersih lidah tentu sangat penting untuk dimiliki karena akan membantu kamu untuk membuang lapisan putih yang muncul karena disebabkan oleh jamur candida albicans.
3. Konsumsi Makanan Pembersih Lidah
Makanan pembersih lidah? Memangnya ada? Tentu saja! Makanan pembersih lidah diantaranya Lemon, Strawberry, Apel dll. Buah – buahan tersebut rupanya sangat baik untuk menjaga kesehatan lidah. Selain itu, rasanya pun enak.
4. Selalu Berkumur – Kumur
Setelah menunaikan ritual santap makanan, usahakan untuk selalu berkumur – kumur dengan air bersih. Karena berkumur – kumur selepas makan dapat membersihkan plak, sisa makanan yang menyangkut di dalam mulut dan juga lidah. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menumpas keberadaan jamur.
5. Konsumsi Yoghurt
Ada cara lain yang lebih menyenangkan dan dapat dilakukan tanpa perlu bersusah payah yaitu dengan cara mengkonsumsi yoghurt. Yap, yoghurt terbilang cukup ampuh untuk menangkal pertumbuhan jamur candida albicans di permukaan lidah.
Demikian 5 Cara Ampuh Menjaga dan Merawat Kebersihan Lidah agar tetap sehat. Semoga penjelasan ini dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Karena mengingat betapa pentingnya menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang tak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Artikel atau Jasa Admin Sosmed?
Powered by