Saat ini tentu banyak ditemui orang – orang yang gemar sekali menggunakan softlens atau lensa kontak dengan aneka warna. Namun dibalik itu semua banyak alasan yang mendasari seseorang untuk lebih memilih menggunakan Softlens.
Misalnya saja, kurang nyaman dengan penggunaan kacamata. Dan ada juga yang menggunakan softlens agar terlihat lebih menarik. Apapun alasannya, berikut ini 5 Tips Wajib Yang Perlu Dipahami Sebelum Memutuskan Untuk Menggunakan Softlens :
1. Kenali Kondisi Mata Yang Sebenarnya
Perlu diketahui bahwa tidak semua orang memiliki kecocokkan dalam menggunakan softlens. Untuk itu, pastikan kamu telah berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter mata. Hal ini juga penting untuk mengenali apakah mata kamu memiliki alergi pada softlens ataukah sebaliknya.
2. Jangan Tergoda Harga, Pilih Softlens yang Benar – benar Terpercaya
Siapa sih yang tidak tergoda dengan yang namanya harga murah? Terlebih lagi jika harga barang tersebut sudah termasuk murah kemudian dikenakan discount. Hmm.. siapapun tentu terpesona ya. Termasuk saya sendiri hahaha
5 Tips Wajib Yang Perlu Dipahami Sebelum Memutuskan Untuk Menggunakan Softlens
Namun, pastikan kali ini kamu melek kualitas. Perhatikan dengan benar kualitas softlens yang kamu inginkan. Jangan karena harga murah lalu kamu mengabaikan kualitas softlens tersebut. Untuk mengetahui kualitas softlens tersebut.
Kamu juga bisa bertanya kepada orang yang pernah menggunakan softlens dengan merk tersebut. Atau dapat juga kamu membaca review dari blogger yang pernah menggunakan softlens tersebut.
3. Perhatikan Kebersihan Softlens
Sebelum kamu menggunakan sotlens, pastikan tanganmu berada dalam kondisi yang steril dan bebas kuman. Kemudian, kamu juga harus memastikan bahwa kuku mu tidak panjang, karena kuku yang panjang akan merobek permukaan softlens. Dan jangan lupa, apabila telah selesai menggunakannya, kamu menaruh softlens di dalam rendaman air khusus softlens.
4. Jangan Menggunakan Softlens Terlalu Lama
Usahakan untuk tidak menggunakan softlens lebih dari 8 jam. Karena softlens yang dipakai lebih dari 8 jam akan membuat mata menjadi tidak nyaman. Selain itu, hal itu juga memberikan kesempatan pada bakteri untuk berkembang biak.
Selain pemakaian sehari – sehari, kamu juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa softlens yang kamu gunakan. Biasanya umur pemakaian softlens berkisar antara 6 – 12 bulan.
5. Jangan Lupa Lepaskan Softlens Sebelum Tidur
Ketika hendak tidur, jangan lupa untuk melepaskan softlens yang kamu pakai. Karena softlens yang dipakai terlalu lama tentu tidak baik untuk matamu. Selain itu, kamu juga perlu menghindari risiko paling fatal apabila menggunakan softlens terlalu lama yaitu kebutaan. Oh iya, selain sebelum tidur. Sebelum renang juga kamu tidak disarankan untuk menggunakan softlens.