Tips

Jenis – Jenis Kain Yang Sering Digunakan Dalam Pembuatan Pakaian

Kali ini saya ingin berbagi tentang berbagai jenis kain yang selalu digunakan dalam pembuatan pakaian. Sebagai umat manusia yang telah melewati fase zaman prasejarah. Tentu mengenakan pakaian adalah sebagai bentuk modernisasi kita terhadap masa depan.

Jenis - Jenis Kain
Source : hollertrendchu[dot]wordpress[dot]com

Selain menunjukkan keberadaban kita pada masa kini, pada dasarnya kita memilih pakaian untuk mendapatkan rasa nyaman dan aman. Maka dari itu, ketika hendak memilih pakaian. Kita harus memastikan bahwa bahan pakaian yang digunakan akan memberikan kenyaman bagi diri kita. Daripada penasaran, berikut ini Jenis – Jenis Kain Yang Sering Digunakan Dalam Pembuatan Pakaian


1. Spandex
Bahan ini dikenal dengannama Lycra yang merupakan trademark dari Du Pont. Sifat dari bahan ini adalah memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Dapat direnggangkan hingga 5x lipat dari bahan dasarnya tanpa mengalami kerusakan. Cukup menyerap keringat dan tahan terhadap gesekan. Bahan ini sering ditemui untuk baju olahraga tapi karena seiring berjalannya waktu, banyak juga blazer atau blouse yang menggunakan bahan ini.
Cara Merawatnya : Disarankan untuk menyetrika dalam temperature low atau medium agar kain tidak cepat rusak dan tidak berbulu. Kemudian kain juga tidak boleh direndam dalam cucian lebih dari satu jam.
2. Katun
Bahan ini sangat populer untuk dijadikan bahan pembuatan kaos. Selama berabad – abad, bahan ini telah digunakan untuk pakaian karena sifatnya ringan dan kuat. Namun disisi lain, katun juga memiliki kekurangan dan kelebihannya tersendiri
Kekurangan :
– Sedikit Kaku
– Mudah Kusut
– Gampang Berjamur Apabila Tidak Dirawat Dengan Baik
Kelebihan :
– Mudah Disablon
– Tidak Berbulu
– Menyerap Keringat Dengan Cepat
– Tidak Luntur
Cara Melakukan perawatan pada kain katun adalah  dengan tidak merendamnya dalam cucian lebih dari dua jam, Gunakan air dingin saat mencuci pakaian berbahan katun, Gantung baju agar lebih rapi, jangan dijemur dibawah sinar matahari secara lansung melainkan di tempat yang teduh.
3. Rayon
Rayon sendiri adalah bahan kain yang berasal dari sintetik dengan kadar selulosa yang tinggi. Sifat dari bahan ini adalah ‘jatuh’, lembut serta memiliki daya serap yang tinggi.
Cara Melakukan Perawatan pada Kain rayon adalah dengan mencucinya menggunakan tangan atau mesin cuci. Namun jangan diperas.
4. Chiffon
Bahan yang satu ini memang dikenal sebagai bahan untuk pembuatan kerudung. Sifat dari bahan ini adalah halus, ‘jatuh’ dan juga lembut serta mengikuti bentuk. Namun bahan ini juga kerap kali digunakan untuk bahan pakaian seperti Kebaya, Blouse, Dress dan Selendang
Cara merawat kain Chiffon :
– Dicuci dengan air hangat menggunakan cara manual
– Jangan dipelintir / diperas
– Pisahkan dengan warna yang lain karena bahan ini mudah sekali menyerap warna lain
– Setrika dengan temperature rendah

Demikianlah Jenis – Jenis Kain Yang Sering Digunakan Dalam Pembuatan Pakaian. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat serta wawasan megenai jenis – jenis kain yang beredar di pasaran. Sehingga aku, kamu, kita, mereka, kalian dapat dengan mudah memahami sifat kain.

Previous Post Next Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Artikel atau Jasa Admin Sosmed?