Di toko outdoor banyak jenis perlengkapan yang tidak hanya untuk mendaki namun juga untuk kegiatan luar ruangan seperti traveling yang bisa dipilih dan digunakan, salah satunya adalah sandal. Sandal gunung ini tidak hanya bisa digunakan hanya saat mendaki atau menuruni gunung namun juga untuk kegiatan yang lain bahkan bisa digunakan sebagai alas kaki untuk sehari-hari. Bagi pemula, terdapat beberapa tips yang bisa membantu untuk memilih jenis sandal gunung yang tepat.

Pertama adalah pilih terlebih dahulu apakah Anda akan memilih sandal model selop atau jepit. Masing-masing model sandal tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Misalnya jenis sandal gunung model jepit, memungkinkan Anda untuk bisa mencengkeram sandal lebih erat sedangkan model selop memungkinkan jemari kaki Anda untuk lebih bebas dan Anda bisa menggunakan jenis kaos kaki model apa saja.

Kedua adalah ketahui ukuran dari kaki Anda. Walaupun Anda menggunakan sandal, sebaiknya Anda melakukan pengukuran kaki saat Anda sedang menggunakan kaos kaki dan Anda harus memilih jenis sandal yang ukurannya sedikit lebih besar. Hal tersebut disebabkan karena saat Anda melewati jalur menurun maka kaki Anda akan terdorong ke depan dan bila sandal yang Anda gunakan tersebut terlalu pas, akan membuat bagian ujung kaki keluar yang bisa menyebabkan kaki terantuk benda keras seperti batu dan cidera. Selain itu, sandal yang lebih besar juga bisa membuat kaki Anda tidak mudah kotor saat melewati jalanan yang becek.

Ketiga adalah pilih grip. Sandal gunung memiliki alas dimana terdapat grip yang bergelombang atau sesuai dengan kontur tanah dan medan yang ada di pegunungan sehingga bisa mencengkeram tanah dengan baik. Pilih sandal yang cukup tebal dan bergerigi agar bisa mencengkeram tanah lebih baik terutama bila jalanan tersebut licin dan menurun.

Selain itu, pertimbangkan tingkat kekerasan dari sandal tersebut apakah terlalu empuk atau terlalu keras. Karena jika terlalu empuk dan Anda membawa beban yang cukup berat bisa membuat Anda gontai. Sehingga sebaiknya Anda memilih toko outdoor konvensional agar Anda bisa mencoba dan menilai sendiri apakah sandal tersebut pas atau tidak.

Keempat adalah pertimbangkan mengenai tali dan webbing yang digunakan di sandal tersebut. Tali pada sandal gunung tersebut akan menentukan kekuatan dari sandal terutama saat memasuki medan yang menurun. Jika tali tersebut tidak kuat dan Anda menggunakannya untuk mengerem dan putus, maka bisa membahayakan Anda misalnya Anda bisa terjerembab dan jatuh lalu cidera. Sandal gunung yang tepat terbuat dari bahan 100% polyester dan menggunakan serat nylon. Sedangkan pada penyambung tali weebing, pilih yang bagian dalamnya halus sehingga tidak menimbulkan lecet dan cidera pada mata kaki atau bagian lainnya.

Hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sandal gunung di toko outdoor adalah:

  • Perhatikan mengenai jahitan dari sandal tersebut. Selain weebing, jahitan sandal akan berpengaruh pada keawetan, kekuatan dan juga kenyamanan dari sandal tersebut. Sehingga Anda harus memperhatikan apakah sudut tali atau bantalan tersebut mengalami kerusakan atau tidak.
  • Sesuaikan dengan anatomi kaki sehingga sandal tersebut bisa lebih nyaman.
  • Pilih sesuai dengan warna dan budget yang Anda miliki walaupun semakin mahal sandal gunung tersebut kualitasnya akan semakin bagus.
  • Jangan terpengaruh pada merk karena ada jenis sandal gunung yang tidak bermerk memiliki kualitas yang hampir sama dengan sandal yang bermerk dan berharga mahal.