Loading...

Promo Harbolnas Ternoda Diskon Fiktif dan Penipuan Online, Ini Tips Cerdas untuk Menghindarinya!

Promo Harbolnas Ternoda Diskon Fiktif dan Penipuan Online, Ini Tips Cerdas untuk Menghindarinya! – Event belanja online terbesar di Indonesia, Harbolnas agaknya memang membuat banyak orang tertarik untuk berbelanja online secara besar-besaran. Namun sayangnya, event yang setiap tahun diadakan pada tanggal 12 Desember (12-12) jadi ternoda karena banyaknya diskon fiktif dan penipuan berkedok toko online yang masih menghantui konsumen belanja online di Indonesia.

Padahal sejatinya perayaan tersebut ditujukan untuk menarik minat masyarakat terhadap situs belanja online, situs jual beli online dan toko online yang ada di Indonesia. Sebagai konsumen, kita harus cerdas dalam menyikapi promo Harbolnas yang bisa saja berpotensi diskon fiktif atau penipuan online. Promo yang diadakan di Harbolnas sebenarnya cukup bervariasi, mulai dari diskon, potongan harga, free ongkir, beli 1 gratis 1, beli 2 dapat 3, hingga promo belanja berhadiah voucher dan reward menarik lainnya.

Namun sayangnya dengan adanya diskon fiktif membuat para konsumen online merasa kecewa dan tak jarang bikin kapok belanja online lagi. Contoh diskon fiktif yang sering terjadi adalah harga barang sudah dinaikkan terlebih dahulu baru setelahnya dibanderol dengan harga diskon. Misalkan harga sepatu merek X banderol harganya Rp 699.000 mendapat diskon 30% harganya jadi Rp 489.300 padahal harga aslinya adalah Rp 599.000 yang mana artinya diskonnya sebenarnya hanya 18% saja.

Lain diskon fiktif, lain pula penipuan online. Dimana biasanya yang terjadi adalah kasus toko online fiktif alias palsu yang menipu para konsumen. Kasus seperti sudah transfer uang tetapi barang belum dikirim atau dikirim barang tidak sesuai dengan pesanan atau dikirim barang yang tidak berguna. Ada juga toko online palsu yang menawarkan promo diskon besar-besaran namun ternyata menggunakan situs web tiruan guna membobol rekening atau mencuri informasi kartu kredit konsumen. Tentu sangat memprihatinkan jika hal tersebut terjadi, oleh karena itu cobalah lakukan tips-tips di bawah ini saat akan belanja promo Harbolnas

  1. Hati-hati dengan koneksi Wi-Fi

Sebaiknya saat akan berbelanja online, gunakan Wi-Fi di rumah atau koneksi internet smartphone Anda, hindari memakai Wi-Fi yang unsecured seperti di area publik atau bahkan di kantor Anda. Wi-Fi yang tidak terproteksi berpotensi untuk dibobol oleh hacker sehingga mereka akan dengan mudahnya mencuri informasi yang Anda unggah di internet, termasuk nomor rekening atau nomor kartu kredit Anda.

  1. Cermati diskon yang ada dan selalu simpan bukti transaksi

Saat event Harbolnas berlangsung, memang akan ada banyak sekali diskon dan promo yang menarik. Namun seperti yang sudah diungkapkan di atas, jangan mudah tergiur dengan adanya diskon dan promo yang sebenarnya hanya fiktif belaka. Caranya mudah saja, coba bandingkan harga barang tersebut di beberapa situs belanja online lainnya. Lihat harga normalnya apakah sudah benar-benar sesuai dengan yang ditawarkan di toko atau situs belanja online tersebut? Jangan lupa juga setelah berbelanja selalu simpan bukti transaksi sebagai bukti klaim jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca: Cara Belanja Online di Bukalapak dan Keuntungan Menjadi Penjual di Bukalapak

  1. Kenali toko online tersebut

Meski benar ada banyak sekali online shop yang terpercaya, namun ada juga yang ternyata hanyalah situs olshop abal-abal. Anda wajib mewaspadainya. Mungkin saja penawaran di promo Harbolnas nya lebih menarik, namun jika ternyata itu berujung penipuan siapa yang rugi jika bukan Anda sendiri? Oleh sebab itu, kenali toko online tersebut. Simak review dan testimoni dari customer dan jangan lupa selalu gunakan situs belanja online yang sudah menggunakan alamat https:// untuk menjamin keamanannya.

 

You might also like

No Comments

    Leave a Reply