Jangan Takut Telat Lulus, Ini 5 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Jangan Takut Telat Lulus, Ini 5 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja – Menentukan pilihan hidup untuk masa depan memang sulit, seperti ketika kamu dihadapkan untuk memilih meneruskan studi atau fokus meniti karir. Bahkan, saat ini tidak sedikit orang yang berani untuk mengambil pilihan keduanya, yakni kuliah sambil bekerja, karena kedua pilihan tersebut sangat penting dan berarti baginya. Ya, meski waktu, tenaga, dan pikiran terkuras secara bersamaan, namun di balik itu ternyata ada manfaat kuliah sambil bekerja yang bisa kamu ambil hikmahnya loh.

Selain menjadikan pengalaman yang luar biasa, karena kegiatan kuliah sambil bekerja, tidak semua orang bisa melakukannya, sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai peluang yang bagus. Tidak perlu takut untuk telat lulus kuliah atau tidak lulus tepat waktu, jika kamu menjalankan dengan senang hati, manfaat kuliah sambil bekerja bisa sangat menguntungkanmu.

Memang apa saja manfaat kuliah sambil bekerja, bagi kamu yang masih merasa takut tapi tetap ingin menjalankannya? Nah, tak perlu resah, berikut beberapa ulasannya:

1. Bisa menjadikan kamu pribadi yang lebih tangguh

Manfaat kuliah sambil bekerja yang pertama adalah, kamu bisa menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kuat. Pasalnya, ketika kamu menjalankan tugas sebagai mahasiswa sekaligus karyawan, kamu berarti sedang menjalankan dua tugas dan tanggung jawab sekaligus. Itulah yang membuatmu menjadi pribadi yang lebih tangguh, karena tidak semua orang bisa fokus ke dua hal sekaligus.

2. Bisa meningkatkan kualitas hidup

Tidak hanya menjadikan kamu sebagai orang yang mampu mengerjakan dua tanggung jawab sekaligus. Manfaat kuliah sambil bekerja, juga akan kamu rasakan dengan adanya rasa kepuasan dalam diri, bahwa kamu telah meningkatkan kualitas hidup.

Dengan mengambil kesempatan ini, berarti kamu bisa memperluas wawasan, lebih menadiri, dewasa, memahami cara bersosialisasi lebih dini, hidup lebih berkualitas, mendapatkan pengelaman kerja dan juga membuat CV kamu lebih berkualitas, ketimbang orang lain yang tidak mau mengambil kesempatan ini.

3. Kamu bisa membagi waktu dengan baik

Manfaat kuliah sambil bekerja lainnya adalah kamu bisa membagi waktu dengan baik. Tidak mudah untuk memanajemen waktu, karena semua waktu tentunya akan kamu anggap penting, sehingga kamu harus bisa memprioritaskan hal-hal yang harus didahulukan.

Pasalnya, akan ada berbagai macam kegiatan dan tanggung jawab yang harus dikerjaan. Seperti tugas kuliah, targer di kantor serta waktu untuk diri sendiri, yang juga sangat penting untuk disisihkan.

Baca Juga: Gapai Cita-Cita dengan Kuliah di Kampus Bergengsi

4. Bisa melatih mental sejak dini

Banyaknya tekanan, memang akan sedikit membuatmu menjadi lebih stres, namun dengan begitu mentalmu secara tidak langsung akan terbentuk secara alami. Kamu harus banyak belajar bersyukur atas apa yang telah kamu kerjaan, sehingga kemampuan berpikir, fokus terhadap sesuatu, mengendalikan emosi, bisa kamu hadapi dengan bijaksana. Sehingga jika ada hal-hal yang berbau tekanan tanggung jawab selanjutnya, kamu sudah siap untuk melakukan apa.

 

5. Kamu menjadi bisa beradaptasi dengan lebih baik

Manfaat kuliah sambil bekerja yang paling asyik adalah kamu jadi mempunyai banyak teman di berbagai lingkungan. Sehingga, kamu juga jadi bisa beradaptasi dengan baik, karena sudah terlatih ketika kamu bertemu orang baru dan lingkungan baru di tempat kerjamu.

Tidak hanya itu, ketika ada lingkungan yang tidak kamu sukai juga, kamu bisa beradaptasi dengan santai, meski akan menjadi beban tersendiri. Dan hal seperti inilah yang membuatmu tahu, bagaimana dirimu mampu untuk menghadapinya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu lihat, sebelum menentukan pilihan untuk kuliah sambil bekerja. Ambil hikmah dari semua yang kamu kerjakan, dan jangan sia-siakan kesempatan baik yang bisa membantumu untuk masa depan yang lebih baik. Untuk manfaat kuliah sambil bekerja jika dilihat dari segi karir, kamu bisa membacanya di link artikel berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/5-manfaat-bila-kamu-kuliah-sambil-bekerja/

Widya Herma

Widya Herma

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

One thought on “Jangan Takut Telat Lulus, Ini 5 Manfaat Kuliah Sambil Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close