Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia
Parenting

Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia

Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia – Menjadi ibu rumah tangga memang bukan pilihan untuk semua wanita. Apapun pilihan yang dipilih tentunya memiliki tantangan tersendiri, tanpa terkecuali ibu rumah tangga sekalipun. Sayangnya, banyak orang beranggapan bahwa menjadi ibu rumah tangga tidak serumit yang dibayangkan, padahal menjadi ibu rumah juga tidak jarang harus menghadapi serangkaian drama, lho.

Untuk itu, seorang ibu rumah dituntut untuk dapat menjaga ‘kewarasannya’ agar bisa tetap menjalani hidup yang Bahagia. Berikut Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia

Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga

  1. Berbagi rasa dengan pasangan

Yap, adakalanya di dalam rumah tangga, ada hal yang tidak dikomunikasikan dengan baik. Sehingga bisa mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Jika kamu sedang Lelah, ungkapkan perasaan tersebut pada suami. Rasa lelah, bukanlah sebuah kelemahan. Komunikasikan padanya bahwa kamu benar-benar membutuhkan bantuan dan perhatiannya.

  1. Alokasikan waktu untuk melakukan quality time Bersama teman

Menjadi ibu rumah tangga, bukan serta merta melupakan hal-hal menyenangkan yang dulu bisa dilakukan sebelum menikah. Kamu tetap bisa melakukan hal yang menyenangkan kok, seperti nge-mall sesekali Bersama teman-teman. Dengan catatan, pastikan anak-anak sudah bisa dikondisikan dengan baik, entah itu dititip sementara di neneknya atau suami di rumah.

Bukan hal yang salah, bila kita menikmati quality time dikala sudah menjadi ibu rumah tangga. Justru dengan menikmati quality time atau melakukan hal yang menyenangkan bisa menjagamu untuk tetap Bahagia dan terhindar dari stress.

  1. Hindari aktifitas monoton dalam keseharian

Hal yang seringkali menjadi faktor ‘ketidakwarasan’ dalam menjalani keseharian adalah bila aktifitas yang dilakukan terus berputar di agenda yang sama. Memang, pastinya urusan beberes rumah akan menjadi agenda rutin harian, namun kamu bisa mix agenda tersebut dengan aktifitas selingan lainnya, seperti sesekali delivery makanan favorit Ketika bosan masak, nonton drama korea dikala senggang, membaca buku selagi anak tidur dan sebagainya.

  1. Buat agenda ‘personal time’ mu sendiri

Tentunya kamu pasti memiliki hal menyenangkan yang sangat ingin dilakukan, kan? Kalau gitu, buatlah personal time mu sendiri, misalnya kamu ngeblog dini hari saat anak-anak sudah terlelap. Pada intinya adalah kamu mengagendakan waktu khusus dan memberi kesempatan bagi diri sendiri untuk tetap happy dengan aktifitas yang dilakukan.

  1. Melakukan Deep Conversation dengan Pasangan

Bersama pasangan, tentunya kamu bisa berbagi dan bercerita segalanya. Tanyakanlah pendapatnya mengenai hal tertentu. Tidak melulu urusan cinta saja, karena saya juga membicarakan banyak hal Bersama pasangan.

Termasuk ingin menjadi orang tua yang seperti apa, kelak ingin pergi kemana suatu hari nanti, impian apa saja yang belum tercapai, bagaimana pendapat kamu tentang Pendidikan seks di usia dini, dan masih banyak lagi.. kalau mau cari tahu mengenai isu-isu apa saja yang bisa dibicarakan dengan pasangan, bisa buka Quora. Disana ada banyak sekali hal-hal yang bisa dikupas dan diceritakan pada pasangan.

  1. Mengagendakan bonding time dengan keluarga

Menjaga ‘kewarasan’ ibu rumah tangga, bisa dilakukan dengan mengagendakan bonding time bersama keluarga. Misalnya berpergian untuk kulineran ke restoran, lari pagi Bersama, berenang Bersama, bahkan melakukan staycation. Tentunya ada banyak inspirasi aktifitas yang bisa dilakukan Bersama agar bonding time semakin bermakna.

 

Ternyata, ada berbagai hal yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga agar tetap Bahagia dan sehat secara mental. Untuk mewujudkan kehidupan yang Bahagia, rasa Bahagia dan sehat secara mental saja tentunya tidak cukup.

Perlu adanya sehat secara fisik, salah satu ikhtiar untuk yang dapat dilakukan adalah dengan rutin melakukan medical check up atau cek Kesehatan. Lalu bagaimana caranya bisa tetap rutin melakukan cek Kesehatan? Kalau sekarang aja kondisi sedang tidak memungkinkan, karena adanya wabah virus corona.

Baca: Taman Hiburan Kota Kidzania, Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga

Tenang, lain dulu lain sekarang.. kini bisa cek Kesehatan melalui aplikasi Halodoc, yang bisa membantumu mengecek Kesehatan. Kamu akan berkomunikasi langsung dengan dokter asli yang sudah berkompeten di bidangnya, lho. Tidak perlu repot-repot harus meninggalkan rumah, apalagi di masa pandemic seperti ini. Dan Aplikasi Halodoc, bisa langsung didownload via playstore. Sangat memudahkan bukan?

Setelah terwujudnya mental health dan physical health yang baik, seorang ibu rumah tangga tentunya akan memiliki kebahagiaan yang sempurna di keluarganya.

Hi I'm Widya Herma. An Indonesian Blogger based in Bandung. I love being myself. I blog about lifestyle, tips, how-to, techno, beauty, food, travel, daily life and many more. Kindly contact me by e-mail at contact@widyaherma.com for event invitation, partnership, reviews, endorsement. Thank you :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Artikel atau Jasa Admin Sosmed?
Powered by