Tips Cara Optimasi Google Bisnisku Agar Muncul di Peringkat Pertama

Sebagai pebisnis online, tentunya kita harus jeli dalam memanfaatkan fasilitas yang diberikan Google untuk kelangsungan bisnis yang dimiliki. Saat ini ada begitu banyak fasilitas yang diberikan google bagi para pebisnis online, seperti Google Ads untuk meningkatkan jangkauan terhadap calon konsumen, lalu Google Form, untuk collect database konsumen maupun lead yang masuk.

Sedangkan Google Sheets, untuk membuat laporan keuangan maupun merapikan data customer dsb serta Google Bisnisku untuk memudahkan calon konsumen untuk bisa menelusuri informasi bisnis yang kamu miliki, seperti mengetahui alamat bisnis, jam buka bisnis, hingga ulasan dari konsumen yang telah lebih dulu membeli produk bisnismu.

Tips Cara Optimasi Google Bisnisku Agar Muncul di Peringkat Pertama

Nah, kali ini, saya ingin berbagi mengenai Tips Cara Optimasi Google Bisnisku yang bisa teman-teman aplikasikan untuk bisnisnya, karena ini dijamin sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Melengkapi semua informasi profil

Yang pertama kali perlu kamu lakukan adalah dengan melengkapi seluruh informasi profilnya hingga sempurna. Jangan sampai melewatkan semuanya. Isi mulai dari nama bisnis, kategori, alamat, website hingga deskripsi mengenai bisnis kamu.

Hal ini sudah pernah dibahas oleh Neil Patel, menurutnya informasi tersebut nantinya akan diindeks oleh Google Search dan Google Maps lho.

Eits, tapi sebelum itu pastikan semua informasi di-update secara berkala ya. Jadi kalau ada pembaruan terkait informasi bisnismu, baik dari alamat, nomor telepon, ataupun deskripsi agar selalu informatif bagi orang yang berkunjung.

2. Ceritakan deskripsi bisnis dengan baik & menarik

Katanya kalau orang yang berteman dengan penjual parfum, maka akan ikut harum juga dirinya. Sama juga dengan Google Business, kalau akunmu ingin “harum” alias bagus dan banyak dikunjungi maka buat deskripsi bisnis yang baik dan menarik.

Ada informasi dari Bright Local, katanya kamu dapat menambahkan deskripsi bisnis sebanyak 750 karakter di Google My Business. Emang banyak banget ya, makanya kamu harus pintar-pintar memilih kata yang storytelling untuk mendeskripsikan mengenai bisnismu.

Nah, jadi deskripsi ini nantinya akan memberikan gambaran pada user terbaik produk atau layanan dari bisnis yang kamu jalankan. Harus pastikan menarik ya, tapi jangan masukkan hal-hal yang berkaitan dengan promosi terlebih dahulu.

Overall, deskripsi ini akan jadi Langkah awal buat user untuk memilih memperhatikan bisnismu atau justru meninggalkannya. Take it or leave it.

3. Jangan lupa publikasikan postingan lokalmu

 Tips selanjutnya untuk membuat Google My Business adalah dengan memanfaatkan postingan local. Stop buat ragu apalagi malu untuk mempublikasikan postingan local di daerahmu, entah mau bentuk acara atau hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnismu.

Contohnya nih, kalau kamu jual jasa seo google maps, kamu bisa membuat postingan mengenai tutorial atau cara agar orang dapat memaksimalkan penggunaan google maps.

Berdasarkan informasi dari Search Engine Journal, kegiatan ini sangat berguna banget untuk tetap terhubung dengan audiens. Dan jangan lupa juga untuk tetap melakukan riset keyword, saat kamu mulai memilih tema postingan yang ingin disajikan.

4. Upload foto check

Kalau semua informasi sudah dimasukan, mulai dari nama bisnis sampai deskripsinya juga, tidak cukup sampai di situ saja kamu juga harus menambahkan foto yang sesuai dengan bisnismu di dalam Google My Business. Kalau menurut Bright Local, bagusnya kamu bisa posting foto terkait produk atau bahkan suasana kantormu.

Kalau kamu lihat dashboard Google My Business, sudah ada tuh tab yang bisa digunakan untuk upload foto. Tinggal klik, upload dan voila fotomu pun tayang.

Asal kamu tahu, memberikan foto di Google My Business itu dinilai merupakan salah satu cara yang harus dilakukan untuk optimasi dengan sempurna.

Oh ya usahakan bisa tambahkan minimal tiga foto katalog produk atau layananmu agar dapat diketahui oleh user.

5. Ada review dari user? Yuk cepat tanggapi!

Sudah jadi rahasia umum dalam Google My Business, user atau pelanggan dapat memberikan satu atau bahkan puluhan ulasan dan juga review terkait bisnismu loh. Nah kalau ada yang memberikannya gi Google My Business-mu, jangan tunggu lama untuk segera menanggapi feedback tersebut dengan mengucapkan terima kasih dan doakan agar rezeki mereka lancer.

Baca: Menarik Sejuta Mata Dengan Google Adwords

Hal seperti ini nih yang akan memperlihatkan bahwa kamu sangat menghargai dan mengutamakan para pelanggan.

Oh ya gimana kalau ada review negative? Jangan dibalas negative juga dong, tanggapi dengan kalimat yang sopan dan santun. Dan tentunya supaya lebih ramai lagi review nya, jangan lupa untuk ajak pelanggan untuk memberikan review mengenai produkmu, mau lewat media sosial maupun website. Tentunya feedback dari pelanggan ini memiliki nilai yang sangat berharga untuk kemajuan bisnismu ke depannya.

Nah, segitu dulu tips untuk optimasi Google My Business nya ya, semoga bisnismu bisa jadi semakin terdepan dalam bisnis local. Nanti aku lanjut deh tips-tips lainnya, tunggu aja ya!