Meskipun kita seringkali memahami apa yang diinginkan oleh diri sendiri, namun adakalanya juga kita dihadapkan dengan kebimbangan saat mengambil berbagai keputusan dalam hidup, seperti saat hendak menentukan jurusan kuliah, pekerjaan atau bahkan pasangan hidup hehehe

Faktanya, di masa depan, akan ada lebih banyak keputusan hidup yang harus dihadapi nantinya, dan agar bisa mengambil keputusan dengan baik dan benar, maka perlu yang namanya mengenal diri sendiri secara mendalam, dengan begitu kita bisa mengetahui alasan mengapa kita bisa lebih menyukai hal tertentu dibanding hal lainnya, begitupun sebaliknya.

Sebagai bentuk upaya berkenalan dengan diri sendiri secara mendalam, bisa dengan cara melakukan tes kepribadian MBTI. Seperti yang kita ketahui, bahwa tes MBTI (Myers-Birggs Type Indicator) adalah salah satu tes kepribadian yang cukup populer dan banyak diminati karena mampu memberikan hasil yang sangat mendetail terkait kepribadian seseorang.

Tes MBTI

Menurut MBTI, setidaknya ada 16 tipe karakter yang menggambarkan kepribadian setiap orang. Kepribadian tersebut diantaranya ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ dan ENTJ.

Nah, kira-kira apa sih makna huruf-huruf yang menggambarkan kepribadian tersebut? Oke, jadi makna huruf tersebut menggambarkan singkatan tertentu yang saling bersinggungan satu sama lain. Dimana nantinya akan menentukan preferensi seseorang dari segi energi, informasi, keputusan dan lingkungan.

  • I = Introversion dan E = Extraversion

Kekuatan Introvert : Memiliki ketertarikan terhadap hubungan yang mendalam dengan seseorang, tidak memetingkan jumlah, namun kualitas dari hubungan itu sendiri. Mendengarkan siapa saja tanpa melakukan interupsi.

Kekuatan Ekstrovert : Aktif, energetic dan antusias terhadap berbagai minat. Excited untuk selalu menjalin kontak pada lawan bicara.

  • S = Sensing dan N = Intuition

Kekuatan Sensing : Acuannya terhadap sesuatu yang real dan fakta aktual

Kekuatan Intuition : Terbuka dengan berbagai kemungkinan yang mungkin saja akan berbeda dari faktanya.

  • T = Thinking dan F = Feeling

Kekuatan Thinking : Menganalisa, mengevaluasi dan mengkritik. Memiliki definisi yang jelas dan detail terhadap sesuatu.

Kekuatan Feeling : Supportif, menaruh perhatian pada orang lain dalam bentuk empati yang mendalam.

J = Judging, dan P = Perceiving

Kekuatan Judging : Mengambil keputusan dengan sangat tegas, terorganisir dan efektif dalam bertindak

Kekuatan Perceiving  : Sangat fleksibel dan mudah dalam melakukan penyesuaian atau adaptasi.

Baca: Memiliki Hobby dan Kepribadian itu Penting

Saya sendiri sudah mencoba melakukan tes kepribadian MBTI, dan hasilnya memang benar-benar sangat menggambarkan diri saya, yaitu INFP. Berarti INFP adalah gabungan dari Introversion, Intuition, Feeling dan Perceiving.

Sebenarnya penjelasan detail terkait tes kepribadian ini sangat panjang dan mendetail, jadi jika kamu ingin mengetahui kepribadianmu secara mandalam, kamu bisa melakukan tes MBTI secara online di website mereka.