Umumnya, orang berinvestasi dengan menetapkan suatu tujuan khusus agar lebih mudah konsisten melakukannya. Misalnya saja, untuk membeli rumah, membeli kendaraan, atau liburan. Tidak semua orang bekerja pada instansi atau perusahaan yang memberikan fasilitas pinjaman dana untuk membeli rumah atau kendaraan, sehingga Anda harus mengupayakannya sendiri.

Investasi yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan agar kehidupan Anda mapan adalah dengan cara investasi reksadana. Jenis instrumen investasi yang mudah dan cocok untuk investor pemula serta membantu mewujudkan kemapanan keuangan bahkan sebelum Anda berusia 40 tahun.

Umumnya orang beranggapan usia 40 tahun sebagai titik puncak kesuksesan dan kemapanan hidup, termasuk dalam hal keuangan. Saat baru mulai bekerja, semua berlomba-lomba bekerja dengan giat untuk mencapai status dan level kemapanan yang diinginkan. Tidak jarang pula yang menginginkan kemapanan sebelum usia 40 tahun, dengan anggapan semakin cepat kemapanan diperoleh tentu semakin baik.

Cara agar Mapan Sebelum Umur 40 Tahun

Secara teori, menjadi mapan sebelum usia 40 tahun mudah dilakukan. Namun pada prakteknya, banyak orang terjebak dalam Rat Race Cycle yaitu jerat pengulangan rutinitas berupa pengejaran terhadap sesuatu tanpa henti, dalam hal ini adalah status kemapanan dan keuangan yang stabil, tetapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Alih-alih mapan sebelum usia 40 tahun, Anda justru masih bekerja hingga lewat usia 60 tahun dan tidak bisa menikmati masa pensiun dengan tenang. Di sinilah letak pentingnya Anda mengetahui cara investasi reksadana.

Agar rencana mapan sebelum usia 40 tahun tercapai, maka Anda wajib tahu cara-cara yang perlu dilakukan berikut ini:

1.   Ubah gaya hidup

Banyak ahli keuangan menekankan pentingnya mengubah gaya hidup jika menginginkan mencapai kemapanan sebelum usia 40 tahun. Namun di masa digital sekarang ini, orang lebih mudah mengakses media sosial yang menampilkan kehidupan glamor, boros, hedonisme ketika muda. Masa muda berarti waktunya bekerja keras dan menghamburkan uang yang didapat untuk kesenangan saat ini saja. Kaum muda lupa bahwa gaya hidup tersebut menjauhkan diri dari impian kemapanan sebelum usia 40 tahun. Tidak heran jika para ahli keuangan pesimis, generasi masa kini bisa membeli rumah dengan uang sendiri dan akhirnya malah bergantung dengan orang tua, meski secara penghasilan yang didapat jauh lebih besar.

2.   Perbaiki pengelolaan keuangan

Jika Anda sudah berhasil mengubah gaya hidup, langkah selanjutnya yang bisa diambil agar mapan keuangan sebelum usia 40 tahun adalah dengan memperbaiki pengelolaan keuangan. Atur penghasilan yang didapat untuk kebutuhan utama, keinginan, tabungan, dan donasi. Anda bisa memilih menabung melalui investasi reksadana online. Cara mudah pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Jadikan investasi sebagai gaya hidup yang baru dan cara jitu mencapai kemapanan keuangan sebelum usia 40 tahun.

3.   Miliki lebih dari 1 sumber penghasilan

Sudah saatnya Anda merencanakan memiliki sumber penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan. Anda bisa mendapatkan active income atau passive income sebagai penghasilan tambahan dengan cara cara investasi reksadana. Cara ini terbukti jitu dan memudahkan karena Anda tidak perlu menambah jam kerja dalam satu hari. Investasi membuat uang bekerja untuk Anda. Jika Anda memiliki waktu luang di saat weekend, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan lain dengan melakukan pekerjaan ringan yang menguntungkan sesuai dengan minat atau dengan memanfaatkan hobi. Ubah hobi menjadi peluang yang menghasilkan, misalnya saja dengan membuat handicraft dan menjualnya di e-commerce.

4.   Jangan berhutang

Biasakan hidup sehat keuangan tanpa utang. Hindari pengeluaran yang lebih besar daripada penghasilan.

Penuhi kebutuhan hidup Anda dengan keuangan yang Anda dapatkan saat ini. Untuk kebutuhan yang besar seperti membeli rumah dan kendaraan, lebih baik Anda menabung secara masif untuk bisa mendapatkannya. Gaya hidup berhutang menjerat Anda dan membuat keuangan Anda tidak lancar. Bekerja hanya untuk membayar utang akan melemahkan semangat dan mental Anda. sudah banyak contoh orang-orang yang terjerat utang hingga akhirnya mengalami kebangkrutan dan merugikan keluarganya.

5.   Siapkan dana darurat dan dana pensiun

Lagi-lagi tidak semua instansi atau perusahaan yang memberi fasilitas dana darurat untuk kesehatan dan dana pensiun, sehingga Anda harus menyiapkannya secara mandiri. Pos dana darurat sangat penting karena jika terjadi suatu penyakit bisa menguras tabungan dan mengganggu kestabilan keuangan harian. Sedangkan dana pensiun merupakan bagian dari perwujudan impian mapan keuangan sebelum usia 40 tahun. Kedua pos ini sangat penting yang wajib Anda penuhi agar mencapai level kemapanan keuangan yang Anda cita-citakan.

Investasi Reksadana Online Pilihan Tepat

Cara investasi reksadana yang tepat merupakan salah satu upaya terbaik agar Anda mencapai kemapanan keuangan sebelum usia 40 tahun. Menggunakan instrumen investasi ini berarti Anda akan mendapat hasil investasi lebih besar daripada bunga deposito yang ditawarkan bank. Risiko investasi juga tidak sebesar saham, sehingga masih aman untuk dilakukan oleh investor pemula.

Anda bisa memulainya dengan menggunakan investasi reksadana online yang ditawarkan berbagai platform keuangan digital seperti Aplikasi digibank by DBS. aplikasi yang memberi banyak keunggulan yang bisa membantu Anda mencapai kemapanan sebelum usia 40 tahun, antara lain:

  • Menyediakan lebih dari 50 produk reksadana
  • Menyediakan fitur 3 kategori produk
  • Investasi reksadana mulai Rp100 ribu
  • Tersedia fitur pembelian berkala yang fleksibel
  • Satu aplikasi untuk semua transaksi yaitu Aplikasi digibank by DBS

Kemapanan keuangan sebelum usia 40 tahun dapat Anda wujudkan dengan cara investasi reksadana. Manfaatkan teknologi keuangan digital yang memudahkan perjalanan investasi Anda. Pilihlah produk yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda melalui Aplikasi digibank by DBS, karena merupakan aplikasi lengkap untuk segala macam transaksi investasi. Segera dapatkan manfaatnya dan mulailah berinvestasi sekarang. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di sini.