Mengurus keuangan dan akuntansi adalah salah satu hal yang sulit serta punya proses yang panjang. Ini tidak mengherankan karena pengelolaan keuangan menjadi ujung tombak sebuah bisnis. Keuanganlah yang akan menentukan keberlangsungan sebuah bisnis perusahaan. Kelancaran keuangan akan berhubungan dengan produksi dan produktivitas perusahaan.

Maka tidak heran bila semakin banyak perusahaan yang melirik aplikasi akuntansi untuk membantu mereka dalam pengelolaan dan pencatatan keuangan. Di artikel kali ini, kita akan sama-sama memahami apa sebenarnya aplikasi akuntansi itu.

Mengenal Apa Itu Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi adalah perangkat yang dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pengelolaan proses perhitungan akuntansi, mulai dari data transaksi, jurnal, sampai dengan pembuatan laporan keuangan. Dengan bantuan aplikasi ini, segala pencatatan tidak lagi dilakukan secara manual melainkan berbasis digital dan otomatis. Sehingga, hasilnya akan lebih terkelola, cepat, dan akurat.

Aplikasi akuntansi

Penggunaan aplikasi mampu memangkas proses akuntansi yang panjang dan rumit menjadi sederhana dan mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Hal ini sesuai dengan tujuan dari software akuntansi sendiri yaitu memberikan kemudahan dalam penyusunan laporan keuangan, laba rugi, serta pencatatan segala transaksi.

Apa Untungnya Menggunakan Aplikasi untuk Kebutuhan Akuntansi?

Penggunaan aplikasi untuk kebutuhan akuntansi sangat menguntungkan, maka tidak heran bila sudah banyak aplikasi ERP yang memasukkannya menjadi salah satu modul unggulan. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan software akuntansi untuk bisnis Anda.

1. Perusahaan semakin mudah dalam membuat dan mengolah laporan keuangan dengan cepat dan praktis

2. Potensi kecurangan  dan kesalahan dalam pencatatan dapat diminimalisir

3. Staff semakin mudah dalam melakukan perubahan atau perbaikan jika ditemukan adanya kesalahan saat menginput data

4. Produktivitas dan efisiensi perusahaan semakin meningkat, ini karena tidak ada lagi pekerjaan repetitif yang perlu dikerjakan manual

5. Data yang disajikan lebih akurat sehingga memudahkan perusahaan ketika dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

Aplikasi keuangan

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi

Saat ini ada banyak sekali software akuntansi yang bisa Anda pilih untuk diimplementasikan ke dalam bisnis Anda, namun untuk membantu Anda memilih mana aplikasi yang terbaik, berikut ini beberapa rekomendasinya.

Baca: Cara Membuat Laporan Arus Kas dan Keuntungannya untuk Bisnis

1. RedERP

Rekomendasi pertama ada RedERP yang merupakan salah satu aplikasi ERP Indonesia. Sebagai salah satu software ERP, RedERP memang memiliki fitur yang lengkap dan komprehensif.

RedERP memiliki beberapa fitur yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja seperti pengelolaan arus kas, otomatisasi jurnal buku besar, multi currency, perhitungan pajak, pengelolaan anggaran bisnis, sampai dengan menyajikan laporan dan analisis keuangan.

Jika Anda mencari software akuntansi lokal yang berbasis cloud dan fitur yang lengkap, ini adalah pilihan yang tepat.

2. SAP

Aplikasi ini tidak hanya terkenal dalam pengelolaan karyawan, tapi juga fitur akuntansinya. SAP sendiri adalah aplikasi yang dikembangkan di Jerman dan sudah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar termasuk di Indonesia. Software SAP juga sudah berbasis cloud dan memiliki berbagai fitur unggulan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

3. Omegasoft

Rekomendasi software akuntansi ketiga adalah Omegasoft. Bila perusahaan Anda bergerak dalam bidang retail, F&B, distribusi, atau jasa, Omegasoft adalah aplikasi yang tepat. Omegasoft punya keunggulan dalam membuat bisnis menjadi autopilot karena seluruh proses keuangan bisa dilakukan secara otomatis.

Tidak hanya menyediakan software akuntansi, Omegasoft juga punya aplikasi POS, CRM, serta IoT.

Itulah pengertian, manfaat, serta beberapa rekomendasi dari software akuntansi yang berguna untuk menambah wawasan Anda. Semoga artikel ini membantu Anda!

source: https://rederp.co.id/blog/aplikasi-akuntansi-terbaik/