Biaya Service AC Mobil Buatan Jepang dan Eropa, Mana yang lebih Mahal? – Sebagai salah satu komponen penting pada kendaraan, AC mobil harus dirawat dan diperhatikan kondisinya. Hal ini bertujuan agar kinerja AC tetap bagus dan mampu memberikan kesejukan yang maksimal selama di perjalanan.

Oleh karena itu diperlukan pengecekan dan service secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi AC tetap prima dan tidak bermasalah. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan biaya service AC mobil yang cukup bervariasi sesuai jenis perawatan dan perbaikan yang dilakukan.

Estimasi Biaya Cuci AC Mobil Sesuai Merek

Salah satu service rutin yang perlu dilakukan pada komponen AC adalah dicuci untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Perawatan ini diperlukan agar kondisi AC tetap prima dan kinerjanya tidak terhambat.

Biaya yang diperlukan untuk cuci AC mobil bisa tergantung pada beberapa faktor. Mulai dari jenis perawatan yang dilakukan hingga merek dan jenis mobil yang di service. Kisaran biaya service pada AC mobil buatan Jepang dan Eropa rupanya juga berbeda. Berikut penjelasannya.

1.    Biaya Cuci AC pada Mobil Jepang

Sebagai informasi, biasanya besaran biaya yang dibutuhkan untuk keperluan service rutin atau membersihkan AC pada mobil buatan Jepang relatif lebih terjangkau dibandingkan mobil buatan Eropa. Yaitu ada di kisaran Rp300.000 – Rp400.000.

Sebagai contoh biaya cuci AC mobil pada jenis mobil Brio, Avanza, hingga Xenia umumnya relatif sama karena merupakan jenis mobil buatan Jepang.

Baca: Rekomendasi Mobil Impian Tahun 2023

2.    Biaya Cuci AC pada Mobil Eropa

Lantas berapa biaya cuci AC pada mobil buatan Eropa? Perlu diketahui bahwa untuk biaya cuci AC pada mobil buatan Eropa cenderung lebih mahal dari mobil pabrikan Jepang. Kondisi ini lebih disebabkan karena perbedaan dari tipe komponen serta perawatannya.

Sebagai informasi, biaya yang dibutuhkan untuk cuci AC pada mobil buatan Eropa berkisar antara Rp1.200.000 hingga Rp2.000.000. Dengan demikian maka biayanya jauh lebih mahal 3-5 kali lipat dibandingkan mobil buatan Jepang.

Biaya Penggantian Spare Part AC Mobil

Selain merek dan jenis mobil, perbedaan biaya service AC mobil juga bisa dipengaruhi jenis layanan service maupun penggantian spare part pada AC mobil. Sebagai gambaran, berikut adalah estimasi biaya service yang diperlukan.

Jenis Penggantian Spare PartBiaya Service
Magnetic ClutchRp350.000 – Rp600.000
KondensorRp500.000 – Rp600.000
Receiver Dryer – Expansi ValveRp450.000 – Rp550.000
EvaporatorRp850.000 – Rp1.350.000

Tentunya biaya service cuci AC mobil juga bisa berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lain sehingga perlu menjadi pertimbangan tersendiri. Contohnya biaya service pada AC mobil di Jakarta bisa saja berbeda dengan biaya service di Jogja atau Solo.

Namun setidaknya dengan mengetahui kisaran harga service AC mobil di atas Anda sudah memiliki gambaran sebelum membawa mobil ke bengkel untuk service rutin. Agar hasilnya memuaskan, pastikan untuk memilih bengkel yang sudah terpercaya dan berpengalaman.