Berbicara tentang mobil tentunya ada banyak yang bisa dibahas, salah satunya mengenai konsumsi bensin. Konsumsi bensin setiap mobil tentunya tidak dipengaruhi satu faktor saja tetapi ada banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan bensin pada mobil. Faktor pertama yang mempengaruhi pengeluaran bahan bakar yaitu jenis mobil. Jenis mobil yang paling irit dalam menggunakan bensin tentunya LCGC, diikuti oleh MPV, SUV, dan yang terakhir adalah sedan. Jenis mobil SUV terkenal boros karena memang memiliki kapasitas mesin yang besar kemudian juga kecepatan yang dihasilkan bisa lebih besar sehingga bisa dikatakan bahwa SUV termasuk boros.

Salah satu SUV yang terkenal boros adalah Toyota Fortuner apalagi dengan mesin berkapasitas lebih dari 2.000 cc dan dimensi yang besar maka membuat kecepatan Fortuner di jalan sangat cepat. Tetapi walaupun terkenal dengan boros bensin, ternyata masih ada cara untuk menghemat bensin Fortuner. Bagaimana caranya? berikut ini akan dijelaskan mengenai solusi agar Fortuner menjadi irit bensin.

  • Rutin melakukan servis

Solusi pertama agar Fortuner menjadi lebih irit dalam pengeluaran bahan bakar yaitu rutin dalam melakukan servis. Bukan di bengkel yang dekat dari rumah tapi pastikan melakukan servis di bengkel yang resmi agar hasilnya juga memuaskan karena pastinya didukung peralatan yang canggih. Dengan melakukan cara ini, maka jika ada masalah pada mobil tentunya akan langsung terdeteksi dan langsung diperbaiki sehingga tidak ada lagi bensin yang akan terbuang percuma.

  • Gunakan bensin yang direkomendasikan

Salah dalam memilih bensin juga berakibat bensin menjadi lebih boros karena tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Makanya dari sekarang harus bisa menyesuaikan dengan spesifikasi mesin yang ada di Fortuner dengan bensin yang direkomendasikan. Untuk mobil Fortuner, idealnya menggunakan bensin dengan nilai kandungan oktan minimal di angka 92 sehingga jika ingin menggunakan oktan lebih tinggi tentunya lebih bagus. Tapi pastikan jangan menggunakan oktan yang lebih rendah seperti 90 apalagi dibawah angkat tersebut karena mesin tidak bisa bekerja dengan optimal.

  • Manfaatkan mode eco driving

Pada mobil fortuner terdapat beberapa mode driving, salah satu yang bisa digunakan untuk menghemat bensin fortuner yaitu dengan memilih mode eco driving. Dengan mode seperti ini maka dijamin bisa mengurangi pengeluaran bensin sekaligus mengurangi gas emisi yang berasal dari kendaraan. Selain itu, mode ini membuat kecepatan terus stabil dan tidak melakukan pengereman tiba-tiba membuat bensin di dalam tangki jadi lebih irit.

Baca: Biaya Service AC Mobil Buatan Jepang dan Eropa, Mana yang lebih Mahal?

Itulah berbagai solusi untuk membuat Toyota Fortuner jadi hemat bensin yang berdampak terhadap pengeluaran uang untuk beli bensin. Jadi mulai sekarang jangan takut boros karena sudah ada solusinya, bagi yang tertarik maka bisa langsung buka platform berbasis aplikasi bernama mobbi. Aplikasi satu ini dulunya adalah mo88i tapi sekarang sudah dilakukan proses rebranding dengan keunggulan yang lebih lengkap lagi. Informasi yang disajikan di dalam platform mobbi juga lengkap mulai dari harga Fortuner bekas beserta spesifikasi dan juga cara mengajukan kredit.