Dalam hidup, cepat atau lambat kita akan terpisah dari orang yang kita sayangi. Terlepas dari meninggalkan atau ditinggalkan, itu menjadi sesuatu yang mutlak dalam kehidupan ini. Dan saat itu tiba, tentu tak pernah ada orang yang benar-benar siap menghadapinya.

Menurut Stoebe & Schut, setidaknya ada beberapa gejala yang akan terjadi pasca ditinggal orang yang tersayang. Mulai dari kondisi fisik yang mengalami sulit tidur hingga kesulitan makan, selanjutnya sulit fokus, ditambah timbulnya kemarahan terhadap keadaan, lalu dari sisi interpersonal terlihat dari Tindakan menarik diri dari pergaulan, terakhir dari sisi gaya hidup akan mengalami perubahan dibanding sebelumnya.

Apapun reaksi yang timbul dari moment kesedihan ditinggal orang tersayang, tentunya kita tak boleh berlarut-larut dalam kesedihan, karena kesedihan yang tidak menemui pemulihan nantinya akan berdampak serius bagi kehidupan. Berikut tips Pemulihan Diri dari Kesedihan Ditinggal Orang Tersayang yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

  • Menyadari secara penuh bahwa kesedihan adalah hal yang normal

Sadari penuh bahwa kesedihan ini pasti berlalu, daripada berjuang untuk menyangkal setiap kesedihan yang ada, akan lebih baik jika kita menerima kesedihan tersebut sebagai bagian dari hidup kita. Menurut Elisabeth K├╝bler-Ross seorang penulis sekaligus psikiater yang berasal dari Amerika-Swiss, mengatakan bahwa  terdapat 5 tahapan dalam kesedihan atau duka. Diantaranya Penyangkalan (Denial), Marah (Anger), Menawar (Bargaining), Depresi (Depression) dan Menerima (Acceptance). Setelah kamu melewati 5 tahapan tersebut, biasanya pemulihannya akan lebih cepat.

  • Menangis bukan tanda kelemahan

Manusia dianugerahi perasaan yang membuatnya dapat mengekspresikan semua hal yang terjadi kepadanya. Begitupun jika dilanda kesedihan, tidak ada salahnya menangis, karena menangis memiliki efek yang mampu menenangkan perasaan, kemudian menangis juga dapat membantu melepaskan oksitosin dan endorphin.

Pemulihan Diri dari Kesedihan Ditinggal Orang Tersayang

  • Berbagi cerita pada keluarga atau orang terdekat

Membagikan kisah kepada keluarga atau orang terdekat, efektif dalam memulihkan rasa sedih yang kita alami. Karena faktanya, bercerita pada seseorang yang dipercaya mampu melegakan beban kesedihan. Terlebih jika seseorang tempat kita bercerita, adalah orang yang juga pernah mengalami hal serupa, biasanya selain melegakan perasaan, juga bisa mendapatkan nasihat bijaksana.

  • Melakukan kegiatan yang digemari

Melakukan kegiatan yang digemari selain menyehatkan secara fisik juga menyehatkan secara mental. Pasalnya kegiatan yang disukai mampu meningkatkan mood dan rasa cinta pada diri sendiri. Untuk kegiatannya bisa berupa apa saja, seperti menonton film, menulis, traveling, journaling dsb

Baca: Ternyata 5 Hal Sepele Ini Bisa Membuat Ibu Sedih

Hakikatnya tidak ada satupun individu yang tidak berdampingan dengan kesedihan, pasti ada moment dalam hidup seseorang yang akan terasa menyedihkan, apalagi saat kehilangan orang yang tersayang. Dan pemulihan kesedihan bagi setiap orang tentu memiliki durasi atau proses yang berbeda-beda, meskipun mungkin nantinya akan sedikit lebih lama dari yang seharusnya, tapi setidaknya ada progress yang berarti menuju pemulihan.

Namun apabila proses pemulihan terasa sulit dilakukan seorang diri, ada baiknya kamu untuk bisa segera meminta bantuan professional. Seperti halnya FWD Insurance yaitu perusahaan asuransi kesehatan sekaligus asuransi jiwa yang menghadirkan layanan FWD Care Recovery Plan, yakni layanan tanpa tambahan biaya yang menawarkan manfaat lebih panjang (pasca-klaim) melalui dukungan fisik dan emosional yang bervariasi, mulai dari layanan mental konseling hingga bantuan konsultasi hukum yang bisa dimanfaatkan oleh tertanggung atau anggota keluarga hingga 6 (enam) bulan sejak pertama kali kamu aktivasi layanan.

Bersama FWD Insurance, kamu berkesempatan untuk mendapatkan pendampingan khusus yang terpercaya dari para ahli. Adanya layanan FWD Care Recovery Plan pastinya akan mempercepat proses pemulihanmu dan keluarga dari rasa sedih karena ditinggal orang tersayang. Nah, jika kamu ingin mengetahui detail FWD Care Recovery Plan, silahkan mengakses laman website fwd.co.id/fwdcare atau bisa juga dengan menghubungi FWD Customer Care di 1500 525 #FWDPressPlay