Buka puasa bareng bestie, pastinya udah biasa dong ya. Tapi gimana kalau di bulan Ramadhan ini, buka puasanya diniatkan untuk bersilaturahmi sekalian berbagi kebaikan. Pastinya jadi makin luar biasa dong ya, mengingat setiap amal kebaikan yang dilakukan di bulan Ramadhan, insya Allah akan dilipatgandakan pahalanya. 

Seperti halnya yang dilakukan Digitalic yang antusias dalam menggelar acara Buka Puasa Bersama dan Santunan di TPQ Waladush Shalih Bandung pada hari Jum’at (22/03/2024) demi menyebarkan kebaikan dan keberkahan untuk masyarakat di bulan suci. 

Adanya moment ini juga menjadi penanda terpilihnya Bandung untuk pertama kalinya, sebagai lokasi berbagi kebaikan di bulan Ramadhan tahun ini, setelah sebelumnya Digitalic juga pernah menyelenggarakan aktivitas serupa di Depok pada tahun 2023 silam.

Menariknya, tahun ini acara buka puasa bersama dan santunan yang diusung Digitalic mengusung tema “Cahaya Ramadan Melukis Asa” dengan tagline “Lukiskan Kebaikan, Sebarkan Inspirasi di bulan Ramadan, yang melibatkan kurang lebih 60 adik-adik dari TPQ Waladush Shalih. Selain itu, dalam acara ini juga turut mengundang kak Diniyah Nurmala (@diniyaan) seorang influencer sekaligus artist sebagai bintang tamu. 

Bersyukur, saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara tersebut dan merasakan langsung keseruan bersama adik-adik TPQ Waladush Shalih. Acara yang dimulai pada pkl 15.30 WIB ini diawali dengan sangat khidmat melalui pembacaan ayat suci al-qur’an dari ketiga adik-adik santri TPQ Waladush Shalih. Selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Robit Mikrojul Huda selaku founder Digitalic dan juga bu Pipih selaku ketua TPQ Waladush Shalih.

Sebenarnya tak banyak yang dikatakan pada saat sesi sambutan, intinya adalah harapan dari masing-masing perwakilan agar acara seperti ini bisa menjadi jalan kebaikan bagi kita semua. Tapi untuk lebih lengkapnya, mari berkenalan sedikit dengan Digitalic dan TPQ Waladush Shalih. 

Kenalan dengan Digitalic

Di kalangan blogger, tentu Digitalic ga asing di telinga, karena memang keempat founder dari Digitalic sendiri sama-sama berprofesi sebagai blogger. Hingga akhirnya keempat sekawan tersebut di tahun 2018 memutuskan untuk mendirikan sebuah digital komunikasi agensi yang diberinama Digitalic. 

Dilansir dari laman website officialnya digitalic sih, service yang ditawarkan berfokus pada SEO namun kalau melihat instagramnya @digitalic.id kita akan mendapatkan informasi bahwa Digitalic tidak hanya berfokus pada SEO, tapi juga pada layanan digital marketing lainnya seperti social media agency, content marketing, backlink media, press release dsb. 

Mengenal TPQ Waladush Shalih

Setelah membahas tentang Digitalic, kayaknya ga akan afdhol juga ya kalau ga berkenalan dengan TPQ Waladush Shalih. Hehehe jadi TPQ Waladush Shalih merupakan sebuah Taman Pendidikan Al-Qur’an yang didirikan sejak 2016 karena kepedulian para ibu akan pentingnya meningkatkan minat membaca Al-qur’an sejak dini. 

Meskipun didirikan tanpa dukungan donatur dan hanya mengandalkan infaq seadanya, nyatanya TPQ Waladush Shalih bisa bertahan hingga saat ini berkat dukungan para pembimbing yang tak kenal lelah dalam menyebarkan ilmu sebagai amal jariyah kelak di akhirat. Dan yang terpenting, siapapun yang ingin mendaftarkan anaknya di TPQ Waladush Shalih tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias GRATIS. Komitmen ini dilakukan sebagai wujud dari kepedulian TPQ Waladush Shalih dalam membina adik-adik santri tanpa memandang status sosialnya. 

Nah, kembali lagi pada acara moment buka puasa bersama dan santunan yang digagas Digitalic. Setelah agenda sambutan, selanjutnya adalah moment yang rasanya benar-benar ditunggu oleh adik-adik santri TPQ Waladush Shalih yaitu lomba mewarnai yang didampingi oleh kak Diniyah Nurmala, dan tidak hanya sekedar diminta mewarnai saja, adik-adik santri TPQ Waladush Shalih juga diajarkan teknik bagaimana mewarnai yang menarik dengan teknik gradasi. Tentunya, ini menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan khususnya bagi adik-adik santri TPQ Waladush Shalih.

Kenyang dengan aktivitas mewarnai, tak tanggung-tanggung diadakan pula aktivitas yang semakin menggugah semangat adik-adik TPQ Waladush Shalih yaitu acara bagi-bagi doorprize dan hadiah dari games tanya jawab. Saya yang saat itu berada disana, juga jadi ikut antusias hehehe

Keseruan yang digelar selama 3 jam tersebut kemudian diakhiri dengan kultum, pengumuman pemenang lomba mewarnai dan pembagian santunan lengkap dengan bingkisan yang bisa dibawa pulang oleh adik-adik TPQ Waladush Shalih. Nampak jelas pada raut wajah adik-adik santri TPQ Waladush Shalih akan kebahagiaan yang terpancar saat itu. Bahkan salah satu pembimbing dari TPQ Waladush Shalih juga sempat menuturkan bahwa ini kali pertama acara seperti ini diadakan. 

Besar harapan semoga acara bermanfaat seperti ini, tidak terputus di tahun ini, tapi juga akan kembali diselenggarakan di tahun-tahun berikutnya, agar semakin banyak kebaikan yang tersalurkan. Intinya sukses selalu buat Digitalic dan TPQ Waladush Shalih dalam mengemban amanahnya.