Loading...

3 Hal Sederhana yang Bikin Kamu Indonesia Banget

3 Hal Sederhana yang Bikin Kamu Indonesia Banget – Pada hari Sabtu, 20 Mei 2017. Saya berkesempatan untuk menghadiri acara gathering di hotel Novotel Bandung. Gathering kali ini berhasil mempersatukan kedua belah pihak yakni netizen dan MPR RI. Bagi Saya, ini adalah pengalaman yang luar biasa. Betapa tidak, Saya bisa bertatap muka secara langsung dengan orang – orang yang berada dibalik parlemen MPR. Rasanya begitu dekatnya Saya dengan orang – orang yang duduk di kursi pemerintahan.

Gathering kali ini mengemukakan topik bertemakan 4 pilar MPR RI. 4 pilar tersebut adalah NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945. Tentu ke empat pilar tersebut bukanlah hal yang asing di telinga kita semua. 4 pilar itulah yang membuat keberadaan Indonesia bisa hadir di mata dunia sebagai bangsa yang merdeka.

Sedikit menjelajahi masa lalu, kita sama – sama tahu bahwa Indonesia lahir dari tangan para pahlawan yang tak gentar menghadapi para penjajah. Lebih jauh dari itu, kita juga sama – sama tak bisa memungkiri bahwa Indonesia adalah negara yang lengkap dengan segala keberagamannya. Termasuk para pahlawan di dalamnya. Dari berbagai suku, bangsa dan agama. Bersatu menjadi satu untuk melawan para penjajah kala itu.

Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan apakah kebaikan yang dilakukan oleh pahlawan yang gugur di masa lalu dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. Seberapa Indonesia kah kita? Mengingat pada hari ini Indonesia banyak dihadapkan dengan berbagai situasi yang tidak jarang memicu perselisihan satu sama lain.

Miris, betapa banyaknya hal – hal yang tidak sesuai dengan 4 pilar MPR RI. Tapi pada realitanya terjadi secara nyata disini. Di Indonesia, negeri kebanggaan kita sendiri. Padahal untuk mewujudkan kedamaian. Hal – hal kecil yang sesuai dengan 4 pilar MPR bisa dimulai hari ini. Berikut ini Hal Sederhana yang Bikin Kamu Indonesia Banget

1. Berhenti menciptakan berita hoax di sosial media

Hidup di generasi milenial memang memungkinkan kita menjadi lebih dekat dengan sosial media dan internet. Beragam hal memang bisa kita lakukan di internet maupun sosial media. Namun, selamanya hal itu adalah pilihan hidup kita. Apakah ingin menebar kebencian atau justru sebaliknya.

Karena bila kamu berhenti menciptakan berita hoax di sosial media, kamu telah menciptakan suatu kedamaian yang tak ternilai. Di dalam pancasila sila kedua disebutkan bahwa: “Kemanusiaan yang adil dan beradab” maka, untuk menjadi adil dan beradab. Kita perlu menjadi bangsa yang berhenti menebar kebencian

2. Jangan sembarang share berita di sosial media

Mungkin bukan kamu yang menciptakan berita tersebut namun bila ternyata apa yang kamu tebar adalah sesuatu yang buruk. Maka kamu adalah satu dari sekian agen keburukan yang pernah ada di muka bumi. Apapun yang kamu dapatkan tidak serta merta harus kamu telan bulat – bulat. Kamu perlu memfilter apa yang pantas untuk disebar dan lakukan cek ricek terhadap berita apapun yang kamu terima. Temukan kebenaran berita yang kamu dapatkan.

3. Berhenti membully dan melakukan pembunuhan karakter terhadap orang lain

Terkadang saking asyiknya menjelajahi internet dan sosial media. Ada hal – hal yang mungkin saja kita lupakan yakni etika bersosial media. Dalam etika sosial media, kita harus belajar untuk menyampaikan kritik yang membangun dengan santun.

Saya benar – benar merasa miris tatkala melihat seseorang yang berkarya namun dibully habis – habisan. Adapun kalau dirasa karya tersebut belum mendekati sempurna. Ada baiknya disampaikan saran terbaik apa yang perlu dilakukan. Jangan sampai dibully abis – abisan yang membuat seseorang itu jadi menyerah untuk berkarya.

Baca: Alasan Mengapa Internet Marketing Indonesia Mendatangkan Banyak Hal Positif

Demikian Hal Sederhana yang Bikin Kamu Indonesia Banget. Dari gathering bersama MPR RI Saya banyak mendapatkan insight yang sangat bermakna. Terlebih lagi, gathering kali ini mengadakan sesi diskusi yang memungkinkan berbagai pihak untuk menyampaikan ide maupun aspirasinya secara terbuka dan menyenangkan.

Dihadiri langsung oleh Sekjen MPR yang turut membacakan puisi beserta aspirasinya di acara ini. Acara ini benar – benar tidak membosankan dan memberikan banyak terobosan baru. Salut banget dengan acara seperti ini. 🙂 Semoga acara seperti ini bisa semakin meningkatkan kebersamaan sekaligus mewujudkan persatuan Indonesia.

You might also like

Comments (6)

  • ulu 4 months ago Reply

    No 2 & 3 sekarang banyak pelakunya. Ya share yg hoax ya yg komen ngebully pula. Males heuheuheu. Harusnya ada lebih banyak berita bagus & damai yg dishare/ditulis. Bacanya adem, gak ribut pula heuheuheu

    widyaherma 4 months ago Reply

    Iya Teh. Sekarang ini timbul perpecahan karena berita hoax

  • Ratri Adityarani 4 months ago Reply

    keren bangeet tulisannya neng 😀 emang kadang kita udah berhati2 untuk nggak menyebar hoax dan berita2 negatif, tapi masih ada aja yg suka membully dan melakukan pembunuhan karakter. miris ya. semoga kita terhindar dari hal2 kaya gitu

    widyaherma 4 months ago Reply

    Makasih Teh Ratri. Iya teh. Semoga kita bisa terhindar dari hal – hal semacam itu 🙂

  • Efi Fitriyyah 4 months ago Reply

    Hoax, asal share dan bullying di medsos, itu lagi wabah, Wid. Ngeri kalau merhatiinnya.

    widyaherma 4 months ago Reply

    Iya, kadang itu yang bikin males buka sosmed teh hehehe

Leave a Reply