Loading...

Variasi Oleh-Oleh Khas Belitung yang Wajib Dibawa Pulang

Variasi Oleh-Oleh Khas Belitung yang Wajib Dibawa Pulang – Popularitas Belitung kian meroket sejak film Laskar Pelangi booming di tahun 2008. Ternyata Belitung punya keindahan alam dan objek wisata yang tak kalah menarik dengan daerah lain di tanah air. Jadi, tak ada salahnya bila kita memasukkan belitung ke dalam daftar destinasi liburan kita selanjutnya.

Pergi ke Belitung rasanya belum lengkap jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas Belitung . Yuk siapkan budget dan dapatkan beberapa oleh-oleh menarik khas Belitung ini :

Belacan Belitung

Daerah yang dikelilingi lautan membuat Belitung memiliki hasil laut melimpah. Jadi, tidak mengherankan bila belacan atau terasi Belitung sangat terkenal. Cita rasanya istimewa karena terbuat dari udang segar. Selain bisa mendapatkan belacan di toko oleh-oleh, kita pun bisa mendapatkan bahan pelengkap sambal ini di pasar Tanjung Bandan.

Sirup Jeruk Kunci

Jeruk kunci adalah jenis buah khas Belitung yang jarang ditemui di kota-kota lainnya. Sirup jeruk kunci yang bercita rasa asam segar menjadi salah satu olahan jeruk kunci yang sangat diminati wisatawan. Kita bisa membawa pulang Oleh-Oleh Khas Belitung ini dalam kemasan botol plastik yang praktis dan tak mudah tumpah. Pasti rasanya segar sekali menikmati segelas sirup jeruk kunci dengan tambahan es batu saat cuaca panas.

Sambal Lingkung

Masyarakat Belitung terbiasa menyebut abon ikan dengan nama sambal lingkung. Sambal lingkung khas Belitung terbuat dari ikan tenggiri, cabai, dan kelapa. Rasanya yang gurih dan pedas memang membuat sambal lingkung cocok menjadi lauk pelengkap nasi. Kita bisa mendapatkan sambal lingkung di sekitar Manggar dan Tanjung Bandan.

Baca: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi Untuk Berakhir Pekan Bersama Keluarga

Aneka Kerupuk Khas Belitung

Belum ke Belitung namanya jika kita belum membawa oleh-oleh berupa aneka kerupuk. Bahan dasar ikan segar dalam jumlah banyak membuat kerupuk yang merupakan Oleh-Oleh Khas Belitung yang satu ini terasa sangat gurih. Kerupuk khas Belitung yang dibuat dengan cara dipanggang dikenal dengan sebutan kemplang. Menyantap kemplang terasa kian nikmat jika dilengkapi sambal terasi berwarna cokelat pekat.

Siap meluncur ke Belitung dalam waktu dekat?

Jangan lupa mengurus asuransi perjalanan untuk melindungi diri kita dan barang bawaan saat berlibur ke Belitung. Melalui situs pembanding asuransi perjalanan yang terpercaya, kita akan mendapatkan informasi tentang asuransi perjalanan secara lengkap. Pastikan bahwa perjalanan ke Belitung semakin aman dan menyenangkan bersama asuransi perjalanan andalan kita.

You might also like

1 Comment

  • karoseri 6 months ago Reply

    paling khas sambel lingkung nih kyknya baru disana doang adanya

Leave a Reply