Tips Mencegah Hepatitis A Dari IPB

Hepatitis A adalah penyakit yang menyerang organ hati manusia. Penyakit ini termasuk penyakit berbahaya apabila tidak ditangani dengan baik. Beberapa waktu yang lalu penyakit ini menyerang sejumlah mahasiswa kampus IPB (Institut Pertanian Bogor).
Bahkan jumlah mahasiswa yang terserang penyakit ini cukup banyak sehingga pihak kampus sampai menetapkan wabah penyakit ini dalam kejadian luar biasa (KLB). Karena kejadian ini sedang mewabah, kampus ini sampai menyerukan cara pencegahan penyakit hepatitis A ini.
Tips Mencegah Hepatitis A Dari IPB
Source : Google.com
Disinyalir para mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang terjangkit penyakit hepatitis ini diakibatkan kurang menjaga kebersihan. Terutama saat mengkonsumsi makanan yang disantap setiap harinya. Rata-rata mahasiswa yang terjangkit penyakit ini mengalami beberapa gejala. Pertama sering merasakan mual, demam diare dan demam. Akan tetapi pertanda yang paling mencolok adalah perubahan warna kulit yang sedikit menguning.
Beberapa pencegahan penyakit hepatitis A yang bisa Anda terapkan di rumah antara lain:
• Cucilah tangan sebelum Anda makan dan minum. Pastikan mencuci dengan sabun pencuci tangan anti bakteri. Ini dimaksudkan agar kuman dan virus pada kulit mati. Karena penyebab hepatitis A berasal dari kuman dan virus tersebut.
• Jangan mengkonsumsi makanan setengah matang karena hal ini justru memicu perkembangan virus hepatitis. Konsumsilah makanan yang sudah benar-benar matang.
• Hindari makan di luar rumah. Akan tetapi jika memang terpaksa harus makan diluar rumah, pastikan peralatan makan yang digunakan telah dicuci hingga bersih.
• Hindari bertukar peralatan makan dengan penderita hepatitis. Karena virus ini bisa menyebar melalui keringat dan air ludah.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dirumah agar terhindar dari penyakit hepatitis A.
Semoga dengan adanya tips pencegahan ini Anda bisa terhindar dari penyakit hepatitis A. Diharapkan juga wabah penyakit ini tidak lagi menyerang mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) dan membuat aktivitas belajar mereka menjadi sedikit terganggu.
Adanya kejadian seperti ini juga bisa mengingatkan mahasiswa untuk menjaga kebersihan dan memiliki gaya hidup yang sehat. Demikianlah tips ini dan semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close