Belajar jadi Barista Handal di Kopi Dewa Bandung – Sebagai penikmat kopi, tentunya saya seringkali berdecak kagum sama akang-akang barista ganteng yang sedang meracik kopi untuk konsumennya. Dalam hati, saya bertanya-tanya “akang barista nya belajar jadi barista dimana ya?”

Awalnya, saya pikir untuk menjadi barista itu harus keluar biaya mahal, harus punya alat ini itu dan sebagainya. Ternyata, bisa banget lho belajar jadi barista handal di Kopi Dewa yang berlokasi di Komplek Bahagia Permai, Jln. Bahagia Permai Raya no 2, Margasari Kec. Buah Batu, Bandung.

 

Kursus Barista
Biji kopi yang bisa dipilih di Kopi Dewa, btw saya pilih Grape Candy

 

Saat berkunjung ke Kopi Dewa, saya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan owner Kopi Dewa yaitu Kang Restu Dewa. Nah, jadi memang Kopi Dewa ini bukan sekedar tempat ngopi di Bandung, tapi juga sebagai minilab, dimana setiap orang bisa bereksperimen dan merasakan sensasi meracik kopi buatannya sendiri.

 

Kursus Barista Bandung

 

Karena jam buka Kopi Dewa ini berada di hari Selasa-Minggu Pkl 14.00 – 21.00 WIB. Maka, saya dan suami yang memang sama-sama pecinta ngopi, berkunjung di Pkl. 17.30 WIB. Kalau Senin, Kopi Dewa meliburkan diri hehehe

 

 

Tempat Belajar Menjadi Barista
Slurrrp… nama teknik dalam mencici kopi hehehe

 

Dalam meminum kopi, ada teknik khususnya lho, nama tekniknya adalah slurp.. iya, teknik nyuruput dengan mendekatkan permukaan bibir pada sendok, lalu menyedotnya dengan cepat sehingga tercipta suara slurp… hehehe dan sampe sekarang saya belum bisa sih hehehe kata kang Restu Dewa selaku Owner Kopi Dewa, “Teknik slurp, membuat kita bisa lebih merasakan taste kopi itu sendiri.”

Selain mengetahui teknik khusus dalam menikmati kopi, saya pun ditantang untuk nyobain tantangan Seduh Goceng di Kopi Dewa. Tantangan macam apa itu? Jadi, saya ditantang untuk meracik kopi saya sendiri. Langkah pertama yang harus dilakukan, saya memilih biji kopi yang saya inginkan, dari sekian biji kopi yang berjajar, pilihan saya jatuh pada Grape Candy.

Why Grape Candy? Karena rasanya memberikan aroma kesegaran tersendiri hehehe bagi saya yang memang suka dengan buah anggur, saya juga mau coba dong sensasi anggur dalam bentuk seduhan kopi hehehehe dan untungnya, pas belajar meracik kopi sendiri, saya dipandu oleh kang Restu. Maklum, saya memang newbie untuk urusan meracik kopi.

Tahapan Manual Brewing

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui untuk melakukan manual brewing. Tenang aja, ga susah sama sekali. Saya justru sangat menikmati prosesnya.

 

Belajar Menjadi Barista di Bandung

 

Pertama, saya harus menimbang terlebih dahulu jumlah biji kopinya, menggunakan alat penimbang digital. Btw saya menimbang biji kopi dengan takaran 15 gram. Barulah saya memasuki tahap yang kedua, yaitu proses menghaluskan biji kopi yang telah ditimbang sebelumnya menggunakan alat penggiling kopi atau bisa juga disebut mesin grinder.

 

Biaya Kursus Barista

 

Saat proses grinder kopi, saya memilih penghalusan tingkat 5 atau medium. Sehingga bubuk kopi yang dihasilkan tidak terlalu halus, tapi juga tidak kasar.

Tahapan ketiga, menyaring bubuk kopi menggunakan kertas saring kopi. Ajaibnya, setelah di grinder, hasil kopinya tidak sama seperti saat kopi masih berbentuk biji Setelah di grinder, jadi lebih berat.

 

Biaya Kursus Barista Bandung

 

Nah, yang paling mendebarkan ini adalah proses pengadukan (agitasi) dengan memasukan air ke bubuk kopi yang sudah disiapkan di atas kertas saring kopi. Deg-degan aja gitu rasanya, karena bentar lagi kopi buatan sendiri bakalan segera rilis wkwkkw

Akhirnya jadi deh, kopi buatan sendiri. Rasanya not bad lah ya wkwkkw walaupun memang belum pro. Tapi senengnya luar biasa…. Ditambah lagi, ini bakalan jadi pengalaman yang mengesankan seumur hidup hehehe setelah kopi buatanku jadi, saya juga sempat meminta testimony dari akang-akang di Kopi Dewa, Alhamdulillah mereka mengapresiasi saya dengan baik.

 

Kursus Barista Bandung Murah

 

Dari segi rasa, kopi buatan saya rasa asemnya dapet, asem-asem khas anggur, bukan asem kecut. Semakin dingin kopinya, justru rasa asemnya semakin keluar. Hehehe

Baca: Solusi Sakit Maag Paling Ampuh Untuk Barista dan Pecinta Kopi

Enaknya ikutan Seduh Goceng di Kopi Dewa ini bisa ngerasain rasanya bikin kopi sendiri dari biji kopi yang kita pilih, bisa cupping bersama-sama buat tahu kurang dan lebihnya lalu saya juga bisa lebih bertanggungjawab abis ngopi untuk membereskan dan membersihkannya.

 

Basic Menjadi Seorang Barista
Lagi membersihkan gelas usai ngopi hehehe

 

Jadi bagi temen-temen yang mau ngopi sekaligus bereksperimen dengan kopi. Ga ada salahnya buat dateng ke Kopi Dewa. Ada banyak hal seru menantimu disana, bahkan saya sendiri yang udah pernah kesana, rasanya belum puas kalau Cuma sekali. Ingin kesana lagi dan coba bereksperimen lagi dengan biji kopi yang berbeda.