Perilaku yang Mencerminkan 4 Pilar MPR RI dalam Kehidupan Sehari-hari – Sudah menjadi konsekuensi sebagai seorang warga negara, yakni mendapatkan haknya, serta melakukan kewajibannya. Teruntuk warga Indonesia sendiri khususnya, terdapat 4 pilar MPR RI (Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia) yang wajib diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengingat bahwa generasi milenial akan menjadi generasi penerus  bangsa selanjutnya, tentunya kita semua perlu mengetahui apa saja maksud dari 4 Pilar MPR RI itu sendiri, jangan sampai kita sebagai warga negara, tidak mengetahuinya. Karena adanya Pilar MPR RI, Indonesia menjadi negara yang satu kesatuan. Lalu apa saja 4 pilar MPR RI, diantaranya:

 

  • Pancasila

Yang mana Pancasila adalah ideologi serta dasar negara utama bagi bangsa Indonesia. Jika kita membaca ke lima sila dari Pancasila, dapat disimpulkan bahwa Pancasila merupakan landasan perilaku rakyat Indonesia.

  • UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945

Disini undang-undang menjadi sumber hukum tertinggi bagi bangsa Indonesia, segala jenis system di negara ini tentunya tidak terlepas dari UUD Negara Republik Indonesia 1945

  • NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)

Merupakan pilar dari kesatuan republik Indonesia yang memiliki visi misi untuk hidup bernegara sebagai bangsa Indonesia

 

  • Bhinneka Tunggal Ika

Semboyan dengan makna “berbeda-beda namun tatap satu jua” yang menjadi pegangan teguh bagi bangsa Indonesia agar tetap Bersatu sebagai bangsa yang utuh, yakni bangsa Indonesia.

Lalu tindakan apa saja yang mencerminkan 4 pilar MPR RI dalam Kehidupan Sehari-hari?

Ada berbagai macam Tindakan atau perilaku yang mencerminkan teraplikasinya 4 pilar MPR RI dalam kehidupan sehari-hari, misalnya:

  • Menjungjung tinggi nilai toleransi antar umat beragama
  • Tidak rasis dan membeda-bedakan seseorang hanya karena berbeda mengenai SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan)
  • Menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana
  • Senantiasa bertenggang rasa satu sama lain
  • Menghormati setiap keputusan yang diambil seseorang dalam hidupnya termasuk, mau menikah atau tidak, mau punya berapa anak, pilih ASI atau sufor untuk anaknya dsb
  • Memberi dukungan dengan membeli dagangan dari teman yang jualan, tanpa nawar tanpa minta tester
  • Mengedepankan kejujuran sebagaimana yang tercantum dalam sila ke dua, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab, ya, kejujuran adalah cerminan adab yang sudah seharusnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadiri event Warganet Bandung Ngobrol bareng MPR RI

Dan masih banyak hal baik lainnya yang merupakan bagian dari 4 pilar MPR RI. Bicara tentang 4 pilar MPR RI, saya juga ingin bercerita mengenai pengalaman saya mengikuti acara Warganet Bandung Ngobrol bareng MPR RI yang diadakan pada 25 November 2020 di Trans Luxury Hotel Bandung.

Bersyukur saya bisa bertemu langsung dengan narasumber yakni ibu Siti Fauziah selaku kepala biro hubungan masyarakat dan system informasi MPR RI dan bapak Budi Mulyawan sebagai kepala bagian pemberitaan dan hubungan Lembaga MPR RI. Selain itu, Adapun kang Ali Muakhir selaku perwakilan dari Blogger Bandung.

Acara ngobrol kali ini berlangsung secara menyenangkan namun tetap menyuguhkan kesan santai, ada begitu banyak materi yang disampaikan. Nah, pada kesempatan tersebut, ibu Siti Fauziah dan bapak Budi Mulyawan juga menyampaikan harapan besarnya agar pilar MPR RI bisa tersosialisasi dengan baik.

 

Isi 4 pilar MPR RI

 

Di tengah acara ngobrol-ngobrol tersebut, terjadi diskusi hangat terkait apa saja yang harus dilakukan agar dalam proses sosialisasinya, pesan dari pilar MPR RI ini tersampaikan dengan baik. Mengingat di zaman sekarang sudah go digital, tentunya sosial  media menjadi media yang tepat untuk mensosialisasikan pilar MPR RI.

Baca: Serunya Gathering Netizen MPR dan Blogger BDG di Hotel Aston Tropicana Bandung

Selain membicarakan  mengenai wadah sosialisasi yang tepat, tentu dibahas pula mengenai konten seperti apa yang bisa menarik minat para generasi muda khususnya, dari diskusi tersebut beberapa blogger bandung ada yang menyampaikan aspirasinya secara langsung, seperti dengan membuat konten di channel youtube yang sifatnya story telling seperti film pendek, juga bisa dengan merambah ke tiktok, dimana jingle pilar MPR RI ini dibuat challenge dan masih banyak lagi ide segar lainnya.

 

Ngobrol Bareng MPR RI Bandung

 

Saya sangat bersyukur dengan event yang saya hadiri ini, karena saya bisa lebih dekat dengan orang-orang yang menjalankan kepemimpinan di negeri ini. Semoga event ngobrol bareng MPR RI ini bisa diadakan Kembali di lain waktu.