Tips Traveling ke Luar Negeri dengan Budget Terbatas – Berlibur ke luar negeri yang belum dikunjungi sebelumnya, tampaknya merupakan cara tepat untuk menghilangkan rasa penat di pikiran. Tidak perlu khawatir agenda traveling ini akan menguras tabungan seketika.

Ingin berlibur dengan hemat namun tetap menyenangkan? Silahkan simak tips traveling ke luar negeri berikut.

1. Menentukan Waktu Berlibur

Menentukan waktu berlibur adalah hal utama yang perlu dilakukan sebelum melakukan traveling keliling dunia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dan waktu berlibur nasional.

traveling hemat ke luar negeri

Ketika berlibur pada waktu high season, umumnya pihak pengelola akan memberikan tarif lebih mahal dibandingkan pada hari biasa. Bahkan para wisatawan harus berlomba lomba memesan tiket dan penginapan dengan wisatawan dari berbagai negara.

Dengan kata lain, para wisatawan diminta untuk memesan segala kebutuhannya sejak jauh hari sebelum kehabisan. Anda juga perlu memperhitungkan kepadatan destinasi wisata ketika berkunjung di musim liburan panjang.  

2.  Membatasi Pengeluaran untuk Oleh Oleh

Berkunjung ke negara lain tentu kurang lengkap jika tidak belum membeli oleh oleh sebagai kenang kenangan. Namun pastikan bisa menahan diri untuk tidak membeli oleh oleh dalam jumlah besar. Tentu saja Anda tidak ingin kehabisan dana di tengah perjalanan karena terlalu asyik membeli oleh oleh bukan?

traveling murah luar negeri

3. Membawa Barang Seperlunya

Menikmati agenda berlibur ke luar negeri memanglah menyenangkan. Namun pastikan hanya membawa barang seperlunya dan tinggalkan peralatan lainnya.

Membawa barang terlalu banyak hanya akan menghambat pergerakan Anda ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Inilah alasan mengapa wisatawan hanya membawa 1 koper dengan tas jinjing saja.

tips traveling hemat ke luar negeri

Jika memaksa membawa barang terlalu banyak, kemungkinan tubuh akan merasa lelah sebelum sampai di lokasi wisata yang hendak dikunjungi.

Dalam kondisi tersebut, otomatis agenda berlibur tidak lagi menyenangkan seperti yang dibayangkan. Oleh sebab itu, mulailah memilah dan memilih barang yang memang dibutuhkan selama berlibur.

4. Berburu Promo dan Diskon

Berlibur ke luar negeri tentunya membutuhkan anggaran jauh lebih tinggi dibandingkan hanya berlibur ke kota atau pulau berbeda.

Hal ini disebabkan karena adanya beberapa anggaran tambahan yang harus diperhatikan selama berlibur kesana seperti biaya transportasi umum, biaya kebutuhan harian, hingga biaya penginapan selama beberapa hari.

tips traveling murah ke luar negeri

Oleh sebab itu, berburu promo dan diskon besar besaran masuk dalam daftar tips traveling ke luar negeri tanpa menguras isi dompet. Strategi ini membantu Anda mewujudkan agenda berlibur tanpa terhalang budget terbatas. Apabila tertarik mendapatkan diskon cukup besar, tampaknya Anda harus rajin mengecek penawaran spesial.

5. Memilih Negara Bebas Visa

Sebelum menentukan tempat berlibur, sebaiknya pastikan untuk mencari informasi terkait kebutuhan pembuatan visa. Sebab ada beberapa negara yang bisa dikunjungi tanpa visa, namun ada pula yang harus memilikinya terlebih dahulu.

Sayangnya proses pembuatan visa sendiri memakan waktu yang cukup lama, sehingga banyak masyarakat berusaha menghindarinya.

liburan murah ke luar negeri

Selain memakan waktu, masyarakat juga diminta melengkapi sejumlah dokumen sesuai persyaratan dan membayarkan sejumlah dana untuk membuatnya.

Oleh sebab itu, berlibur ke berbagai negara tanpa visa termasuk salah satu tips traveling ke luar negeri tanpa menguras isi dompet.

Baca: Mau ke Luar Negeri? Pake Sim Card Internasional dari Passpod Aja!

Itulah beberapa tips yang perlu diterapkan agar agenda berlibur ke luar negeri tidak membuat pembengkakan pengeluaran namun tetap menyenangkan.

Agar acara berlibur semakin menyenangkan dan terasa lebih hemat, tidak ada salahnya mencoba liburan secara berkelompok entah bersama dengan sahabat atau keluarga tercinta.

Selain itu pastikan Anda juga memiliki asuransi perjalanan untuk memberikan proteksi tambahan dari berbagai kemungkinan yang terjadi. Seperti misalnya keterlambatan penerbangan, kehilangan barang dan lainnya. Selamat berlibur!