Cara Menjadi Wanita Mandiri Secara Finansial Layaknya Kartini Masa Kini – Di bangku Sekolah Dasar (SD) dulu, guru saya tak henti-hentinya selalu membagikan cerita mengenai semangat perjuangan ibu Kartini setiap tahunnya. Yap, setiap kali tanggal menunjukan 21 April, guru saya selalu excited untuk menceritakan perjuangan ibu Kartini kepada para muridnya, termasuk saya.

Mendengarnya, sungguh saya tak pernah merasa bosan. Karena apa yang guru saya ceritakan membuat saya termotivasi untuk menjadi kartini masa kini, yaitu dengan cara menjadi wanita yang mandiri secara finansial. Kemandirian secara finansial yang saya maksud adalah dimana seorang wanita mampu menghasilkan uang serta mengelola keuangannya sendiri, dengan begitu ia memiliki power atau kekuatan dalam mengambil keputusan.

Apalagi bagi wanita yang sudah menikah, mandiri secara finansial ini sangat penting dan akan sangat membantu di dalam pernikahan. Itu berarti penghasilannya bisa dijadikan layaknya ‘sekoci cadangan’ yang jadi andalan saat keluarga membutuhkan bantuan. Karena kan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Dan ketika hal tak diinginkan terjadi, setidaknya kita bisa membantu meringankan beban finansial suami.

Kalau soal mandiri secara finansial, pastinya tidak lepas juga dari bagaimana cara kita mengatur uang yang dimiliki. Memang bener kok, mengatur keuangan itu tidak semudah teorinya. Faktanya, dalam mengatur keuangan itu dibutuhkan kemampuan negosiasi dan tingkat tinggi. Khususnya bagi pasutri yang sama-sama bekerja, tanpa disadari double income juga bisa saja mengundang double trouble ke dalam rumah tangga.

Cara Menjadi Wanita Mandiri Masa Kini

Itulah mengapa dalam pernikahan, tidak ada yang namanya kompetisi penghasilan, tapi bagaimana keduanya bisa sama-sama meraih tujuan bersama dan saling berpangku tangan dalam mewujudkan impian bersama di dalam pernikahan.

Nah, ada beberapa Cara Menjadi Wanita Mandiri Secara Finansial Layaknya Kartini Masa Kini yang perlu dipahami oleh wanita yang sudah menikah, khususnya…

  • Usahakan untuk Berpenghasilan

Wanita yang mandiri secara finansial tentunya harus berpenghasilan agar penghasilannya dapat memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendadak, atau bisa menjadi andalan saat terjadi risiko finansial yang tak diinginkan. Ditambah lagi, penghasilan istri juga bisa buat nambah-nambah penghasilan suami yang mungkin dirasa kurang.

  • Memiliki tabungan sendiri

Menjadi manager keuangan di dinasti rumah tangga tentunya menjadikan seorang wanita harus pintar mengelola keuangan, baik keuangan yang berasal dari suami, maupun keuangan yang berasal dari penghasilan diri sendiri. Nah, itulah mengapa wajib bagi wanita untuk memiliki tabungan sendiri, yang mana tabungan tersebut bisa berfungsi sebagai dana darurat untuk mengantisipasi keperluan mendadak dalam jangka pendek. Pastikan tempat kamu menabung adalah tempat yang memudahkan kamu untuk melakukan pencairan uang ya.

  • Memiliki asuransi untuk proteksi diri

Untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial, tentunya membutuhkan perlindungan dan proteksi diri dengan asuransi. Mengingat adanya asuransi menjadi salah satu cara agar pos-pos keuangan yang sudah terkelola baik setiap bulannya, tidak terganggu karena bisa di cover oleh asuransi. Misalnya dengan menggunakan asuransi Kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dsb

Untungnya, apapun kebutuhan produk asuransi yang kamu butuhkan, bisa kamu beli di FWD Insurance, salah satu produk terbaiknya adalah asuransi bebas handal yang dengan mudah bisa kamu beli secara online via fwd.co.id

Nah, asuransi bebas handal ini punya segudang manfaat rawat inap yang didalamnya termasuk biaya kamar, biaya dokter, obat-obatan, perawatan setelah rawat inap dan biaya tindakan bedah, dengan pilihan kontribusi mulai dari Rp75 ribu dan pilihan manfaat tahunan hingga Rp100 juta.

Selain itu, di masa pandemic seperti ini, produk asuransi syariah ini juga memiliki Manfaat Khusus Covid-19 tanpa tambahan biaya untuk seluruh nasabah aktif ataupun yang baru bergabung selama periode 1 – 30 April 2021 agar mendapatkan Manfaat Khusus Isolasi Mandiri (Isoman) serta perlindungan termasuk pengobatan selama masa isolasi mandiri.

Dan untuk mendapatkan informasi detail terkait asuransi apa saja yang ditawarkan FWD, bisa langsung mendownload aplikasi FWD Max lho, jangan lupa mantengin akun Instagram @fwd_id untuk mendapatkan informasi dan edukasi mengenai produk FWD

  • Mempersiapkan dana Pendidikan anak

Yang namanya Pendidikan anak, pastinya perlu direncanakan. Dan untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial, perlu mengalokasikan dana untuk Pendidikan anak.

  • Melek Investasi

Dana yang dimiliki tentunya tidak akan berkembang dengan sendirinya, untuk itu wanita yang ingin mandiri secara finansial perlu melek terhadap investasi, manfaatnya agar dana yang dikelola tidak tergerus inflasi.

Baca: Kiat Berani Berkreasi dan Gapai Mimpi ala Erix Endang Soekamti

  • Mempersiapkan dana pensiun

Yang tak kalah penting, wanita yang ingin mandiri secara finansial juga tidak selamanya berada di usia produktif, maka dari itu perlu adanya persiapan dana pensiun sejak dini. Jangan sampai nantinya anak menjadi korban dari sandwich generation.

Nah itulah beberapa Cara Menjadi Wanita Mandiri Secara Finansial Layaknya Kartini Masa Kini yang perlu kamu ketahui dan kamu aplikasikan. Pasalnya,tidak akan merugi kok bila kamu mandiri secara finansial, justru kamu akan lebih diuntungkan karena bisa memastikan apa yang kamu inginkan dalam hidup serta mengambil keputusan terbaik dalam hidupmu.