Tak pernah dibayangkan bahwa saat ini, di usia saya yang menginjak angka 27 tahun, saya bisa mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang ibu, peran yang mengubah banyak hal dalam hidup saya. Yang awalnya sebelum menikah, cenderung selektif sebelum membeli sesuatu, lalu ketika sudah menikah dan punya anak, malah jadi impulsif, segalanya benar-benar dilakukan demi anak.

Terkadang, impulsifnya seorang ibu terhadap anak, bisa benar-benar membiaskan antara keinginan dan kebutuhan. Apa-apa dibeli, sampai-sampai tidak sadar, apakah barang yang dibeli tersebut benar-benar dibutuhkan atau sebaliknya.

Dibalik itu semua, tak jarang bahwa sebenarnya ada beragam keresahan anak yang sebenarnya perlu ibu pahami. Salah satu contoh kasusnya, yang benar-benar terjadi dalam hidup saya sebagai seorang ibu adalah saat ada produk popok anak yang sedang didiskon harganya.

Yap, jadi yang namanya seorang ibu pasti pengen dong menghemat uang belanja, nah tanpa sadar saya pernah lho rela mengganti merk popok anak karena melihat produk popok lain yang sedang diskon. Ga nanggung-nanggung, saya belinya dalam jumlah yang cukup banyak, karena ceritanya  lagi aji mumpung gitu. Kapan lagi coba didiskon sampe segitunya? Pikirku dalam benak.

Tapi yang terjadi justru malah memicu masalah dan keresahan yang baru pada anak, karena setelah dipakai ternyata ga cocok, popoknya menggumpal gitu selama pemakaian. Sebagai orang tua yang belum aware saat itu, dikiranya yaaa memang popok seperti itu, kalau ga menggumpal tandanya ga bekerja dengan baik. Padahal big no banget lho buibu… alhasil kulit dzikra, anak saya dihinggapi oleh berbagai masalah baru.

Keresahan Si Kecil yang Perlu Ibu Pahami Akibat Popok Menggumpal

Drama popok menggumpal, memang jadi sesuatu yang menyita perhatian banget kala itu, dari sanalah saya belajar bahwa popok menggumpal bisa memicu berbagai masalah atau ‘keresahan’ pada anak, diantaranya:

  • Ruam popok

Ini udah pasti banget ya buibuuu, karena kalau popok menggumpal itu bikin kulit bayi jadi lebih lembab, alhasil jadi rentan banget terkena ruam popok. Dan bisa dibayangkan, kalau ruam popok itu bukan masalah tentang ga nyamannya aja, tapi juga peradangan yang ditimbulkannya, berupa kemerahan pada kulit. Kemudian untuk penyembuhannya pun tidak bisa instan. huhu

  • Kulit jadi lecet

Masalah lanjutan dari ruam popok juga bisa berefek pada kulit bayi yang lecet. Kasihan banget ya bun, kalau kulit si kecil harus mengalami lecet akibat popok menggumpal huhuhu

  • Kulit menjadi gatal

Tak jarang kalau popok menggumpal juga memberikan sensasi gatal pada kulit si kecil, yang mana ujung-ujungnya jika digaruk oleh anak nantinya akan menghasilkan luka dan perih.

  • Tidak nyaman beraktivitas

Popok yang menggumpal pastinya bikin si kecil jadi tidak nyaman saat beraktifitas, disamping popok nantinya akan terasa berat, menyebabkan si kecil jadi tidak bisa melakukan banyak hal.

  • Memungkinkan kotoran keluar dari popok saat pup

Dikarenakan ruang yang sempit, maka popok yang menggumpal memungkinkan kotoran saat pup tidak tertampung dengan baik. Alhasil, bisa saja keluar dari popok, ini kayaknya bakalan jadi mimpi buruk beneran deh, kalau sampe kejadian huhuhu

  • Popok bocor

 Ini juga jadi kekhawatiran terpenting dari popok yang menggumpal, karena tidak memiliki daya tamping yang besar, maka bisa menimbulkan kebocoran, yang berakibat pada emaknya anak yang nantinya akan kerepotan karena popok si kecil bocor, apalagi kalau bocornya saat lagi berpergian. Ga kebayang repotnya kaya gimana wkwkwk

Nah, itu dia ya buibuu… keresahan yang bisa terjadi pada si kecil, bila dihadapkan dengan masalah popok menggumpal. Dari pengalaman diatas, saya mencoba untuk belajar lebih baik lagi dalam mengambil keputusan untuk anak. Karena bagaimanapun juga, anak belum bisa membuat keputusannya sendiri, jadi sebagai orang tuanya, kita lah yang harus aware terhadap apapun yang menjadi kebutuhan anak. 

Baca: PopokPengalaman Menghadapi Bayi yang Mengalami Iritasi Kulit

Beruntungnya, baru-baru ini, saya dengar bahwa akan segera launching produk popok anti gumpal Makuku Air Diapers pada 9 Desember 2021. Dengan klaimnya, sebagai popok generasi baru yang aman untuk kulit sensitif karena tidak akan menggumpal. Mendengar itu, saya jadi benar-benar tertarik untuk mencobanya. Next saya jadi ga sabar untuk segera membelinya. 

Popok Generasi Baru, Makuku Air Diapers

When ibu-ibu julid berkata: “Berani-beraninya ngaku sebagai popok generasi baru, siapa sih Makuku?” disitu saya jadi kebelet ingin share informasi ini hehehe jadi sebenarnya popok anak itu sudah melewati beberapa generasi, mulai dari generasi pertama yang masih menggunakan bahan pulp kayu, dilanjutkan dengan generasi kedua yang menggunakan bahan pulp kayu disertai polimer dan partisi.

Maka, di generasi terbaru ini yaitu generasi ketiga, popok Makuku sudah menggunakan  inti SAP (Super Absorbent Polymers) yakni jenis polimer yang bisa menyerap dan mempertahankan jumlah cairan yang sangat besar. Itu sebabnya Kelebihan popok inti SAP ini diantaranya mampu menjamin kenyamanan si kecil, lembut, memiliki sirkulasi udara baik, sangat ringan dan tipis dan anti gumpal. Sangat berbeda dengan generasi popok terdahulu yang mudah menggumpal.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau Makuku Air Diapers ini menggunakan inti SAP, jadi sudah bisa dipastikan kalau popok yang satu ini memiliki berbagai kelebihan terbaik, diantaranya:

  • Terjamin anti gumpal
  • Memiliki struktur yang stabil
  • Penyerapan yang tinggi
  • Menyerap secara merata
  • Super tipis hanya 1.6mm saja, jadi terasa ringan saat digunakan dan mengurangi perasaan seperti ada benda asing di pantat bayi, sehingga bayi nyaman beraktivitas di siang hari dan tidur nyenyak di malam hari 
  • Mampu menampung cairan hingga 600ml
  • Lapisan permukaannya lembut, selembut susu sehingga tidak mengiritasi kulit bayi
  • Extra kering dan secara efektif mengurangi ruam merah pada pantat bayi
  • Mengunci semua kelembaban tanpa terjadi osmosis balik

Pasti makin penasaran kan, sama produknya Makuku. Kabar baik lainnya, popok Makuku juga hadir dengan berbagai ukuran, mulai dari ukuran S, M, L, XL jadi buibuuuu yang sudah ga sabar menantikan makuku air diapers, tenaaang kita samaan kok hehehe langsung aja ya buibuuu stay tune di e-commerce nya Makuku karena popoknya sudah bisa dipesan disana nantinya. Mulai sekarang bisa ceki-ceki juga ig nya @makuku.indonesia.official untuk mengetahui informasi terupdate mengenai Diapers Makuku 😀