Di masa pandemi seperti saat ini, tentunya kita familiar dengan yang namanya prokes atau protocol Kesehatan. Mulai dari pengecekan suhu, cuci tangan, menggunakan masker, berjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Akan tetapi, di masa pandemic ini rupanya, bukan hanya Kesehatan fisik saja yang paling penting, tapi juga kesehatan mental. Karena bagaimanapun juga, pentingnya kesehatan mental bisa mempengaruhi kesehatan fisik, lho. 

Berikut cara menjaga Kesehatan mental yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti saat ini

  • Mendengarkan lagu

Tak dapat dipungkiri bahwa lagu bisa mempengaruhi mood yang kita miliki. Bahkan salah satu ahli psikologi yakni Emmeline Edwards mengungkapkan  bahwa sistem pendengaran kita terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat  motivasi, dan pengendalian emosi. Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa lagu berperan dalam membantu seseorang agar terhindar dari stress, kecemasan dan depresi ringan.

  • Mengeksplorasi diri 

Dengan keterbatasan mobilitas akibat pandemic, tentunya ini bisa jadi peluang emas untuk meningkatkan value diri. Bisa dimulai dengan melakukan hal yang disukai atau mencoba sesuatu yang baru, misalnya berkebun, memasak makanan favorit, membuat konten untuk di sosial mediamu, dan masih banyak  hal menarik lainnya. Jadi, meskipun berada di rumah, kita tetap bisa beraktivitas dan terhindar dari gangguan Kesehatan  mental.

  • Menjaga silaturahmi dengan keluarga, kerabat dan teman

Berbeda dengan jaman dahulu yang begitu sulit untuk berkomunikasi satu sama lain karena terpisah jarak, sekarang silaturahmi bisa dilakukan dengan mudah via online, mulai dari melakukan video call, zoom meeting dan  berbagai interaksi secara virtual. Meski belum benar-benar bisa bersilaturahmi secara offline, bersilaturahmi secara virtual juga ampuh lho untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mental.

Cara Menjaga Kesehatan Mental

  • Bermedia sosial dengan bijak

Di tengah pandemic, sosial media seringkali dijadikan tempat untuk mencurahkan perasaan serta mengatasi kebosanan. Namun kita juga perlu hati-hati dan memastikan bahwa kita hanya mengikuti dan mengakses konten yang baik. Karena konten yang sekiranya bisa mengganggu Kesehatan mental juga ada lho di sosial media. Jadi perlu selektif dan hati-hati saat bersosial media. Ditambah lagi, dengan maraknya kondisi Covid 19 seperti saat ini, tentu banyak pula konten hoax yang berseliweran.

  • Menjaga Kesehatan finansial dengan asuransi rawat jalan

Mempersiapkan diri untuk hal yang tak terduga tentunya menjadi suatu keharusan, apalagi di masa pandemic ini yang mana seringkali menghadirkan banyak ketidakpastian. Aspek finansial menjadi isu utama yang perlu diperhatikan, mengingat di moment ini banyak orang yang kehilangan pekerjaan, atau jikapun tidak terkena perampingan karyawan, ada juga yang terkena kebijakan pengurangan gaji.  Itu sebabnya, begitu maraknya isu Kesehatan mental yang terganggu di masa pandemic ini.

Untuk menyiasati ketidakpastian hidup, maka salah satu asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD  Insurance, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care  Protection memberikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis  rawat inap dan rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan  ekstra.

Selain itu, manfaat tambahan lain dari FWD Hospital Care Protection yakni adanya limit booster, no claim  bonus dan santunan pemakaman. Yang tak kalah membahagiakan, untuk pengajuan  klaim asuransi FWD Insurance bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi FWD MAX.

Baca: Memaknai Tahun Baru Imlek Sebagai Langkah Baru Strategi Keuangan 

Dengan begitu teman-teman yang menjadi nasabah FWD Insurance bisa terlindungi dengan adanya produk-produk asuransi FWD Insurance. Perlu diakui bahwa pandemic ini memberikan banyak tantangan bagi kita untuk terus berjuang. Ada begitu banyak hal tak terduga yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, maka diharapkan hadirnya asuransi jiwa maupun asuransi Kesehatan FWD Insurance bisa memberikan solusi yang realistis di masa pandemic ini.

Pada intinya, bukan hanya diri yang terlindungi dengan adanya asuransi, tapi juga keuangan yang dimiliki. Nah, untuk info lanjut mengenai produk asuransi dari FWD Insurance, silahkan langsung mampir ke laman website resminya di https://www.fwd.co.id