Jika dulu mobil seringkali dipersepsikan sebagai barang mewah yang seringkali mustahil untuk dimiliki. Lain halnya dengan sekarang, yang mana setiap orang bisa memiliki kesempatan untuk memiliki mobil. Pasalnya, saat ini kita bisa dengan mudah membeli mobil karena telah tersedia metode pembayaran secara kredit. Selain itu, di luar sana juga terdapat beragam mobil second yang harganya pun terjangkau.

Disamping keinginan untuk bisa membeli mobil, terkadang ada beberapa persiapan yang kerap kali terlupakan sebelum membeli mobil. Berikut 5 Persiapan Sebelum Beli Mobil, Nomor 4 Sering Dilupakan, diantaranya:

  • Mempersiapkan skill mengemudi yang mumpuni

Tidak harus semahir para actor film Fast & Furrious, yang kamu butuhkan adalah kemampuan untuk bisa mengemudi mobil sebaik dan setertib mungkin. Jika belum menguasai skill mengemudi, alangkah baiknya mengambil les mengemudi terlebih dahulu. Namun, jika telah terlanjur membeli mobil, solusi yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menyewa sopir pribadi.

  • Mempersiapkan Surat Izin Mengemudi (SIM)

Menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kamu dapat dipidana paling lama 4 bulan dan denda paling banyak Rp1.000.000 lho jika berkendara tanpa memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), maka dari itu, usahakan untuk mempersiapkan SIM ya, agar pengalaman berkendara kamu tidak berakhir di penjara hehehe

5 Persiapan Sebelum Beli Mobil, Nomor 4 Sering Dilupakan

  • Biaya perawatan mobil

Ketika hendak memiliki mobil, kamu sudah harus bisa mempertimbangkan biaya apa saja yang nantinya akan dikeluarkan sewaktu-waktu. Apalagi jika kamu membeli mobil second, tentunya harus melakukan perawatan yang ekstra. Belum lagi jika terjadi hal tak terduga seperti kondisi mobil lecet yang perlu diatasi saat itu juga. Itu sebabnya, selain biaya perawatan, dana darurat untuk kendaraan juga penting.

  • Asuransi Mobil

Saat kondisi mobil baik-baik saja, seringkali hal ini dilupakan. Padahal adanya asuransi ini akan sangat melindungi kendaraanmu lho, ibaratnya dengan adanya asuransi ini, seperti halnya kamu mempersiapkan dana darurat bagi kendaraanmu. Jadi kalau ada kondisi tertentu, misalnya kecelakaan atau mobil baret dsb kamu bisa mengatasinya dengan mudah, karena hal itu tidak akan mengganggu manajemen keuangan bulananmu. Untuk pilihan asuransinya, kamu bisa pilih sesuai dengan perusahaan asuransi yang ada di lokasimu, misalnya jika kamu berada di Jakarta, kamu bisa cari asuransi mobil Jakarta yang terpercaya.

  • Tempat parkir kendaraan yang nyaman

Nah ini juga penting nih, kamu perlu mempersiapkan tempat parkir mobil kesayanganmu, bahkan sebelum kamu membelinya. Diusahakan memang kendaraan kamu disimpan di dalam spot yang berpagar, fungsinya adalah perlindungan ekstra bagi mobil kesayanganmu. Dan jika kamu tidak memiliki lahan luas untuk memarkir mobilmu, kamu bisa menyewa lahan parkir, lho.

Baca: Tips Memilih Jasa Service Mobil Berkualitas Terpercaya

Nah, itu dia kelima hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil sendiri. Kira-kira dari kelima point diatas, poin nomor berapa saja nih yang sudah kamu persiapkan?