Apakah kamu suka dengan komik? Mungkin juga kamu hobi membaca komik? Bacaan komik mungkin menjadi alternatif hiburan bagi sebagian orang. Akan tetapi, harga komik cetakan saat ini bisa dikatakan mahal. Di awal tahun 2000-an, harga satu buku komik tak lebih dari Rp 5.000. Saat ini, harga komik di toko buku bervariasi dan mungkin mencapai puluhan ribu. Itu pun untuk satu buku komik saja.

Komik cetak pun mulai ditinggalkan – kecuali oleh para pecinta matinya. Dengan harga yang melonjak jauh, tidak sedikit pecinta komik yang mulai beralih mencari hiburan komik web atau komik digital. Biasanya produk seperti ini bisa didapatkan gratis pada akun media sosial komikusnya. Hanya saja, komik seperti ini tidak terbit secara teratur. Pun satu kali ceritanya tidak terlalu panjang dan biasanya tidak saling berhubungan antar episode.

Jika hiburan membaca komik cetak itu berat di ongkos, kamu mungkin akan menyukai alternatif baca komik online di KaryaKarsa. Emang apa itu KaryaKarsa? Mengapa harus di KaryaKarsa? Atau mungkin pertanyaannya ada komik apa di KaryaKarsa? Dan tentunya, berapa harga baca komik online di KaryaKarsa?

First thing first, apa itu komik digital?

Konsepnya hampir sama seperti komik cetak. Komik digital adalah serangkaian cerita dalam bentuk gambar yang disajikan dalam media elektronik. Konsep ini sering tertukar dengan komik web. Perbedaannya, komik digital tak harus menggunakan jaringan internet untuk dinikmati, sedangkan komik web memerlukan jaringan internet ketika kita hendak membacanya.

Sebelum resmi masuk ke platform khusus, para komikus biasanya akan mempromosikan karya komik digital mereka melalui akun media sosial pribadi. Namun, tentu saja karena melalui platform media sosia, komik digital mereka tentu tidak dapat dijual. Padahal dalam membuat karya komik itu pun tetap membutuhkan modal, terutama modal ide dan konsep. Ketika hal itu tidak menghasilkan uang, masuk akal ketika komikus tidak terlalu ‘rajin’ mengunggah karya mereka.

Maka dari itu, kini mulai banyak komikus yang beralih ke platform khusus untuk menjual karya. Harapannya dari karya yang sudah dibuat, mereka bisa mendapatkan hasil kerja mereka untuk penghidupannya. Lalu kalau fans sudah oke untuk mau membayar komik digital, di mana mereka bisa menemukan kreator bersarang dan menjual karyanya?

Mengapa harus baca komik online di KaryaKarsa?

Di antara banyaknya platform untuk membaca komik, KaryaKarsa adalah salah satu platform penjualan karya seni yang lengkap tapi tetap terjangkau. Ini juga termasuk karya komik dari para komikus kesayanganmu.

KaryaKarsa adalah rumah dari ratusan komikus dengan ribuan karya komik dari berbagai genre. Di sini kamu bisa menemukan komik-komik yang tidak mainstream dan tentunya eksklusif dibandingkan karya komikus di media sosial. Selain itu KaryaKarsa juga memfasilitasi kreator dengan karya yang belum selesai untuk diunggah ke platform. Prinsipnya, setiap karya yang sudah dibuat tetap memiliki harga.

Baca Komik Online di KaryaKarsa

Perkara harga tak perlu risau. Harga komik di KaryaKarsa sangat beragam, bahkan mulai dari Rp5 ribu saja. Biasanya harga ini berlaku untuk 1 (satu) konten. Namun ada juga kreator yang memberikan harga paket berdasarkan akses terhadap keseluruhan komik. Misalkan fans hanya perlu membayar Rp100 ribu namun mendapatkan full access ke seluruh karya dengan durasi 30 hari. Pun setiap produk dapat diunduh dan dinikmati secara offline.

Selain masalah harga, alasan lain untuk baca komik online di KaryaKarsa adalah bentuk produk yang dijual. Komik online di sini bukan merupakan komik web tetapi komik digital. Begitu fans membelinya, mereka dapat mengunduh dan menikmatinya meski perangkat mereka tidak terhubung ke internet. Kualitas gambar dari produk yang dijual juga tinggi sehingga membuat fans nyaman menikmatinya.

KaryaKarsa sebagai platform yang mendukung kreator.

Landasan dasar dibentuknya KaryaKarsa adalah dukungan kepada kara kreator. Sejumlah komikus yang bergabung di sini bisa mendapatkan pendapatan yang tak hanya berupa hasil penjualan produk tetapi juga tip dan dukungan dari fans.

Selain produk komik, biasanya para komikus juga menjual side product yang berkaitan dengan komik mereka. Misalnya adalah wallpaper untuk smartphone maupun laptop dengan kualitas gambar high definition (HD). Selain itu ada juga yang menjual stiker karakter pada komik mereka. Harga untuk side product ini pun relatif tidak mahal. Pun jenis file yang diberikan ke fans tidak hanya satu macam.

Ingin namamu muncul di bagian credit page karya komikus? Tenang, kamu juga bisa membeli produk paket tertentu yang disediakan. Harganya masih relatif terjangkau meski sedikit di atas harga side product seperti wallpaper dan stiker. Namun, kamu akan mendapatkan produk tambahan lainnya dari hasil dukunganmu terhadap komikus.

Baca: 7 Aplikasi Penangkal Kebosanan di Rumah

Kalau kamu mau tahu lebih banyak, kamu bisa mengunjungi situs KaryaKarsa dan melihat beberapa kreator komik yang terdaftar di sana. Selain topik, setiap akun kreator juga sudah terdapat informasi tentang harga paket komik yang bisa dibeli pembaca. Bahkan nominal yang sama untuk mendapatkan 1 komik cetak bisa digunakan untuk mendapatkan beberapa komik online di KaryaKarsa. Yuk, dukung para kreator komik lokal Indonesia lebih maju dengan mengapresiasi karya mereka di platform resmi.