Selama ini banyak orang menganggap harga dari satu unit mobil sangat mahal bahkan bisa menyentuh harga lebih dari 500 juta rupiah. Padahal sekarang ada yang namanya mobil LCGC, yap.. jadi kamu bisa membeli mobil LCGC karena mobil tipe ini memiliki harga paling murah dibanding dengan jenis lainnya.

Jenis ini memang diproduksi khusus untuk kalangan menengah ke bawah sehingga harga yang dikeluarkan sangat murah dengan konsep yang diusung adalah harga terjangkau beserta ramah lingkungan.

Secara luas memang terbatas hanya bisa untuk 5 penumpang sudah termasuk 1 kursi untuk pengemudi ditambah juga ada bagasi yang juga terbatas. Maka itu, jenis ini tidak cocok untuk keluarga besar tetapi lebih ideal untuk orang-orang yang baru berkeluarga atau anak muda yang baru mulai bekerja dan butuh kendaraan pribadi untuk mobilitas. Jadi bagi orang-orang dengan dana terbatas maka tidak perlu pikir panjang, langsung saja beli mobil LCGC yang tepat. Untuk membantu mendapatkan mobil LCGC berkualitas, maka bisa mengikuti beberapa kiat penting di bawah ini.

  • Perhatikan desain kendaraan

Tentunya untuk mobil yang dijual dengan harga terjangkau memiliki desain yang tidak semewah mobil yang lebih mahal harganya. Tetapi dari beberapa tipe yang tersedia maka bisa memilih satu tipe yang desainnya lebih bagus dibanding merek lainnya. Biasanya juga desain yang dipilih sesuai dengan selera yang diharapkan calon pembeli apakah ingin desain yang sporty atau lebih condong ke desain yang stylish.

  • Luas interior

Setelah memilih desain bagian luar, selanjutnya bisa masuk ke area interior yang memang semua kendaraan LCGC memiliki area dalam yang terbatas. Jumlah penumpang yang bisa masuk ke dalam mobil hanya 5 orang saja, kemudian perhatikan juga bagasi yang tersedia. Jangan sampai memilih kendaraan yang bagasi lebih besar tapi area kursi jadi sempit, maka itu pilihlah ukuran interior yang seimbang baik kabin maupun bagasi yang ada di belakang.

jual beli mobil LCGC daihatsu ayla
Sumber foto: Mobbi[dot]id

  • Spesifikasi dari mesin

Setiap mobil LCGC tentunya memiliki mesin dengan kapasitas hampir 1.000 cc dan ini berlaku untuk semua tipe LCGC. Pilih mobil yang dibekali mesin yang bandel dan juga lebih bertenaga serta cocok untuk pergi liburan ke gunung atau pantai. Secara keseluruhan, memang semua mesin LCGC hampir sama satu dengan yang lain tapi tentunya ada satu tipe yang lebih unggul.

  • Terdapat fitur

Sekalipun harganya murah, tetap saja mobil LCGC dibekali dengan fitur penting walaupun tidak selengkap dengan jenis yang ada di atasnya. Fitur yang ada biasaya meliputi spion otomatis, air bags, power window, ABS, dan beberapa fitur lain.

Baca: 5 Persiapan Sebelum Beli Mobil, Nomor 4 Sering Dilupakan

Itulah kiat yang bisa diterapkan saat sedang mempertimbangkan beli mobil LCGC, salah satunya yaitu Daihatsu Ayla bekas yang ada di platform mobbi. Bagi yang belum kenal dengan platform satu ini, mobbi adalah platform yang sudah mengubah nama brand menjadi mobbi dari yang dulunya mo88i. Jadi mulai sekarang percayakan saja pembelian semua mobil bekas termasuk Ayla melalui mobbi karena memang benar-benar praktis dan pastinya aman.