Memilih liburan dengan jalan-jalan ke area pegunungan, kenapa tidak? Nyatanya area pegunungan banyak menawarkan pemandangan khas yang tak kalah menarik, bila dibandingkan dengan jalan-jalan ke pantai. Bukan berarti jalan-jalan ke pantai tidak recommended ya, tapi tidak ada salahnya sesekali mencoba jalan-jalan ke area pegunungan atau dataran tinggi, yang juga bisa memberimu banyak pengalaman baru selama liburan.

Biasanya, hal menarik yang paling saya sukai ketika jalan-jalan ke area pegunungan, adalah suasana serta moment saat melihat kehidupan orang-orang yang tinggal disana. Mereka yang tinggal pegunungan biasanya sangat ramah serta memiliki etos kerja yang gigih, terbukti pagi-pagi sekali sudah pergi ke kebun untuk beraktivitas. Dan tak hanya melihat dari sisi kehidupan orang-orang disana, sebenarnya masih banyak juga hal menarik yang bisa ditemukan, tatkala berlibur ke tempat wisata pegunungan di pulau Jawa. Berikut beberapa referensi tempat wisata alam pegunungan yang sejuk di pulau Jawa, yang bisa masuk wishlist kamu nih.

  • Ciwidey, Jawa Barat

Tempat wisata yang satu ini berada di Kawasan Bandung Selatan, dan sering dijadikan tujuan oleh orang-orang Jakarta yang ingin melakukan short getaway. Hawanya yang sejuk, pemandangan alam yang hijau, serta banyaknya pilihan tempat wisata, jadi alasan kenapa Ciwidey tetep eksis hingga saat ini.

Untuk yang mau liburan di Ciwidey sedikit lebih lama, bisa juga memesan resort yang ada di Ciwidey. Dan jangan lupa ketika mampir ke ciwidey, beli oleh-oleh khas Ciwidey nya seperti strawberry, kalua jeruk, manisan buah, opak dsb

Sumber foto: Canva

  • Dieng

Setelah sebelumnya membahas Ciwidey, kali ini kita bergeser sendiri ke tengah, yaitu sebuah dataran tinggi di Jawa Tengah. Siapa lagi kalau bukan Dieng, tempat yang satu ini memang menawarkan banyak tempat wisata khas seperti telaga, bukit, kebun the, view gunung prau dsb.

Sumber foto: Canva

Dan uniknya, di waktu tertentu, setidaknya 1 tahun sekali hampir selalu diadakan Dieng Culture Festival. Minimal sekali seumur hidup, bisa coba sempatkan mampir ke dieng ya, karena memang pemandangan alamnya sebagus itu, sampai-sampai dijuluki negeri diatas awan.

  • Bromo, Jawa Timur

Bertempat di Jawa Timur, Bromo menjadi tempat wisata pegunungan yang juga recommended untuk kamu coba. Disana kamu akan melihat gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru, itu sebabnya tempat ini dinamakan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, kalau semeru nya itu diambil dari nama gunung tertingginya, maka nama Tengger nya justru diambil dari nama suku yang mendiami Kawasan tersebut.

Sumber foto: Canva

Dan kalau kamu mau mencoba sensasi yang berbeda saat ke bromo, selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga bisa menginap di rumah warga suku Tengger, biasanya warga suku tengger juga menyediakan rumahnya untuk dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bromo.

Baca: Tempat Wisata Keluarga di Sukabumi yang Cocok Buat Quality Time

  • Lembang, Bandung

Oke, jadi melipir lagi ke Bandung, kali ini tempat wisata alam di pulau jawa yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah Lembang. Kalau kamu ke Lembang, kamu tidak hanya akan menikmati pemandangan alam yang hijau, tapi kamu juga bisa berkunjung ke Kawasan gunung tangkuban perahu, bisa naik kuda disana dan berfoto sepuasnya bersama orang-orang tersayang.

Sumber foto: Canva

  • Ijen, Jawa Timur

Keunikan yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke kawah ijen adalah kamu akan melihat pemandangan langka yang hanya ada dua di dunia ini. Apakah itu? Yap, pemandangan itu adalah blue fire atau api biru. Meskipun memang terdapat blue fire di dataran tinggi ijen, kawasan ini tetap memiliki hawa yang sejuk. Cocok sekali kalau Ijen masuk ke dalam bucket list traveling kamu selanjutnya.

Sumber foto: Canva

Nah, itu dia kelima Wisata Alam Pegunungan yang Sejuk di Pulau Jawa. Sebenarnya masih ada banyak pilihan lainnya, next saya bahas di artikel selanjutnya ya. Oke, sebagai tips untuk kamu yang benar-benar ingin liburan ke pegunungan, pastikan memilih kendaraan yang nyaman dan bertenaga seperti mitsubishixpander.com

Saat ini telah tersedia berbagai varian tipe Mitsubishi Expander yang bisa mendukung kenyamananmu dalam perjalanan, untuk informasi lengkap terkait Mitsubishi Expander bisa mengunjungi laman website resmi https://mitsubishixpander.com/