Di era digital seperti saat ini, ada berbagai macam lini kehidupan yang mengalami beragam perubahan yang signifikan. Mulai dari berbagai hal yang dulunya dilakukan dengan cara konvensional, kini perlahan namun pasti bergerak ke metode digital. Tanpa terkecuali di ranah asuransi yang juga mengalami kemajuan di era digital.

Saat ini, untuk membeli asuransi kesehatan memang terbilang sangat mudah. Bahkan kita bisa melakukannya tanpa harus mengunjungi kantor asuransinya. Caranya bisa dengan mendaftar via agen asuransinya, atau melalui aplikasi digital atau website yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut.

Meskipun mendaftar asuransi kini memang semudah itu, tapi nyatanya, beberapa fakta di lapangan justru menyatakan banyak nasabah asuransi yang mengalami kesulitan untuk mengajukan klaim. Alasannya pun beragam, tapi pastinya sebagai orang yang memiliki asuransi tentunya tak ingin hal itu terjadi.

Maka dari itu, sebagai referensi terbaik bisa mempercayakan kebutuhan asuransimu pada FWD Insurance. Karena FWD Insurance menawarkan kemudahan untuk mengajukan klaim hanya lewat aplikasinya yakni FWD MAX. Kemudahan ini tentu diberikan bukan tanpa alasan, melainkan sebagai bukti bahwa FWD Insurance ingin berupaya untuk mengubah stigma masyarakat tentang asuransi, yang katanya ribet tapi nyatanya justru sebaliknya.

Selain memenuhi kebutuhan untuk mengajukan klaim asuransi via aplikasi FWD MAX, rupanya aplikasi FWD MAX juga memberikan kemudahan dalam mengetahui informasi polis, pembayaran premi, monitor hasil investasi, mengubah atau memperbaharui data personal, pengajuan klaim, termasuk mendapatkan berbagai promo dan reward, yang bisa didapatkan lewat Google Play Store dan Apple App Store.

Cara klaim asuransi fwd insurance

Cara Mengajukan Klaim Asuransi FWD via Aplikasi FWD MAX

1. Pilih fitur “eService”, “My Claims”, kemudian “Submit New Claim”

2. Tulis/Pilih Nama pemilik Polis

3. Pilih Tipe klaim

4. Pilih jenis manfaat yang ingin diklaim

5. Pilih ada/tidak ada tindakan Pembedahan

6. Isi detail klaim, yaitu No polis, rumah sakit rekanan, dokter jaga, informasi bank pembayaran

7. Upload dokumen pendukung sesuai type dokumen

8. Cek ringkasan klaim! Jika sudah sesuai, klik “Proceed”

Setelah mengikuti tutorial diatas, dan dokumen yang dibutuhkan juga telah terkirim lengkap, maka FWD Insurance akan segera memproses klaim maksimal 14 hari kerja. Dan yang terpenting, kamu juga tidak perlu khawatir, jika ada hal-hal yang belum jelas terkait proses klaim, silahkan menghubungi customer service melalui Whatsapp (+62) 8551500525.

Baca: Lindungi Generasi Masa Kini, FWD Insurance Luncurkan FWD Critical First Protection

Nah, jika ternyata kamu adalah nasabah FWD Insurance yang terdaftar sebagai nasabah asuransi kumpulan, maka cara klaimnya bisa dengan memanfaatkan fitur e-Friend yang terdapat didalam aplikasi FWD MAX.

  1. Pilih menu “e-Friend”
  2. Pilih fitur “Reimburse Claim”
  3. Isi “Claim Date Visit & Claim Date Discharge”
  4. Lengkap Data berupa Nama, “Benefit Type”, “Hospital/Clinic Reimbursement”, Jumlah nominal klaim dan “Doctor Name”, lalu klik “Next”.
  5. Foto kwitansi asli menggunakan kamera langsung, sebelum difoto tulis: Sudah diklaim ke FWD pada tanggal dd/mm/yyyy dengan menggunakan pulpen di atas kwitansi, kemudian pilih “Saya setuju” dan klik “Next”.
  6. Upload semua dokumen medis dan disesuaikan dengan dokumen mandatori benefit yang akan diklaim.
  7. Klik “Next”
  8. Dokumen medis yang telah di upload akan muncul sebagai list, jika sudah lengkap dan  sesuai klik “OK”.
  9.  Detail akun bank untuk pembayaran sudah otomatis terisi sesuai yang telah  didaftarkan.
  10. Jika sudah benar klik “Submit Reimbursement Claim”.
  11. E-claims berhasil di submit. Atau klik “Claim Tracking” untuk cari tahu sudah sampai mana status E-Claims.

Bagaimana, mudah banget kan ya? Semuanya bisa sat-set dilakukan di dalam aplikasi saja. Dan kamu juga nantinya akan mendapatkan notifikasi dari proses klaim yang kamu ajukan. FWD Insurance ini sangat worth it untuk jadi andalan kamu, karena preminya juga terjangkau sekaligus telah menjadi perusahaan asuransi yang berpengalaman sejak 2013.

Bahkan menurut laporan keuangan di tahun 2022, ternyata FWD Insurance juga telah berhasil membayarkan klaim nasabah dengan nominal yang sangat fantastis yakni Rp718.544.000.000,- (tujuh ratus delapan belas miliar lima ratus empat puluh empat juta Rupiah). Hal itu menunjukan bahwa FWD Insurance benar-benar terpercaya.

Download Aplikasi FWD Max sekarang!