Sayur adalah bahan makanan yang harus ada di rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Ada banyak cara untuk belanja sayur saat ini, bisa secara online dan bisa secara offline. Tahukah kamu? Saat ini semua serba dipermudah, belanja sayur di pasar konvensional pun pembayarannya sudah bisa melalui transfer uang ke penjual lho.

Kamu tidak perlu lagi repot membawa uang tunai saat ke pasar, karena semua bisa dibayar dengan sistem transfer. Meskipun belum semua pedagang memiliki fitur bayar dengan transfer, namun sebagian besar sudah menerapkan sistem tersebut. Untuk memilih sayur berkualitas ada tips yang bisa diikuti!

10 Tips Memilih Sayur Aman dan Sehat

Pasar konvensional menyediakan berbagai jenis sayur dengan jumlah dan jenis yang sangat banyak. Untuk mendapatkan sayur berkualitas kamu harus memilihnya dengan cermat. Sayur yang berkualitas akan memberikan nutrisi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari. SImak di bawah ini adalah tips memilih sayur berkualitas:

  1. Pastikan Sayur Segar dan Tidak Layu

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah melihat sayur secara keseluruhan untuk mematikan apakah sayur layu atau tidak. Terutama periksa bagian daun untuk melihat apakah sayur masih segar atau layu. Hal Ini karena daun  ata tidak bisa jadi indikator utama untuk melihat sayir se

  1. Pastikan Bebas Pestisida

Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk melindungi tanaman dari gangguan hewan-hewan yang merusak. Pestisida akan berbahaya jika sampai termakan oleh manusia, oleh sebab itu pastikan sayur yang dipilih bebas pestisida. Dalam hal ini kamu bisa memilih sayur dengan daun yang memiliki lubang-lubang jika ingin mendapatkan sayur terbaik.

  1. Periksa dengan Cermat Warna Sayur

Warna sayur terutama bagian daun menjadi indikator tingkat kesegaran sayur. Sayur yang masih segar memiliki warna daun hijau segar dan tidak berwarna pucat. Selain itu pada sayur yang sudah tidak segar lagi akan keluar bintik-bintik berwarna hitam pada daunnya.

  1. Periksa Tekstur Sayur

Saat membeli sayur secara konvensional memang harus teliti, kamu harus memeriksa secara menyeluruh. Kali ini kamu juga harus memeriksa tekstur dari sayur tersebut. Untuk mengetahuinya coba raba permukaan sayurnya, jika lembek mungkin sayur sudah tidak segar lagi. Pilih sayur yang memiliki tekstur.

  1. Pilih Sayur yang Belum Dibersihkan

Satu lagi cara mengetahui sayur masih segar adalah dengan memilih sayur yang belum dibersihkan dan masih berakar. Hal ini artinya sayur masih baru dan segar sehingga pedagang belum sempat untuk membersihkan daun tersebut. Pilih sayur tersebut yang belum dibersihkan, karena artinya sayur tersebut masih segar,.

  1. Pilih Sayur yang Muda

Saat belanja pilihlah sayur yang paling mudah untuk mendapatkan kualitas terbaik. Perhatikan daunnya, jika sayur masih muda maka teksturnya akan lebih cepat empuk saat dimasak. Jadi pilihlah sayur yang masih muda saat membeli sayuran secara konvensional, karena sayur yang tua lebih susah untuk dimasak,

  1. Beli Sayur Sesuai Musim

Memilih sayuran sesuai musim adalah pilihan terbaik, karena kamu akan mendapatkan sayur terbaik. Mengapa? Hal ini karena jika musim maka produksi sayur tersebut pati tinggi, sehingga lebih banyak yang masih segar saat dijual. Jadi pilihan terbaik memang memasak sayur sesuai dengan musim sata itu, karena akan mendapatkan sayur yang sekaku,

  1. Periksa Aroma Sayur

Memeriksa aroma sayur juga bisa menjadi cara untuk mengetahui kualitas sayur apakah aman atau tidak. Sayur yang sudah tidak segar lagi pasti mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Untuk itu memeriksa aroma sayur sebelum membeli memang wajib dilakukan,

  1. Belanja Saat Pasar baru Buka

Setiap daerah dan setiap pasar pasti memiliki jadwal yang berbeda-beda. Kamu harus mengetahui jadwal pasar yang ada dan belanja lah ketika pasar baru saja dibuka. Dengan demikian kamu bisa memperoleh sayur dengan kualitas terbaik, karena ketika pasar baru dibuka maka sayuran yang dijual belum tersentuh oleh pembeli uang datang.

  1. Pilih Sayur Organik

Jika kamu ingin mendapatkan sayur yang paling aman, sayur organik adalah jawabannya. Kamu bisa menjaga kesehatan dengan menjaga asupan sayur dengan sayur yang benar-benar sehat dan segar. Sayur organik ditanam secara alami tanpa menggunakan bahan alami tanpa kimia sedikit pun.

Bayar Belanja Sayur Lebih Mudah dengan Transfer Online

Tips Membeli Sayuran

Memilih sayur harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati untuk mendapatkan sayur dengan kualitas terbaik. Tips memilih sayur yang aman dan sehat di atas bisa dilakukan saat kamu belanja ke pasar konvensional. 

Baca: 4 Cara Membersihkan Sayur dan Buah yang Benar

Jangan malas belanja ke pasar konvensional, karena sekarang pembayarannya bisa lebih praktis. Salah satunya adalah metode pembayaran dengan transfer uang secara online. Kamu bisa memanfaatkan digital banking dan membayar belanjaan hanya dengan transfer cukup dari smartphone saja. Selain itu, dengan digital banking kamu juga bisa melakukan transfer uang antar rekening sehingga lebih praktis. 

Nah, agar transfer uang untuk belanja sayur konvensional maupun aktivitas perbankan lainnya, kamu disarankan untuk memanfaatkan bank digital dari digibank by DBS. Kenapa digibank by DBS? Berikut ini keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menjadi nasabahnya, di antaranya:

  • Gratis transfer tanpa kuota pakai BI-Fast, biaya transfer lebih hemat sehingga bisa ditabung untuk keperluan rumah lainnya.
  • Real-time antar bank, pembayaran belanja jadi lebih cepat.
  • Limit transaksi Rp250 juta/transaksi/hari, butuh bayar apa pun bisa.
  • 24/7 lewat aplikasi, bisa melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan syarat transfernya, karena jika menggunakan digibank by DBS, kamu bisa gratis transfer tanpa minimum saldo. Cukup menarik bukan?