Seperti halnya pepatah yang mengatakan, bahwa “Hidup adalah serangkaian pilihan”. maka seperti itulah orang-orang di luar sana yang membuat pilihan hidup untuk terjun di dunia farmasi. Saya sendiri memiliki cukup banyak kenalan bahkan keluarga sendiri yang juga terjun di dunia farmasi, ada yang berprofesi sebagai apoteker dan ada juga yang bekerja sebagai staff di perusahaan farmasi.

Apapun keputusan hidup yang dipilih, nyatanya saya selalu salut dengan orang-orang yang bekerja di dunia farmasi, karena bagi saya mereka berperan penting dalam kemajuan praktik keilmuan farmasi di Indonesia saat ini. Lain halnya, jika berkaca pada perkembangan dunia farmasi di zaman kolonial belanda, di masa sebelum kemerdekaan saat itu, profesi apoteker belum dikenal luas di Indonesia, dan di era yang sama pula pelayanan di apotek hanya dilakukan oleh orang-orang dari Belanda, Denmark, Austria dan Jerman.

Tak hanya itu, masih di jaman kolonial Belanda, keberadaan pabrik farmasi dan apotek juga hanya terdapat di pulau Jawa dan Sumatera. Kalau dipikir-pikir apa kabar wilayah di luar Jawa dan Sumatera? Yang saat itu, belum bisa memenuhi kebutuhan obatnya dengan cepat karena keterbatasan jarak.

Beruntungnya, masa-masa itu kini telah terlewati dan kini perkembangan ilmu farmasi di Indonesia menjadi sangat pesat. Bahkan di Indonesia sendiri kini sudah banyak industri farmasi terkemuka, seperti Kalbe Farma, Sanbe Farma, Pharos Indonesia, Kimia Farma, Dexa Medica, Tempo Scan Pasific dan masih banyak yang lainnya.

persatuan ahli farmasi indonesia
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Mengenal Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Sejalan dengan hal itu, telah dibentuk juga persatuan ahli farmasi di Indonesia (PAFI) sejak kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta. Hal ini tentu semakin menguatkan persatuan antara ahli farmasi di Indonesia, untuk tetap menjadi pelopor perjuangan pembangunan negara di bidang farmasi khususnya. Dengan berbagai cabang di seluruh Indonesia, salah satunya adalah pengurus cabang Malaka, yang bisa dikunjungi laman website resminya di pafimalaka.org

Jika teman-teman ingin mengetahui perkembangan dunia farmasi, di laman website pafimalaka.org juga seringkali disajikan berbagai pemberitaan yang mendukung perkembangan farmasi. Seperti halnya pemberitaan mengenai launchingnya “Halo Pafi”, yang menjadi inovasi efektif dalam kebutuhan informasi dan solusi kefarmasian, mulai dari layanan pengaduan dan keluhan kefarmasian, pelayanan informasi obat, info lowongan kerja kefarmasian hingga info tenaga teknis kefarmasian. Selain mengulas tentang layanan Halo Pafi, ada juga beberapa info acara yang diinisiasi oleh Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Baca: Gak Perlu Takut Lagi, Kini Sirop Obat Aman untuk Anak!

persatuan ahli farmasi indonesia

Yang terpenting adalah keberadaan laman website pafimalaka.org telah berhasil menjawab kebutuhan akan informasi di dunia kefarmasian yang valid dan berintegritas. Besar harapan semoga Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) selalu menjadi wadah positif yang menaungi para ahli farmasi agar selalu berada dalam satu visi misi dalam membangun Indonesia yang lebih baik lagi, melalui keilmuan farmasi. Agar kedepannya keberadaan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) selalu berada dalam tujuan mulia yang sama yakni dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia, mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan anggota.