Jawa barat sendiri adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam produk kerajinan tangan khas yang berasal dari berbagai kota di Jawa Barat seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya, Cirebon dll. Cari tahu yuk Produk Kerajinan Tangan Menarik apa saja yang ada di provinsi Jawa Barat.
1. Souvenir atau Cinderamata
Hampir seluruh wilayah di jawa barat memiliki souvenir khas dari kotanya masing – masing. Dan souvenir khas jawa barat yang paling populer adalah Payung Geulis. Alias payung cantik ini banyak digunakan untuk berbagai acara kesenian tradisional khas Jawa Barat. Selain digunakan sebagai alat peraga di berbagai acara kesenian, payung geulis juga banyak digunakan untuk menambah kecantikan dekorasi di suatu ruangan.
2. Alat Kesenian
Jawa Barat sendiri umumnya menggunakan material kayu atau bambu untuk menciptakan sebuah alat kesenian. Dan alat kesenian yang paling populer khas jawa barat adalah Angklung. Dan salah satu tempat yang mempopulerkan alat kesenian ini terletak di Bandung yaitu di Saung Angklung Daeng Udjo.
Daftar Produk Kerajinan Tangan Khas Jawa Barat
Selain alat musik, Jawa Barat juga masih memiliki Kerajinan Tangan kesenian lainnya yaitu Wayang Golek. Selain dipentaskan dalam acara seni. Wayang Golek juga banyak dijadikan souvenir khas Jawa Barat.
3. Busana atau Pakaian
Salah satu mahakarya khas Jawa Barat yang disematkan ke dalam produk pakaian adalah batik. Ya, Jawa barat sendiri dikenal memiliki beragam motif batik yang berasal dari berbagai kota di Jawa Barat. Dan motif batik paling populer khas Jawa Barat adalah motif batik mega mendung yang berasal dari Cirebon.
Selain kain batik, Jawa Barat juga terkenal dengan pakaian busana muslim. Dan kota yang berhasil mendapatkan predikat sebagai produsen baju muslim adalah Tasikmalaya. Tidak heran bila Tasikmalaya menjadi produsen busana muslim terkemuka karena produk busana muslim Tasikmalaya memadumadankan hasil bordiran yang menarik. Hal ini terbukti dari banyaknya busana muslim dari Tasikmalaya yang dipasarkan di Tanah Abang dan menjadi incaran berbagai pecinta busana muslim baik dari  dalam negeri maupun luar negeri.
4. Sandal dan Sepatu
Daerah yang dijadikan sebagai penghasil sepatu paling populer adalah daerah Cibaduyut yang terletak di Bandung. Uniknya, produk sepatu Cibaduyut ini berhasil menembus pasar internasional. Jika Cibaduyut lebih dikenal sebagai penghasil sepatu, lagi – lagi Tasikmalaya juga dikenal sebagai tempat penghasil sandal. Salah satu produk Sandal khas Tasikmalaya diantaranya adalah Kelom Geulis