Loading...

Beberapa Tindakan untuk Memahami Psikologi Anak

Memahami bagaimana psikologi anak menjadi sangat penting bagi kedua orangtua untuk menerapkan pola asuh yang benar. Pengasuhan yang baik dan penuh kasih sayang akan membangun jiwa anak yang juga penyayang dan berkualitas.
Sayangnya orang di zaman modern seperti sekarang dihadapkan pada tuntutan kehidupan yang beragam dan mendesak. Berbagai hal yang perlu dipikirkan terkadang memforsir kasih sayang kepada anak menjadi semakin terbatas.

Cara Memahami Anak

Memahami Psikologi Anak
Source : Google.com
Mengatasi masalah ini, untuk lebih memahami psikologi pada anak meski minim waktu luang Kita bisa melakukan beberapa hal sederhana. Misalnya adalah:
1. Mengantar anak pergi tidur
Anak-anak merasa lebih dekat dengan orangtua yang sibuk ketika mereka ditemani saat hendak beranjak tidur malam. Tidak sulit tentunya untuk membantu anak masuk ke kamar dan naik ke ranjang yang sudah Kita sediakan.
Jika memungkinkan ajak anak berbincang sedikit atau memberikan cerita atau dongeng sebelum mereka terlelap. Cara ini membangun pola asuh penuh kasih meski hanya sempat mengantar mereka pergi tidur.
2. Menemani anak mengambil raport
Dekat dengan anak tidak harus selalu dekat dari segi fisik dan senantiasa membicarakan banyak hal dengan bertatap muka langsung. Perkembangan teknologi turun membangun jembatan komunikasi antara anak dengan orangtua modern super sibuk.
Selalu berkomunikasi dengan anak melalui perangkat gadget, sebab zaman sekarang anak-anak balita sudah mulai terbiasa menggunakan gadget. Lewat komunikasi Kita tahu bagaimana kondisi sekolah anak dan paham raport dibagikan. Atur jadwal agar bisa beberapa jam datang dan ikut rapat di sekolah pengambilan raport sehingga anak merasa diperhatikan.
3. Membuatkan makanan kesukaan anak
Anak-anak akan lebih mudah membangun hubungan penuh kasih dengan orangtua ketika Kita sering memasak untuk mereka. Membiasakan anak jajan di luar kerap membuat anak tidak terkontrol konsumsi uang jajannya. Belum lagi resiko makan jenis makanan yang tidak steril dan juga tidak sehat sehingga perlu ditangani dengan baik.
Luangkan waktu membuat masakan meski berbumbu sederhana namun anak-anak menyukainya. Membuatkan seduhan teh hangat Sariwangi juga membangun psikologi anak yang penuh kasih kepada orangtuanya.

You might also like

Comments (32)

  • Widya Lovers 2 years ago Reply

    Makin cinta deh sama mba widya ternyata keibuan juga. Love u mba wid :*

  • Tian Lustiana 2 years ago Reply

    Wih keren Widya, blm punya anak tapi sudah memerhatikan hal seperti ini 🙂

  • Imawan Anshari 2 years ago Reply

    Catat dulu nih, supaya nanti bisa dipraktekan saat waktunya tiba hehehe

  • Blogger Jepara 2 years ago Reply

    Apapun yang dilakukan ibu, yang terpenting adalah ungkapan cintanya dipahami anak.

  • Susindra 2 years ago Reply

    Ah ya bener… yg simpel2 seperti ini bisa mendekatkan anak

  • Makasih sharingnya, nmba
    Bahagia banget aku kalau bisa menemani anak tidur, mba 🙂

  • widyantiyuliandari 2 years ago Reply

    Syik…asyik… semua udah kulakuin. TFS

  • Alfa Kurnia 2 years ago Reply

    Ini bener banget. Hal-hal sederhana yang sangat berarti bagi anak.

  • Alfa Kurnia 2 years ago Reply

    Nah, iya bener banget, mbak. Sederhana tapi berarti buat anak.

  • Setelah diantar ke tempat tidur, ditemani, tak jarang anak memegang jemari kita sampai ia tertidur.

  • dilan deswara 2 years ago Reply

    Wah harus di bookmark dulu, sebelum punya anak

  • Anisa Ae 2 years ago Reply

    Alhamdulillah semua sudah 🙂 Dia lengket banget ma aku. Kalo pas aku nangis, malah dia yang elus-elus rambutku dan meluk aku.

  • Hairi Yanti 2 years ago Reply

    Wah, terima kasih sharingnya, Mbak 😀

  • Mugniar 2 years ago Reply

    Itu bentuk2 perhatian yang disukai anak, apalagi kalo orang tuanya ada pas anaknya butuh .. mereka pasti merasa senang 🙂
    Trims sudah main ke blog saya ya Mbak. Salam kenal juga 🙂

  • Mugniar 2 years ago Reply

    Hal-hal sederhana, tapi anak2 pasti senang ditemani apalagi kalau mereka pas butuh, kita – sebagai orang tuanya ada untuk mereka, ya Mbak 🙂

    Salam kenal juga. Terima kasih sudah main ke blog saya 🙂

  • khair 2 years ago Reply

    solusi untuk anak yang hiperaktif gimana ya mbak?

  • Azmi 2 years ago Reply

    Biasanya klo anak yang rasa ingin tahunya tinggi, sebelum tidur minta di dongeng dlu

  • Kholis 2 years ago Reply

    kalo saya lebih menekankan pada komunikasi yang baik dan tidak memaksa anak melakukan suatu hal

  • Irawati Hamid 2 years ago Reply

    hal-hal kecil namun memberi arti yang sangat besar pada anak yah Mbak Lidya 🙂

  • Rotun DF 1 year ago Reply

    Simpel tapi ngena ya Mba. Salam kenal..pengunjung baru nih 🙂

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya sama2

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya mbak hehehe

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya benar sekali mbak 😀

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya mas hehehe

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Hehehe teh tian bisa aja. Semoga nanti pas ketika punya anak bisa diaplikasikan hehehe

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Ini siapa ya?

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya sama – sama mbak. Semoga bermanfaat ya 🙂

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya kak. Buat bekal ilmu sebelum pnya anak hehe

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya bener banget mas

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya semoga bermanfaat mbak. 🙂

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya sama – sama mbak. 🙂

  • Widya Herma 1 year ago Reply

    Iya mbak. ada yang seperti itu juga

Leave a Reply