Loading...

4 Tempat Wisata Keluarga di Palembang yang Paling Mengesankan

4 Tempat Wisata Keluarga di Palembang yang Paling Mengesankan – Palembang merupakan kota tertua di Indonesia yang memiliki sejarah terpanjang. Kota ini menjadi salah satu magnet wisata air di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2005, Presiden ke-6 RI telah meresmikan Palembang sebagai kota wisata air.

Sebuah program bertajuk Visit Musi 2008 pernah digelar untuk mempromosikan wisata Sungai Musi di Kota Palembang. Tapi, Palembang tidak hanya memiliki Sungai Musi sebagai tempat wisata. Kota pempek ini juga menyuguhkan destinasi wisata untuk keluarga. Teman – teman tertarik berkunjung ke sana? Inilah daftar Tempat Wisata Keluarga di Palembang

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan bangunan milik Kesultanan Palembang Darussalam di masa silam. Bangunan ini didirikan pada abad ke-18. Meskipun usianya sudah ratusan tahun, tapi bentuknya tetap kokoh.

Benteng Kuto Besak Palembang

(sumber : travel.grivy.com)

Benteng Kuto Besak dikelilingi 4 sungai, yaitu Sungai Musi, Sungai Kapuran, Sungai Tengkuruk, dan Sungai Sekanak. Benteng ini memiliki halaman luas yang ditumbuhi rumput hias. Jalan di depan benteng telah dilapisi aspal sehingga tampak rapi.

Biaya tiket masuk ke Benteng Kuto Besak hanya Rp5000,00 per orang. Teman – teman boleh menyusuri semua bagian benteng ini, kecuali tempat kediaman sultan. Menjelang petang, Anda bisa menyaksikan panorama matahari terbenam yang mengagumkan.

Taman Rusa Pusri

Apakah Teman – teman memiliki Anak yang menyukai Rusa? Taman Rusa Pusri merupakan salah satu Tempat Wisata Keluarga di Palembang yang tepat. Taman Rusa Pusri berlokasi di kompleks perumahan dan pabrik Pupuk Sriwijaya. Ketika hari libur, banyak orang mengunjungi tempat ini, terutama dari kalangan anak-anak.

Taman Rusa Pusri Palembang

(sumber : hellopalembang.com)

Pengelola Pupuk Sriwijaya tidak memungut biaya apa pun dari pengunjung yang ingin melihat rusa. Rusa-rusa tersebut berkeliaran di atas hamparan rumput. Semua pengunjung boleh memberikan makanan untuk rusa. Selain itu, Teman – teman juga bisa berfoto bersama rusa.

Museum Negeri Balaputra Dewa

Museum Negeri Balaputra Dewa Palembang

(sumber : triptrus.com)

Sebuah bangunan tradisional tampak menjulang dari kejauhan. Atapnya yang berbentuk limas disangga empat buah tiang berwarna keemasan. Tepat di depan bangunan, ada patung Dewa Ganesha yang sedang bersila. Itulah Museum Negeri Balaputra Dewa yang mengabadikan kenangan masa silam Kota Palembang.

Museum Negeri Balaputra Dewa sempat mengalami pemugaran pada tahun 2012. Tapi, semua itu tidak mengurangi keindahan museum. Arsitektur asli museum ini tetap dipertahankan.

Museum Negeri Balaputra Dewa menyimpan koleksi berupa benda-benda tradisional khas Palembang, replika rumah tradisional, prasasti, arca kuno, binatang yang diawetkan, dan bebatuan zaman purba. Kalau masuk lebih ke dalam, Teman – teman akan menemukan alat tenun songket beserta kainnya sepanjang 6 meter dan lebarnya 25 meter. Alat tenun songket tersebut sudah ada sejak zaman Kesultanan Palembang Darussalam.

Baca: 5 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi Untuk Berakhir Pekan Bersama Keluarga

Museum Negeri Balaputra Dewa dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palembang. Pengelola membuka museum ini dari hari Selasa sampai Minggu. Biasanya, mulai dibuka sejak pukul 08.00 WIB. Harga tiket masuknya sangat murah, yaitu Rp2000,00 per orang.

Jembatan Ampera dan Pulau Kemaro

Jembatan Ampera dan Pulau Kemaro Palembang

(sumber : panduanwisata.id)

Pergi ke Palembang tidak lengkap kalau belum ke Jembatan Ampera. Jembatan Ampera disebut-sebut mirip Golden Gate Bridge London. Jembatan ini menjadi salah satu ikon Kota Palembang.

Ketika malam hari, Jembatan Ampera tampak lebih eksotis. Tempat Wisata Keluarga di Palembang yang satu ini menyuguhkan pemandangan berupa Lampu-lampu jembatan yang menyala terang di antara kegelapan malam. Banyak mobil melintas di atas jembatan, menambah semarak suasana. Teman – teman bisa menikmati keindahan jembatan sepuasnya dari tepian Sungai Musi tanpa harus membayar tiket masuk.

Tidak jauh dari Jembatan Ampera, ada sebuah pulau di tengah Sungai Musi. Orang menyebutnya Pulau Kemaro. Pulau ini memiliki kelenteng yang menjadi tempat ibadah dan berziarah. Biasanya, para peziarah mendatangi makam Putri Palembang.

Selain itu, di Pulau Kemaro terdapat pagoda yang mempunyai 9 lantai. Konon, pengunjung yang masuk ke pagoda ini hatinya harus bersih. Kalau hati Teman – teman kotor, bisa tersesat ketika mencari jalan keluar dari pagoda.

Itulah beberapa Tempat Wisata Keluarga di Palembang yang bisa Teman – teman kunjungi bersama keluarga. Soal penginapan, Teman – teman tidak perlu khawatir. Airy Rooms siap membantu Teman – teman mencari hotel murah di Palembang. Hotel yang ditawarkan memiliki berbagai fasilitas, seperti kamar ber-AC yang dilengkapi televisi, kamar mandi, dan sarapan pagi.

Airy Rooms Hotel Murah

Selain itu, teman – teman diberikan kemudahan untuk booking secara langsung melalui website atau aplikasi yang terpasang pada smartphone Teman – teman baik Android ataupun Apple. Pembayarannya juga mudah, bisa via transfer bank ataupun kartu kredit.

So tunggu apalagi? Yuk jalan – jalan ke Palembang.

You might also like

No Comments

    Leave a Reply