Donasi Online dan Program Rumah Zakat di Masa PPKM Covid 19 – Indonesia kini tengah dihadang oleh lonjakan covid19 gelombang kedua, yang mana dampak dari lonjakan tersebut mengakibatkan sulitnya untuk mengakses fasilitas kesehatan, baik yang terdampak covid maupun yang tidak sama sekali. Disamping itu, kebutuhan pangan juga semakin berkurang karena lonjakan yang terjadi.

Untuk itu, Rumah Zakat yang merupakan Lembaga nirlaba terkemuka di Indonesia, Kembali mengambil peran dalam penanganan covid19, dengan meluncurkan beberapa program terbaru di masa PPKM khususnya.

Adapun press conference yang diselenggarakan Rumah Zakat secara Online melalui Zoom Meeting, guna mensosialisasikan pentingnya program-program tersebut untuk bisa diketahui oleh masyarakat secara luas. Bersama Chief Executive Officer Rumah Zakat Nur Efendi serta Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda, konferensi press tersebut berjalan secara lancar tanpa kendala.

Bersama Hadapi Corona dengan Program dari Rumah Zakat

Sebagai upaya untuk membantu masyarakat maupun tenaga kesehatan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Rumah Zakat telah mengalokasikan dana hingga 10 miliar. Dan hingga kini, telah ada 219.701 masyarakat yang menerima manfaat dari program Bersama Hadapi Corona yang diluncurkan oleh Rumah Zakat.

Bersamaan dengan hal itu, pada kesempatan konferensi pers pada 6 Juli 2021 kemarin, Rumah Zakat juga turut menyampaikan bahwa terdapat 4 fokus utama Rumah Zakat dalam merespon PPKM, diantaranya:

  • Ingin memberikan informasi yang optimis

Kita semua sama-sama menyadari bahwa informasi yang optimis bisa meningkatkan harapan serta menjadi sumber kekuatan bagi kita semua, untuk bisa menghadapi corona bersama-sama. Salah satu bentuk upayanya adalah dengan memaksimalkan media internal sebagai media edukasi dan informasi covid, serta menjadikan cab sebagai pos covid19.

  • Memberikan bantuan kesehatan

Bantuan kesehatan yang diberikan oleh Rumah Zakat meliputi bantuan logistic dan perlengkapan RS Covid, bantuan oksigen dan ventilator, layanan ambulan pasien dan jenazah covid, layanan konsultasi covid serta bantuan vaksin.

Bantuan Oksigen Rumah Zakat

  • Jaminan Sosial

Yakni dengan memberikan paket sembako dan suplemen bagi mustahik yang terdampak, serta melakukan distribusi makanan dan superqurban dengan memaksimalkan dapur mobile.

  • Ekonomi dan ketahanan pangan

Disini Rumah Zakat Kembali melanjutkan program sebelumnya, terkait program yang menyasar pada UMKM dan pangan.

Seperti yang dipaparkan diatas terkait fokus utama program dari Rumah Zakat, salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi. Maka Rumah Zakat juga turut bermitra dengan dinas kesehatan DKI Jakarta serta kelurahan tanah tinggi, Jakarta Pusat.

Saat konferensi pers 6 Juli kemarin, setidaknya sudah ada 400 orang yang menerima vaksin dari Rumah Zakat. Tak berhenti disitu, Rumah Zakat rencananya akan terus meningkatkan jumlah penerima manfaat vaksin, dengan target 4000 masyarakat hingga 10 hari ke depan.

Selain daripada vaksinasi, Rumah Zakat juga meluncurkan mobil ambulan yang tersebar di 11 kota di Indonesia. Apa saja kota yang tercover oleh ambulan dari Rumah Zakat? Yaitu daerah-daerah yang tergolong zona merah, seperti Jabodetabek, Bandung,  Surabaya hingga yang berada di luar pulau seperti Pontianak. Dimana kehadiran ambulan tersebut, bisa dimanfaatkan untuk pasien yang terdampak covid maupun jenazah covid 19.

Program Bantuan Rumah Zakat

Menjelang hari raya Idul Adha, Rumah Zakat juga telah mempersiapkan program Super Qurban. Program ini akan sangat memudahkan masyarakat untuk bisa menerima daging qurban. Karena nantinya daging akan dikalengkan dalam bentuk kornet ataupun rendang, sehingga daging akan memiliki ketahanan yang lama. Dengan begitu, daging qurban yang telah dikalengkan tersebut, bisa didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Demi kelancaran program-program yang diluncurkan Rumah Zakat dalam mengatasi lonjakan covid19, maka Rumah Zakat mengajak kita semua untuk bisa mengulurkan tangan dan memberi bantuan dalam bentuk donasi online covid 19.

Untuk berdonasi, masyarakat bisa memilih donasinya akan diserahkan untuk kebutuhan seperti berikut

  • Bantuan Rumah Singgah Covid 19
  • Ambulans Pasien Covid 19
  • Sedekah Oksigen Pasien Covid
  • Vaksinasi Covid
  • Berbagi Makan Keluarga
  • Wakaf Ruang Pasien Covid
  • Bingkisan Keluarga Prasejahtera
  • APD Tim Medis Covid19
  • Lindungi Relawan Covid19

Melihat dari program yang diluncurkan Rumah Zakat, kita semua semakin menyadari bahwa begitu banyak PR kita hari ini, untuk bisa bersama hadapi corona. Bahkan di salah satu program Rumah Zakat yakni bantuan rumah singgah covid 19, Rumah Zakat juga berupaya untuk mengantisipiasi melonjaknya ruangan di rumah sakit. Maka dari itu, Rumah Zakat juga telah menyiapkan lokasi untuk tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang membutuhkan.

Program Rumah Zakat

Baca: 5 Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Tak hanya berfokus pada masyarakat, tenaga kesehatan juga ikut mendapat perhatian dari Rumah Zakat. Terlihat dari program APD Tim Medis Covid 19, disini Rumah Zakat memberikan perlindungan bagi relawan covid yang telah menunjukan aksi heroiknya di masa pandemic ini.

Itulah mengapa, bisa dikatakan bahwa Rumah Zakat menjadi Lembaga yang bisa diandalkan sebagai solusi dari melonjaknya Covid 19. Jadi jangan sungkan untuk memberikan bantuan, karena besar dan kecilnya, tidak menjadi ukuran. Tapi justru jadikan moment ini sebagai moment untuk bisa bergotongroyong serta membuktikan bahwa kita benar-benar bangsa yang utuh, satu kesatuan.

Semoga niat baik kita semua untuk membantu sesama, tidak menjadi sia-sia. Karena tentunya akan menjadi sangat luar biasa, bila harta yang kita miliki menjadi senjata yang bisa menyelamatkan manusia di luar sana.

Informasi detail terkait Rumah Zakat

Twitter : @rumahzakat

Instagram : @rumahzakat

Website : rumahzakat.org