Banyak orang yang berpikir kalau menjadi public figure itu akan selalu menyenangkan. Mulai dari popularitas yang didapat, perhatian para fans, banyak harta dsb tapi yang seringkali orang-orang tidak sadari, bahwa public figure juga manusia.

Bisa merasakan sedih, terluka, marah, kecewa dsb namun karena ada nama baik yang perlu dijaga,  maka kebanyakan dari mereka biasanya menutup rapat-rapat cerita sedih yang menimpa diri mereka. Selalu tersenyum di depan kamera, seolah-olah kesedihan yang menimpa tidak pernah ada.

Demikian halnya yang dilakukan oleh Nia Ramadhani, aktris yang dulunya saya kenal pertama kalinya di film Bawang Merah, Bawang Putih. Generasi 90-an pasti akrab karena dulu tiap malem tontonannya ini hehehe

Masa Lalu Nia Ramadhani

Kembali ke kisah hidup Nia Ramadhani yang banyak orang ketahui, sebenarnya Nia Ramadhani tumbuh di keluarga yang broken home, jadi orang tuanya memutuskan untuk bercerai, dan hal itulah yang kemudian mengubah kehidupan Nia Ramadhani selamanya.

Kedua orang tua Nia Ramadhani bercerai Ketika Nia Ramadhani tengah berusia 8 tahun. Dan saat itulah Nia Ramadhani banyak kehilangan masa bermainnya, karena harus menjemput rezeki demi menghidupi keluarganya dan agar tetap bisa bersekolah. Alhasil, setiap kali pulang sekolah, Nia Ramadhani langsung pergi ke lokasi syuting, tidak bermain dengan teman-temannya, seperti umumnya anak-anak seusia ia saat itu.

Nia Ramadhani saat masih memerankan Bawang Merah – Sumber: Kumparan[dot]com

Terlebih perceraian kedua orang tuanya juga menimbulkan luka dan trauma secara batin, yang mana hal itu tak akan mungkin bisa dilupakan begitu saja. Secara kenyataan, Nia Ramadhani juga dihadapkan dengan fakta bahwa ia harus berjarak dengan ayahnya. Tentu sangatlah sulit bagi seorang anak untuk terpisah dan harus memilih untuk tinggal dengan salah satu orang tuanya saja.

Setelah bertahun-tahun lamanya mencoba menerima kenyataan sebagai anak broken home, Nia Ramadhani mencoba membangun kedekatan dengan ayahnya, namun takdir berkata lain, ayahnya harus meninggal karena kanker tulang, dimana usia Nia Ramadhani masih terbilang cukup belia pada saat itu.

Lahirnya Cerita Ade

Kesedihan dan titik balik perjalanan Nia Ramadhani sebagai anak broken home tentunya meninggalkan trauma dan luka batin yang butuh pemulihan. Meskipun kini Nia Ramadhani telah dikelilingi oleh orang-orang yang mencintainya, yaitu suami dan keluarganya.

Nia Ramadhani. Sumber foto: Tribun[dot]com

Seperti yang kita ketahui, berikut beberapa moment istimewa Nia Ramadhani bersama mertuanya dan juga anak-anaknya. Sekilas memang jika diperhatikan, semuanya terlihat baik-baik saja.

Nia Ramadhani dan Keluarga

Namun tetap saja ada trauma membekas yang justru terjadi jauh sebelum Nia Ramadhani menikah dengan suaminya, Ardie Bakrie. Karena faktanya, ada jenis trauma yang bisa dialami setiap manusia, pertama adalah trauma yang dapat diselesaikan dan ada juga trauma yang tidak dapat terselesaikan. Itu sebabnya Cerita Ade ini lahir sebagai ajang pemulihan trauma dari seorang Nia Ramadhani.

Jika selama ini, kita melihat Nia Ramadhani di layar kaca sebagai public figure yang selalu terlihat bahagia, di “Cerita Ade” ini tentunya kita akan melihat bagaimana wajah lain yang sebenarnya.  Bersama dengan ayah Pidi Baiq, Nia Ramadhani nantinya akan berkisah tentang perjalanan hidupnya sebagai anak broken home, Adapun karakter ade, dalam Cerita Ade, nantinya adalah representasi dari Nia Ramadhani.

Bagi teman-teman yang penasaran dengan karya “Cerita Ade” yang merupakan kolaborasi antara Nia Ramadhani dan Ayah Pidi Baiq, selaku penulis yang juga telah menelurkan karya luar biasa seperti Dilan, Milea, Drunken Marmut, Drunken Mama dsb.

Silahkan temen-temen bisa langsung stay tune di instagramnya @cerita.ade karena nanti akan ada informasi terkini seputar buku Cerita Ade, yang rencananya akan di launching bulan Desember 2022.