Popularitas Brebes sebagai daerah penghasil telur asin berkualitas memang tak perlu diragukan lagi. Perkembangan sejarah telur asin di Brebes bermula dari masyarakat keturunan Tionghoa yang bermukim di kawasan tersebut. Kala itu, kalangan masyarakat tersebut terbiasa mengawetkan makanan agar tahan lama ketika dibawa bepergian jauh, termasuk telur asin. Kebiasaan masyarakat Brebes yang kerap memproduksi telur asin membuatnya makin terkenal karena dikomersialkan sejak tahun 1950-an.

Kalau kamu pencinta kuliner, tentu saja kamu tak boleh lupa membawa pulang telur asin sebagai oleh-oleh sepulang dari Brebes. Sekarang, jalan-jalan ke Brebes makin praktis dan hemat karena kamu bisa beli tiket KA melalui Traveloka. Aplikasi Traveloka senantiasa siap membantumu mencari tiket KA dengan harga terbaik sesuai rencana keberangkatanmu. Traveloka membuat persiapan akomodasi untuk liburan ke Brebes dan kota-kota lainnya dapat dilakukan secara mudah hanya dengan bermodalkan smartphone.

Meskipun kelezatan telur asin sudah melegenda, bukan berarti oleh-oleh Brebes hanya sebatas hidangan tersebut. Luangkan waktu untuk berburu aneka oleh-oleh menarik berikut ini selama berada di Brebes:

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Brebes

1. Kerupuk Telur Asin

Masyarakat Brebes ternyata semakin kreatif mengolah telur asin sebagai oleh-oleh khas yang berbeda dibandingkan buah tangan dari daerah lain. Selain diolah dengan teknik rebus dan asap, telur asin juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerupuk. Cita rasa kerupuk berbahan telur asin sangat gurih sehingga disukai banyak orang. Harganya juga ekonomis sehingga tidak akan menguras isi kantongmu ketika belanja oleh-oleh.

2. Ikan Serinding Crispy

Kalau kamu menyukai makanan bertekstur renyah seperti kerupuk, maka kemungkinan besar kamu pun akan menyukai oleh-oleh Brebes berupa ikan serinding crispy. Ikan serinding yang berukuran kecil dicuci bersih lalu dibalut dengan adonan tepung sebelum digoreng supaya teksturnya renyah. Buah tangan ini tidak hanya sedap dijadikan camilan tetapi juga cocok menjadi lauk pelengkap nasi hangat.

3. Bawang Goreng

Brebes juga tersohor sebagai kabupaten penghasil bawang merah terbanyak di tanah air. Kondisi geografisnya yang subur membuat bawang Brebes dikenal memiliki kualitas terbaik karena berukuran besar dan cita rasanya manis. Membawa pulang bawang merah segar sebagai oleh-oleh memang merepotkan. 

Namun, kamu bisa memilih alternatif buah tangan berupa bawang goreng. Produk bawang goreng Brebes diolah secara cermat sehingga tahan lama dan dikemas secara apik supaya mudah dibawa pulang para wisatawan. Liburan ke Brebes tentu terasa belum lengkap kalau kamu tidak memborong bawang gorengnya yang super lezat.

4. Kerupuk Rumput Laut

Belum banyak orang yang tahu kalau Brebes juga merupakan daerah budidaya rumput laut jenis Gracilaria. Itulah sebabnya kamu bisa menemukan olahan rumput laut dengan mudah ketika berada di kabupaten tersebut, salah satu yang paling disukai adalah kerupuk rumput laut. 

Perpaduan rasa gurih dan tekstur renyah pada kerupuk rumput laut jelas membuat siapa pun yang mencicipinya jadi ketagihan. Apalagi kini kerupuk rumput laut Brebes dikombinasikan dengan beragam rasa unik, seperti kerang dan bandeng presto.

5. Abon Ikan Bandeng

Makanan lezat khas Brebes berikutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah abon ikan bandeng. Olahan ikan bandeng ini memang unik karena pada umumnya abon terbuat dari sapi atau ayam. Daging ikan bandeng yang sudah dibersihkan dimasak bersama minyak dan bumbu-bumbu hingga mengering dan teksturnya hancur. 

Selanjutnya, abon ikan bandeng akan melewati proses pengeringan agar kadar minyak di dalamnya berkurang. Serangkaian proses panjang tersebut menghasilkan abon yang lezat dan tahan lama sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.

6. Kerupuk Tulang Bandeng

Bandeng bukan hanya memiliki daging yang lezat dan kaya gizi. Bagian tulangnya juga bisa diolah menjadi kudapan lezat bila diolah dengan cara yang tepat. Tulang ikan bandeng yang kaya kalsium dihaluskan lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti tepung tapioka, tepung terigu, garam, merica, dan bawang putih yang dihaluskan. Adonan kerupuk dikukus sampai matang lalu diiris tipis-tipis sebelum dijemur hingga kering. Tak sekadar memuaskan selera lidah, kandungan kalsium yang tinggi pada camilan ini juga baik untuk menjaga kesehatanmu.

7. Wedang Saritem

Tahukah kamu kalau Brebes punya minuman khas bernama wedang saritem?

Nama minuman tersebut merupakan singkatan dari sari jahe beras hitam. Sesuai dengan namanya, wedang saritem memang terbuat dari campuran sari jahe dan beras hitam yang diberi tambahan gula serta daun pandan. Bila dilihat sekilas, wedang saritem terlihat hitam pekat seperti kopi. Namun, aromanya didominasi jahe yang sangat kuat. 

Baca: Oleh Oleh Bandung Murah yang Bisa Dibawa Pulang

Konsumsi wedang saritem sangat baik untuk menghangatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Minat masyarakat dan wisatawan terhadap minuman tradisional ini membuat wedang saritem makin terkenal dan diproduksi secara serius agar masa kedaluwarsanya lebih lama. 

Sekarang, kamu tahu kan kalau banyak oleh-oleh makanan lezat yang sayang untuk dilewatkan ketika kamu berlibur ke Brebes. Bujet untuk oleh-oleh tentu bisa diperbesar bila kamu bisa menghemat biaya akomodasi dengan bantuan Traveloka. Ini waktunya nikmati liburan seru sambil menyiapkan oleh-oleh istimewa untuk orang terdekatmu.