“Life begins at 30” atau “Hidup di mulai dari usia 30 tahun” pasti ga asing di telinga orang-orang yang sebentar lagi akan memasuki usia 30 tahunan. Pertanyaannya, kenapa sih bisa sampe ada ungkapan kaya gitu? Jawabannya karena usia 30 tahun, selalu dianalogikan sebagai titik balik dalam hidup.

Biasanya, perjuangan yang udah kita usahakan mulai jelang usia 20-an seperti kuliah, hingga di usia 20-an seperti menentukan karir dan sebagainya, biasanya sudah mulai pelan-pelan bisa dinikmati, dan di usia 30 tahunan juga seringkali dianggap sebagai umur yang sudah lebih well prepared terhadap banyak hal. Mulai dari menentukan pasangan hidup bagi yang belum menikah, mau punya anak berapa, hingga menentukan ingin menghabiskan masa tua dimana dsb.

Nah, kalo kamu seringnya fokus terhadap hal-hal non-riil yang ada di dalam diri kamu. Kira-kira udah mulai fokus belum ya, terhadap hal-hal real yang keliatan nyata di cermin, seperti penampilan hingga kulit wajah misalnya. Di usia 30 tahunan, akan lebih baik jika kamu juga rutin melakukan perawatan kulit wajah yang tepat, karena meskipun kelihatannya masih lama nih, untuk mencapai usia 50 tahunan, tapi yang namanya penuaan, flek hitam dan berbagai masalah kulit wajah lainnya, udah bisa muncul dari kamu usia 30 tahunan, lho. Menurutku, inilah beberapa perawatan wajah yang perlu kamu usahakan jelang 30 tahunan.

·  Lakukan Pembersihan Wajah yang Optimal

Sebagai anak kelahiran 94 yang artinya masuk ke dalam kategori millennial, aku pernah ada di fase kalau cuci wajah itu ya pake air aja cukup, atau pake pembersih muka aja. Saat itu memang micellar water belum familiar kaya sekarang. Nah, kalo sekarang kan lebih praktis, udah ada yang namanya micellar water facetology. Yang mana kandungannya bukan Cuma berisi air udah gitu aja, tapi juga memiliki kandungan berikut:

–   Calendula: memiliki manfaat dalam menenangkan kulit, mengurangi kemerahan, iritasi, peradangan pada kulit, mambantu keseimbangan kulit & mengatur produksi sebum.

–   Panthenol: Membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, membantu memperkuat skin barrier sekaligus efektif dalam menenangkan & mengurangi iritasi kulit.

–   Hyaluronic 4D: Membantu peremajaan juga elastisitas kulit, memberikan kelembapan serta hidrasi, mengurangi tampilan garis halus & Kerutan.

Dengan adanya kandungan-kandungan tersebut, maka micellar facetology juga layak jadi rekomendasi micellar water terbaikmu karena pastinya bakalan ampuh banget dalam membersihkan kulit wajah secara lembut, menyeluruh hingga lapisan terdalam hanya dalam satu usapan aja. 

Good news nya, ini tuh kaya mereduksi step-step pembersihan kulit wajah ga sih, yang dulu harus pake air dan sabun. Eh ternyata pake micellar water facetology membuat proses pembersihan wajah jadi lebih optimal, jadi ga ada lagi tuh istilah ketiduran lupa bersihin sisa makeup kalau udah ada micellar water facetology.

·  Pakai Toner untuk Menyeimbangkan pH Kulit

Setelah membersihkan wajah, pastikan kamu menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit. Nyatanya emang sepenting itu menyeimbang pH kulit, karena kulit dengan keseimbangan pH yang tidak terjaga bisa berakibat pada iritasinya kulit dan timbulnya jerawat. Dan yang terpenting tujuan lain dari penggunaan toner juga membantu mengangkat sisa-sisa kotoran yang mungkin masih tertinggal. Tips untuk kamu yang mau pilih toner, kamu bisa pilih toner yang mengandung bahan-bahan alami dan tidak mengandung alkohol agar tidak membuat kulit kering.

·  Serum untuk Perawatan Khusus

Jelang usia 30-an, jangan lupa untuk selalu pake serum sebagai bagian dari step skincaremu. Kebanyakan orang seringkali ngerasa cukup pake sunscreen aja, padahal serum juga jadi bagian yang ga boleh terlupakan. Dan memilih serum itu ga sulit yang dibayangkan lho, kamu bisa pilih serum yang mengandung bahan-bahan seperti retinol, vitamin C, atau peptida untuk meremajakan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Gunakan serum secara teratur sesuai dengan petunjuk penggunaan untuk hasil yang optimal.

·  Perlindungan dari Sinar UV

Seperti yang aku singgung sebelumnya, kalau kebanyakan sunscreen aja yang dapat perhatian. Nah, disini aku juga mau sharing tentang pentingnya pake sunscreen setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. Apalagi kalau kamu punya kulit yang tipenya kering, pasti akan butuh pelembab yang kandugannya 2x lipat dalam menghidrasi. 

sunscreen facetology

Dan oh iya, pilih pelembapnya yang sesuai dengan jenis kulitmu dan harus mengandung SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV seperti halnya Sunscreen Facetology yang diformulasi menggunakan HYBRID formulation dengan menggabungkan kedua macam tipe UV Filters baik physical maupun chemical, terbukti ampuh dalam memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar UV Matahari.



Tak heran juga kalo pada akhirnya produk-produknya Facetology sering jadi pilihan karena facetology selalu menggunakan formula terbaik pada sunscreennya seperti Niacinamide, White Ten TM & Tranexamic Acid CICA, Mugwort & SyriCalm.

·  Rutin Melakukan Eksfoliasi

Kita mungkin tidak sadar kalau kulit wajah kita seringkali mengalami regenerasi, yaitu proses dimana lapisan kulit mendorong lahirnya sel-sel kulit baru hingga naik ke permukaan. Dan naiknya sel-sel baru ini, otomatis membuat sel-sel lama di permukaan epidermis terluar menjadi sel-sel kulit mati. Itu sebabnya perlu meluangkan waktu untuk sekedar melakukan eksfoliasi seminggu sekali, ini memungkinkan kulit wajah tetap sehat dan cerah.

·  Gunakan Masker untuk Menutrisi Kulit

Meskipun tidak tergolong sebagai step-step dari basic skincare, tidak ada salahnya juga untuk menggunakan masker wajah sebagai bagian dari tambahan dalam merawat kulit wajah. Agar tidak mengundang masalah kulit, pastikan untuk menggunakan masker yang mengandung bahan-bahan yang baik untuk kulit, seperti hyaluronic acid atau vitamin C, untuk hasil yang lebih baik. Jangan lupa maskeran seminggu sekali atau sesuai dengan kebutuhan kulitmu ya.

Baca: Tips Cantik ala Putri Bangsawan Menggunakan Produk Kecantikan Roro Mendut

Kalau kamu membutuhkan produk skincare seperti facetology mereka memiliki official store di Tokopedia, lho. Kamu cukup dengan buka aplikasi tokopedua aja. Oh iya, di Tokopedia sendiri, kamu bisa menemukan berbagai produk skincare dari berbagai brand ternama dengan harga yang terjangkau. Selain itu, yang bikin betah belanja di Tokopedia adalah metode pembayarannya juga sangat beragam dan aman. Kalau kamu sudah menentukan produk yang mau kamu beli, kamu  bisa membayar melalui transfer bank, e-wallet, atau menggunakan fitur COD jika ingin membayar saat barang sudah sampai. Jadi, nggak perlu khawatir belanja skincare di Tokopedia!

Bayangin deh, kulit kamu akan se-glowing apa dengan melakukan perawatan wajah yang tepat dan teratur sebelum usia 30-an, pastinya kulit wajahmu akan jauh lebih sehat, bercahaya, dan awet muda. Terlepas dari skincare apa saja yang mau kamu gunakan, jangan lupa untuk selalu konsisten dengan rutinitas perawatan kulitmu ya, dan jangan ragu untuk mengkonsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan jika kamu memiliki masalah kulit yang lebih serius.