Loading...

5 Tips dan Trik Jitu Menyimpan Makanan Tanpa Bantuan Kulkas atau Lemari Pendingin

Cara praktis yang kini digunakan kebanyakan orang untuk menyimpan makanan adalah dengan memasukkan makanan ke dalam kulkas. Namun, bagaimana jadinya bila suatu ketika kamu harus dihadapkan kenyataan bahwa tidak selamanya kamu dapat selalu mengandalkan keberadaan kulkas.
Terlebih lagi, harga yang mahal menjadi salah satu faktor mengapa tidak semua kalangan dapat memiliki kulkas. Meski begitu, kamu jangan khawatir. Karena ada beragam cara alami yang dapat kamu lakukan dalam menyimpan makanan.
1. Udara Dingin
Bagi kamu yang bertempat tinggal di daerah dataran tinggi. Selamat, kamu berkesempatan untuk mempraktekkan cara ini. Pasalnya, Udara dingin dapat membantu kondisi makanan agar tetap sehat. Caranya, kamu cukup memasukkan makanan ke dalam wadah tertutup kemudian letakkan di dekat atau dipinggir jendela kamar di malam hari. Tunggu keesokan harinya, kesegaran makanan yang terdapat di dalam wadah tertutup tersebut akan tetap terjaga.
2. Pengeringan
Mengawetkan makanan dengan tekhnik menjemurnya di bawah sinar mentari ini ternyata dapat diterapkan untuk mengawetkan ikan atau daging. Namun, tidak cocok bila diaplikasikan untuk mengawetkan buah dan sayuran.
3. Mangkok yang Diisi Air
Masukkan air ke dalam Mangkok Makan yang hendak dipakai untuk menampung buah atau sayuran yang hendak disimpan. Kemudian redam buah atau sayuran ke dalam mangkok makan yang telah diisi air tadi.
4. Mangkok Berisi Es
Untuk mempertahankan kesegaran buah atau saayuran lebih lama lagi. Kamu juga dapat menaruh buah atau sayuran di dalam mangkok makan yang telah diisi bongkah es. Bila sebelumnya dibahas dengan menggunakan air, kini kamu juga bahkan melakukan pengawetan dengan memanfaatkan bongkahan es.
5. Pengasapan
Bagi kamu yang tinggal di daerah pantai atau pesisir. Tekhnik ini tentu sudah sangat kamu kenali. Biasanya pengasapan ini dilakukan untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan di laut. Karena dinilai tekhnik mengawetkan makanan dengan melakukan pengasapan dapat membuat kelayakan makanan bertahan lama.
Menyimpan Makanan Dengan Pengasapan
Nah, dengan berbekal 5 Tips dan Trik Jitu Menyimpan Makanan Tanpa Bantuan Kulkas atau Lemari Pendingin. Diharapkan, kamu gak galau lagi apabila hendak menyimpan atau mengawetkan makanan namun tidak ada kulkas. 
Dengan tekhnik tradisional seperti ini, tentu dapat menjaga makanan agar lebih tahan lama untuk dikonsumsi. Selain itu, Kamu dapat menyesuaikan tekhnik diatas sesuai dengan makanan yang hendak disimpan. 
Tentu tekhnik yang digunakan untuk menyimpan daging akan berbeda dengan menyimpan sayuran. Selamat Mencoba!

You might also like

No Comments

    Leave a Reply