Tips

Tips Jitu Mengatasi Kesulitan Tidur atau Insomnia Ala Widya Herma

Akhir – akhir ini saya dilanda problematika sulit tidur. Memang sih, rasanya begitu menyebalkan. Menyebalkannya tuh disini.. iya, menyebalkannya itu bikin besoknya ga produktif karena badan tentu akan terasa lemas, leuleus, lungse, lelah dan menyerah.
Selain itu, akibat sulit tidur atau yang biasa dikenal dengan istilah insomnia ini akan berdampak serius pada konsentrasi saat menjalani hari – hari. Contohnya aja, saya pernah mau keramas pake sabun mandi yang seharusnya menggunakan Shampoo. Saking ga fokus dan konsentrasinya, tentu banyak aktivitas menjadi tidak lancar saat dilakukan.
Cara Mengatasi Insomnia
Source : Google
Gak hanya bikin hari – hari jadi ga produktif dan ga fokus. Insomnia juga bikin saya jadi pusing di pagi harinya. Namun, akhir – akhir ini saya berupaya untuk mengatasi keluhan sulit tidur yang saya alami dengan berbekal tips berikut ini.
1. Jauhkan Diri dari Gadget Sebelum Tidur

Sebelum tidur, sebaiknya jauh – jauh deh dari yang namanya gadget. Eh, seriusan lho ini gak pake dusta. Gadget bikin kita ga ngantuk atau bahkan ga tidur. Selain itu, gadget sendiri juga bikin kita asyik sendiri sampe lupa waktu. 
Salah satunya lupa tidur. Oh iya, sebelum menjauhkan diri dari gadget untuk kualitas tidur yang lebih baik. Jangan lupa untuk mengatur setting gadget kebanggaanmu pada mode senyap atau silent. Karena suara notifikasi tentunya dapat membuat kamu kesulitan untuk tidur nyenyak.
2. Matikan Lampu

Sebenarnya, tidur dalam keadaan lampu menyala itu bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Pasalnya, penelitian mengatakan bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala membuat otak tetap bekerja dan tidak beristirahat. Sehingga keesokan harinya tatkala bangun tidur. Tentu kamu akan merasa kelelahan bukannya bangun dengan segar.
Oh iya, bagi yang tidak terbiasa tidur dalam keadaan gelap. Disarankan untuk menggunakan lampu tidur. Lampu tidur tentu tidak akan membuat suasana kamar tidurmu menjadi gelap namun setidaknya membuat suasana tidurmu menjadi redup. Sehingga kamu pun dapat merasa nyaman saat terlelap.
3. Minum Segelas Air Putih

Menurut pengalaman pribadi widya sendiri. Kesulitan saat tidur biasanya selalu sepaket dengan yang namanya dehidrasi. Ketika merasa kesulitan tidur, biasanya saya langsung minum air mineral. Selain menghilangkan rasa haus. Tentunya, air mineral juga sangat ampuh untuk membuat tubuh merasa nyaman.

4. Ubah Posisi Tidur

Ketika kesulitan tidur mulai melanda, widya seringkali mengubah posisi tidur dalam posisi yang menurut widya sangat nyaman. Posisi tidur sendiri bisa ditentukan sesuai keinginan. Terkadang widya lebih ke pada mengubah posisi tidur dari yang biasanya menghadap ke selatan menjadi menghadap ke utara. 
Ibaratya gitu. Namun posisi berbaring mah tetep lebih seneng menghadap ke kanan. Karena selain baik untuk kesehatan dan tidak menekan jantung. Berbaring ke kanan saat tidur juga merupakan sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Demikianlah tips mengatasi insomnia atau sulit tidur ala Widya Herma. Semoga tips ini dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari. Khususnya bagi yang mengalami keluhan kesulitan tidur. Tipsnya sendiri Alhamdulillah sudah berhasil widya aplikasikan sendiri ketika merasa sulit tidur. Jadi, tips yang satu ini benar – benar teruji klinis oleh penulisnya sendiri hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.