Loading...

Berbagai Jenis Kerusakan AC Beserta Penyebab dan Cara Penanganannya

Widyaherma.com – Hampir semua masyarakat Indonesia memiliki setidaknya 2 buah Air Conditioner (AC) di rumah masing-masing, khususnya mereka yang termasuk ke dalam masyarakat kelas menengah ke atas. Didukung dengan kondisi cuaca Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis.

AC dapat dikatakan termasuk benda krusial di dalam rumah, setara dengan televisi. Bagi Anda yang khususnya bertempat tinggal di daerah perkotaan. Pasti pernah merasa gundah gulana akibat AC rumah Anda rusak tiba-tiba, bukan? Belum lagi ditambah minimnya informasi yang ada mengenai cara membetulkan AC yang tepat dan cepat.

Duuh bikin pusing! Tapi jangan lama-lama pusingnya! Berikut saya jelaskan mengenai berbagai jenis kerusakan AC dan penyebabnya.

AC tak kunjung menyala : Penyebab AC yang tak mau menyala meskipun tidak ada kerusakan pada remote, kemungkinan besar diakibatkan oleh masalah pada koneksi power. Periksa tombol power AC Anda atau sekring kontak, apakah ada gangguan atau tidak. Bila tidak ada gangguan yang terdeteksi, Anda harus memanggil teknisi untuk memperbaiki AC Anda lebih lanjut.

Keluar es ukuran kecil : Munculnya es-es kecil dari AC dibagi menjadi dua persoalan, yang pertama adalah jika es keluar dari pipa besar, maka Anda harus memanggil jasa teknisi AC karena evaporator AC Anda sudah terlalu kotor. Sedangkan jika es yang keluar berasal ari pipa kecil, itu berarti AC Anda kekurangan gas freon. Segera panggil jasa teknisi AC dan jangan menyalakan AC Anda sebelum freon diganti karena dapat mengakibatkan kompresor AC ikutan rusak.

AC tidak dapat dioperasikan menggunakan remote : Ada dua kemungkinan penyebab Anda tidak dapat mengutak-atik suhu AC menggunakan remote, yang pertama adalah kerusakan pada remote controller dan yang kedua adalah kerusakan pada sensor AC. Apabila yang rusak adalah remote AC, Anda hanya perlu mengganti batre atau membeli remote baru di toko elektronik. Namun apabila yang rusak adalah sensor AC, Anda harus memanggil teknisi AC untuk memperbaikinya.

Listrik turun setelah AC dihidupkan : hal ini disebabkan oleh kinerja kompresor yang sudah tidak layak. Sehingga konsumsi listrik semakin lama semakin melebihi daya listrik rumah Anda. Penanganannya ialah mengganti kompresor AC Anda dengan yang baru sesuai dengan spefisikasi AC yang Anda miliki.

Keluar tetesan air dari AC : menetesnya air dari bawah AC yang mengganggu aktifitas Anda dapat disebabkan oleh penyebab yang sama seperti di poin ke-2 diatas, atau juga karena saluran pembuangan AC tersumbat. Segera panggil teknisi AC agar genangan air yang keluar dari AC tidak lagi menghambat kegiatan Anda!

AC mengeluarkan bau : jika muncul bau tidak sedap ketika AC baru dinyalakan, penyebabnya adalah bau makanan atau minuman yang terbawa udara dan menempel di evaporator. Hal ini dapat dicegah dengan cara rutin mencuci sendiri AC Anda atau dengan menggunakan jasa service AC.

AC tidak dingin : sudah mengutak-atik suhu dan power AC ke tingkat paling dingin tapi suhu ruangan tak kunjung dingin? Hal ini disebabkan oleh freon AC yang bocor. Freon yang bocor pada umumnya disebabkan oleh sambungan pipa yang kendur, atasi hal ini dengan cara mengencangkannya menggunakan sekrup.

AC berisik : tidur Anda terganggu karena saat dinyalakan, AC mengeluarkan suara yang berisik dan berderit? Hindari hal ini dengan cara rutin melakukan pengecekan dan pastikan pipa serta cover AC Anda tidak bersentuhan satu sama lain sehingga suara deritan yang mengganggu pun tak terdengar lagi.

Setiap Orang Berhak Atas Pelayanan Jasa Terbaik

Diluar sana, tentu kita banyak menemukan penyedia jasa yang menangani service AC. Namun, untuk dapat mempercayakan kebutuhan service AC tersebut. Anda dituntut untuk dapat melakukan riset apakah memang itu keputusan terbaik atau justru malah sebaliknya. Karena kualitas pelayanan tentu akan menentukan keselamatan barang Anda.

Alih – alih ingin mengatasi solusi, yang ada justru malah mendapat pengalaman tidak menyenangkan. Hal penting yang juga perlu Anda garisbawahi bahwa kesalahan dalam memilih penyedia jasa rupanya dapat berdampak dengan pengeluaran biaya yang semakin membengkak. Tentu Anda tak ingin hal buruk itu terjadi kan? Untuk itu, hadirlah Sejasa.com yang akan membantu memfasilitasi Anda untuk mendapatkan rekomendasi penyedia jasa terpercaya untuk segala jenis kebutuhan terbaik Anda.

Sejasa.com Membuat Perekrutan Penyedia Jasa Menjadi Lebih Praktis

Sudah bukan jamannya lagi Anda harus menelepon penyedia jasa service AC satu persatu hanya untuk mendapatkan layanan service Ac yang tepat untuk Anda. Belum lagi, Anda juga akan dibuat kebingungan untuk menyesuaikan estimasi biaya pelayanan dengan anggaran yang Anda miliki. Karena saking banyaknya yang harus Anda hapal dan Anda catat. Hmmm.. sungguh tidak praktis.

Lain halnya jika Anda mencari kebutuhan layanan Anda di Sejasa.com. Marketplace khusus jasa yang akan memberikan Anda rekomendasi terbaik mengenai jasa maupun layanan yang Anda butuhkan. Mulai dari layanan jasa service AC, spesialis fotografi pernikahan, karering, renovasi bangunan dan masih banyak jasa lainnya.

Anda tak perlu lagi merasa sungkan atau bahkan takut dikecewakan, karena sebelum Anda melakukan perekrutan. Anda akan mendapatkan banyak tawaran dari beberapa penyedia layanan. Sehingga Anda dapat dengan mudah membandingkannya satu sama lain serta menyesuaikannya dengan anggaran yang Anda miliki.

Cara untuk mendapatkan layanan dari Sejasa.com terbilang sangat mudah. Cukup kunjungi laman web Sejasa.com kemudian pilih spesialisasi kategori jasa yang Anda butuhkan atau dapat juga menulisnya di kolom pencarian. Setelah itu, Anda akan melihat beragam daftar rekomendasi penyedia jasa terpercaya yang Anda. Kemudian tulis lokasi Anda untuk memudahkan penyedia jasa menemukan Anda.

Isi request form secara mendetail. Jelaskan kebutuhan Anda secara rinci dan ringkas, ungkapkan permasalahan Anda, letak lokasi kediaman Anda, anggaran Anda, dan pada detail tanggal Anda mulai membutuhkan jasa tersebut. Lampirkan foto bila memang diperlukan selanjutnya Anda hanya perlu menunggu dalam hitungan jam. Anda akan mendapatkan tawaran berupa respon dan estimasi biaya dari penyedia jasa terpercaya yang ada di Sejasa.com. Mudah kan?

Laman Request Form di Sejasa.com

Biasanya Sejasa.com akan menginformasikan empat respon terbaik dari penyedia jasa yang spesifikasinya lengkap berikut dengan penawaran dan estimasi harga dari mereka. Sehingga Anda dapat dengan mudah memperhitungkan estimasi harga yang diberikan penyedia jasa tersebut dan menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

Tak hanya itu, Anda juga dapat melihat hasil daripada pekerjaan penyedia jasa tersebut, membaca review dari pelanggan yang lebih dulu mempercayakan jasanya pada penyedia tersebut dan membandingkan penawaran. Jika Anda telah merasa yakin dan cocok dengan penyedia jasa tersebut, Anda dapat langsung berkomunikasi dengan penyedia jasa melalui chat.

Baca : 8 Tips Cara Merawat Handphone Touch Screen Agar Tidak Cepat Rusak

Atau dapat juga dengan memilih tombol penawaran agar penyedia jasa bisa menelfon Anda. Pun sebaliknya, Anda dapat lebih dulu menelpon penyedia jasa agar lebih memudahkan. Oh iya, untuk setiap respon yang berhasil, Anda akan mendapatkan informasinya melalui email.

Bila Anda juga merupakan seorang penyedia jasa berkompeten, Anda dapat bergabung dengan Sejasa.com. Karena Sejasa.com akan memfasilitasi keberadaan Anda untuk dapat bertemu dengan pelanggan baru sekaligus membangun reputasi Jasa Anda.

Mari bersama meningkatkan industri jasa di dalam negeri!

You might also like

1 Comment

  • Figuna alban 2 months ago Reply

    Informasi yang cukup jelas dan sangat bermanfaat sekali buat saya yang masih awam dalam kerusakan mesin pendingin.

Leave a Reply