Ketika menjadi ibu rumah tangga, Anda memiliki banyak waktu di rumah. Setelah selesai melakukan pekerjaan rumah, pasti Anda bingung, apalagi yang harus dilakukan. Dibandingkan bingung mencari kegiatan, Anda bisa mencoba bisnis.

Bisnis yang dijalankan tidak harus skala besar, Anda bisa menjalankan bisnis rumahan. Banyak ide bisnis rumahan yang dapat dilakukan dengan mudah, bahkan dengan modal yang bisa dikatakan kecil.

Baca juga: Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga Agar Tetap Bahagia

Lebih-lebih jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda dapat mengaplikasikan keahlian tersebut saat menjalankan bisnis. Selain lebih menyenangkan, Anda juga akan siap menghadapi tantangan di dalam bisnis karena Anda menyukai hal tersebut.

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bila Anda bingung memilih apa bisnis yang akan dijalankan, berikut beberapa pilihan bisnis rumahan ibu rumah tangga, anatra lain:

  1. Berjualan Tanaman

Apakah Anda memiliki pekarangan yang cukup luas? Jika Anda memiliki pekarangan yang luas, bisnis berjualan tanaman dapat dijadikan sebagai pilihan. Banyak tanaman herbal serta bumbu dapur yang bisa Anda budidayakan dengan mudah serta memiliki peluang yang menjanjikan.

Anda bisa mencoba berjualan tanaman jahe merah, kumis kucing, dan lainnya. Bukan hanya tanaman obat, tanaman hias juga begitu popular serta banyak dicari seperti kaktus, bunga serta berbagai tanaman hias yang lain.

  • Jasa Membuat Hampers

Permintaan untuk membuat hampers kado pernikahan atau seserahan pernikahan sekarang ini semakin tinggi. Selain itu isi hampers juga beragam seperti pakaian, aksesoris, kosmetik dan lainnya.

Bila Anda merupakan orang yang kreatif, sabar dan tekun, jasa membuat hampers bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Agar semakin mudah menjangkau pelanggan, lakukan pemasaran online melalui email dan media sosial.

Baca juga: Kata Siapa Jadi Ibu Rumah Tangga Gak Boleh Gaya? 4 Pakaian Ini Wajib Dimiliki Ibu Rumah Tangga

Anda juga dapat menawarkan jasa pembuatan hampers ini di forum jual beli online yang berada di kotamu. Di awal pembukaan bisnis, pastikan memilih harga yang terjangkau, sehingga banyak orang yang tertarik mencobanya.

  • Perencana Pernikahan

Bisnis seperti perencana pernikahan sangat cocok bagi mereka yang mempunyai kemampuan mengatur banyak hal secara bersamaan. Bukan hanya harus memiliki kreativitas yang tinggi, namun kemampuan untuk menggambarkan serta mewujudkan detail pernikahan juga menjadi sebuah poin penting.

Perencana Pernikahan

Biasanya, perencana pernikahan menyediakan sejumlah paket pernikahan, tetapi juga bisa mewujudkan mimpi pernikahan klien mereka. Pekerjaan ini bisa menjadi pilihan usaha yang tepat, apalagi jika Anda sudah menikah dan pernah mengatur pesta pernikahan dengan sukses.

  • Penjahit

Memiliki keahlian menjahit? Jika keahlian tersebut Anda miliki, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis. Bila Anda belum bisa menjahit kebaya atau pakaian yang memiliki pola yang rumit dan persaingan ketat, Anda dapat mencoba menjahit gorden, sprei hingga taplak meja.

Agar semakin menarik, jangan lupa menyediakan sejumlah pilihan desain, kemudian Anda juga menerapkan sistem pesan, sehingga konsumen dapat memilih warna, ukuran serta desain yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan di Era New Normal Bagi Seorang Ibu

Selain membuka bisnis menjahit gorden sendiri, Anda juga dapat menyediakan jasa kursus menjahit. Meskipun terkesan sepele karena hanya mengajari menjahit, tetapi cukup banyak orang yang tertarik.

  • Salon

Mempunyai keahlian menata rambut? Jangan disia-siakan begitu saja, Anda bisa mencoba bisnis yang satu ini. Salon memang menjadi peluang usaha yang terkesan membutuhkan banyak modal, tetapi Anda bisa memulainya dengan modal minim.

Salon

Anda bisa menyediakan layanan creambath dan potong rambut saja. Ketika memiliki modal yang lebih besar, Anda bisa menyediakan layanan lain seperti semir rambut dan berbagai layanan lain. Salon menjadi jasa yang mudah dipasarkan serta cepat berkembang.

Bila ingin lebih spesifik, Anda bisa menyediakan salon khusus Muslimah. Tetapi, bila berniat membuka salon khusus ini, Anda harus memastikan menggunakan bahan-bahan yang terjamin kehalalannya.

  • 6.     Menjual Pulsa serta Paket Internet

Pulsa serta paket internet menjadi hal yang selalu dicari serta dibutuhkan oleh banyak orang. Bukan hanya itu, bisnis ini juga dapat dimulai dengan modal kecil, bahkan hanya beberapa ratus ribu.

Namun, bila Anda memiliki modal yang besar, Anda bisa menyediakan layanan yang lebih lengkap seperti pembayaran iuran BPJS, token listrik, membayar tagihan listrik, dan lainnya. Jika semakin banyak pelanggan, dan jenis pembayaran yang Anda sediakan, keuntungan tentu semakin berlipat.

  • Budidaya Ikan Hias

Ikan hias memiliki pasar tersendiri, terutama di masa pandemic seperti sekarang ini. Bisnis budidaya ikan hias menjadi usaha yang menjanjikan karena selalu ada peminat yang akan mencari sejumlah ikan hias.

Budidaya Ikan Hias

Bila telaten menjalankannya, budidaya ini juga dapat mendatangkan keuntungan berlipat, lebih-lebih bila Anda bisa memasarkannya dengan tepat. Anda bisa berjualan ikan hias di media sosial, atau di pasar jual beli media sosial.

  • Bisnis Minuman Thai Tea

Minuman teh Thailand atau yang terkenal dengan nama Thai Tea menjadi minuman yang masih musim beberapa waktu belakangan ini. Minuman ini merupakan paduan dari teh Thailand yang unik, rasa manis gula serta masih ditambah dengan susu.

Bisnis Minuman Thai Tea

Tentu menjadi kesegaran yang sulit ditemukan dari es the biasa yang dicampur dengan susu. Selain itu rasa yang unik membuat penikmatnya terus meminumnya, inilah yang semakin membangkitkan animo masyarakat yang ketagihan serta penasaran mencicipi kelezatan Thai Tea.

Baca juga: Cara Mudah Mengatur Waktu Untuk Kaum Ibu Muda

Dengan begitu tingginya minat membeli Thai Tea, peluang ini dapat dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan, bayangkan saja jika dalam sehari Anda bisa menjual 100 gelas Thai Tea. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga ringan, mulai dari Rp2 jutaan saja.

  • Berjualan Bubur Bayi

Asupan gizi lain yang dibutuhkan selain ASI ialah bubur bayi. Namun, bukan sembarangan bubur yang diperlukan untuk memenuhi asupan gizi ini. Memang, para ibu bisa memberikan bayi bubur instan yang dijual di toko.

Tetapi, dari segi kesehatan tentu tidak ada jaminan, apakah nantinya bayi akan sehat dengan terus mengkonsumsi bubur instan yang memiliki kandungan bahan pengawet serta kimia lain. Bila ingin membuat bubur sendiri, tentu akan sangat merepotkan. Salah satu kunci dari masalah ini adalah membeli bubur bayi buatan rumah.

Jual Bubur Bayi

Dari sini, Anda bisa mencoba peluang bisnis rumahan ibu rumah tangga yang menggiurkan. Keberadaan penjual bubur bayi disambut sangat antusias oleh ibu-ibu yang membutuhkan asupan untuk anak-anaknya. Dalam sehari, Anda bisa saja menjual hingga 100 porsi bubur.

Bila Anda berniat menjual bubur bayi, tetapi bingung untuk memulainya, Anda bisa membeli franchise bubur bayi. Ada berbagai macam pilihan paket dan bisa disesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

  1. Berjualan Ayam Gepuk

Ayam gepuk menjadi kuliner popular, hal ini dibuktikan dari banyaknya penjual ayam gepuk di jalanan ibukota hingga di pelosok perumahan. Untuk masalah rasa, Anda tidak perlu menanyakannya.

Ayam gepuk ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ayam penyet. Hal yang membedakannya adalah tingkat kepedasan yang dimiliki. Tidak sedikit orang yang ketagihan dengan rasa pedasnya. Bayangkan saja bila Anda dapat menjual 50 porsi ayam gepuk dalam sehari. Berapa pendapatan yang bisa Anda peroleh.

Baca juga: Cerita Perjalanan Menyusui dari Ibu yang Tak Sempurna

Dengan modal kecil untuk membangun usaha, ide bisnis rumahan ibu rumah tangga seperti apa yang ingin Anda eksekusi segera? Memulai bisnis rumahan dapat menjadi pilihan jika Anda memiliki banyak waktu di rumah, pastikan memilih bisnis yang tepat sesuai dengan keahlianmu.